Curhat Online, Apa Manfaatnya?

Ardy Pratama

Pada dasarnya, tiap manusia membutuhkan dukungan moral dari orang yang ada di sekitarnya, apalagi setelah ditimpa oleh masalah berat. Namun, tidak semua orang berani untuk curahkan isi hati ke orang lain. 

Baca juga:

Hati-hati Terjebak Friendzone! Ikuti 3 Tips ini Biar Status Kalian Jelas

8 Tips Biar Kamu Bisa Rebut Hati Calon Mertua Saat Lebaran

Ketahui 5 Sisi Lain Cowok Berkepribadian INTJ buat Rebut Hatinya

Namun, sekarang ini ada layanan atau aplikasi curhat online yang akan membantu Anda dan orang lain yang sulit untuk terbuka atau mencurahkan hatinya ke orang-orang terdekatnya. Anda bisa cerita curhat cinta maupun masalah yang lainnya di layanan ini. 

Berbicara tentang sulitnya seseorang mencurahkan isi hatinya ke orang lain karena beberapa faktor. Ada banyak hal yang perlu untuk dipikirkan baik-baik sebelum putuskan untuk ceritakan unek-uneknya ke orang lain. Berikut ini beberapa hal yang menjadi alasan mengapa orang-orang enggan untuk curhat mengenai masalahnya. 

Penyebab Seseorang Sulit Curhat

  • Takut Masalah Pribadi Disebarkan

Alasan ini memang menjadi dilema untuk orang banyak. Pada satu sisi, Anda sangat ingin ada orang yang dipercaya supaya mau untuk mendengarkan semua keluh kesah tanpa dihakimi. Namun, pada sisi yang lain pun takut jika orang yang diceritakan tentang masalah Anda malah akan mengkhianati dengan menyebarkan aib Anda. 

Pastinya hal tersebut yang membuat kepikiran, bukan? Oleh sebab itu, ketika ada masalah, Anda menjadi lebih suka untuk pendam masalah sendiri daripada menceritakannya ke orang lain. 

  • Sering Dapatkan Respon Tak Diinginkan

Sebenarnya, Anda hanya ingin teman curhat mendengarkan baik unek-unek yang Anda punya, tanpa harus ada respon dengan banyak kritikan pedas. Namun kenyataannya, tak semua orang dapat bersikap begitu. Pastinya ada tipe orang yang akan menentang bahkan membicarakan tak baik tentang keputusan Anda. 

Memilih teman curhat tidak mudah. Hal ini juga yang dapat membuat seseorang menjadi malas curhat ke orang lain. 

  • Takut Akan Tambah Beban Pikiran Orang Dicurhati

Tidak hanya Anda yang memiliki masalah hidup, tapi semua orang di dunia memiliki masalah masing-masing. Hal ini juga dapat membuat seseorang menjadi bimbang untuk curhat ke orang lain atau tidak.

Mungkin, Anda takut jika orang yang Anda ajak curhat nyatanya juga sedang mempunyai masalah cukup berat, sehingga Anda takut untuk menyinggung perasaannya atau malah akan menambah beban pikiran. 

  • Orang Dicurhati Sering Sepelekan Masalah

Pastinya, Anda menginginkan supaya teman curhat mau untuk dengarkan semua keluh kesah Anda dengan perhatian penuh. Namun, pada sejumlah momen, dapat saja orang yang dicurhati nyatanya tidak mendengarkan cerita Anda dengan baik. Orang-orang dicurhati justru kerap menyela pembicaraan serta mulai untuk membandingkan masalah Anda dengan masalah dirinya sendiri. Seolah-olah masalah Anda dianggap mereka lebih ringan dibandingkan beban yang dipikulnya. 

Alasan sering diremehkan inilah yang membuat orang banyak yang lebih baik memendam masalahnya dibandingkan bercerita pada orang lain karena takut nantinya hanya akan diremehkan. 

  • Menganggap Jika Curhat ke Orang Lain Adalah Hal Sia-Sia

Ada pula sejumlah orang yang memiliki anggapan jika curhat sebenarnya adalah kegiatan sia-sia. Mereka memiliki pikiran, walaupun telah curahkan isi hatinya ke orang lain, tidak lalu membuat tenang. 

Pastinya, masalah akan selalu ada dan harus diselesaikan. Jadi, dibandingkan membuang waktu untuk bercerita atau curhat ke orang lain, justru lebih memilih untuk berpikir cara supaya masalah yang dimiliki dapat diselesaikan dengan secepatnya. 

Curhat memang cukup sulit dilakukan oleh beberapa orang. Tentunya alasan-alasan di atas bisa saja menjadi pemicu seseorang enggan untuk mencurahkan isi hatinya, apalagi jika curhat masalah cinta. Padahal curhat mempunyai sejumlah manfaat yang baik. 

Nah, berikut ini beberapa manfaat curhat:

Manfaat Curhat Online

  • Tidak Membuat Situasi Semakin Keruh

Masalah sekecil apapun bisa membuat situasi semakin buruk jika Anda menghadapi dengan pikiran yang kacau. Mengeluarkan unek-unek Anda ke orang lain, dapat redakan kepanikan sehingga tak akan membuat situasi semakin keruh. 

Mencegah situasi jadi keruh sangat penting karena pikiran keruh akan pengaruhi kesehatan, baik jasmani maupun mental. Jadi, Anda tidak perlulah ragu untuk curhat, meskipun Anda sekedar curhat cinta jarak jauh. 

  • Hati Jadi Lebih Tenang

Tak perlu Anda ragukan lagi jika berbagi masalah dengan orang lain akan buat hati Anda jadi lebih tenang. Apalagi bercerita atau curhat dengan orang yang paham sekali dengan kondisi dan situasi Anda. 

Agar lebih nyaman, Anda bisa memilih orang sekiranya mau untuk dengarkan cerita Anda dengan baik. Jadi, Anda dapat curhat dengan sebebas mungkin tanpa rasa takut dihakimi. 

Kadang-kadang curhat memang tak dilakukan untuk dapatkan solusi, tapi untuk keluarkan rasa terpendam, sehingga ingin untuk dapatkan ketenangan diri saja. 

Selain curhat ke teman atau orang terdekat, Anda sangat bisa bercerita ke situs curhat online. Di situs ini, Anda bisa curhat cinta tak direstui, putus cinta, dan lain sebagainya. 

Sekarang ini sudah ada banyak pihak yang sediakan layanan ini untuk bantu dalam cari solusi permasalahan yang dialami. 

  • Dapatkan Dukungan 

Selain dapatkan ketenangan hati, curhat ke orang yang terpercaya atau tempat curhat cinta yang tepat terkadang ikut berikan dukungan yang baik. Dukungan serta motivasi pihak lain memang diperlukan sekali saat Anda merasa terpuruk. 

Dukungan merupakan hal yang akan bantu Anda untuk kuat dalam hadapi kenyataan. Pasalnya, sumber kekuatan tak hanya dari diri sendiri tapi juga dari orang lain. Namun, Anda perlu hati-hati memperhatikan lingkungan teman, jangan sampai curhat pada lingkungan toxic. 

Jika Anda bingung cari teman curhat yang juga akan beri dukungan, Anda bisa mencoba curhat secara online apapun itu, termasuk curhat sahabat jadi cinta

  • Dapatkan Sudut Pandang yang Baru

Saat hadapi masalah, memang sangat perlu menggunakan pikiran jernih. Nah, jika Anda curhat dengan orang lain, akan berikan sudut pandangan baru egar, sehingga dapat bantu jernihkan pikiran. 

Jadi, jika Anda pernah berpikir curhat atau bercerita ke orang lain akan tambah masalah, Anda keliru. Dengan curhat, Anda bisa sampaikan masalah yang bebani pikiran, contoh curhat tentang cinta

Jika setelah curhat malah menambah masalah, mungkin Anda salah di dalam memilih orang untuk dicurhati. 

  • Mendapatkan Solusi

Selain melalui teman atau orang terdekat, curhat ke psikolog akan bantu atasi masalah Anda. Apalagi hadirkan solusi menurut pada sudut pandang keilmuan. Curhat ke psikolog, Anda bisa curhat cinta sedih, cinta bertepuk sebelah tangan, dan lain sebagainya. 

Sedangkan jika Anda cerita ke teman pun dapat berikan solusi yang biasanya dari pengalaman sendiri. Namun, Anda tak perlu untuk bedakan keduanya karena bisa saling membantu. 

Saran yang Anda dapatkan, dapat dijadikan pertimbangan. Tak perlu untuk patuhi saran itu secara sepenuhnya. Sesuaikan dengan keperluan, misalnya ketika Anda bercerita tentang berawal dari curhat jadi cinta

Baca juga:

5 Rekomendasi Film yang Cocok Nemenin Kamu Setelah Putus Cinta

Fans Han So Hee, Merapat! Ini 7 Pelajaran Tentang Cinta dari Drakor Soundtrack #1

Kenali 5 Jenis Cinta Paling Menyakitkan dan Cara Mengatasinya

Curhat sebenarnya penting untuk mengurangi beban pikiran dan perasaan. Anda sendiri bisa curhat ke teman, orang terdekat, atau bahkan ke psikolog. Bahkan Anda pun bisa dapatkan teman curhat di situs curhat online. Siapa tahukan dari teman curhat jadi cinta

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)....
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik yang Terlalu Idealis
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik Yang Terlalu Idealis
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat atau menenangkan, maka Moms harus bersyukur....
More from BDC
Bercerita tentang kesedihan atau galau karena cinta ke sahabat, ortu,...
Jangan pendam masalahmu sendiri, curahkan semua permasalahan yang sedang terjadi...
Ingat, selingkuh itu bisa membawa petaka.
Akibat pernikahan yang dipaksakan, dia hanya melakukan tugas sebagai seorang...
Cinta mengajarkanku arti ketulusan dan keikhlasan. Cinta mengajarkanku untuk lebih...