5 Tips Keluarga Bahagia Menurut Islam

Ardy Pratama

Keluarga bahagia menjadi impian semua orang, tetapi sulit meraih kata bahagia dalam satu atap. Terlebih untuk pasangan yang sudah menikah pastinya rumah tangga yang bahagia menjadi dambaan. Namun, prosesnya pun tidak bisa terjadi tanpa proses dan pembelajaran dari pasangan itu sendiri. Eits, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips keluarga bahagia menurut Islam! 

Agama Islam pun mengajarkan agar manusia yang menikah hendaknya mengurus keluarga, sehingga tercipta rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah. Nabi Muhammad pun mengajarkan kepada kita tentang cara agar keluarga tetap bahagia, seperti yang tertulis dalam Fi Bayt Ar-Rasul oleh Nizar Abzhah. Yuk, simak tips keluarga bahagia menurut Islam! 

Baca Juga:

Trenyuh, Pesan Cinta Seorang Ayah Terhadap Anaknya

Kisah Single Mother yang Rela Dihina, Dihujat demi Membesarkan Anak

1. Menjalin komunikasi dengan baik

Komunikasi menjadi bekal penting yang harus dimiliki pasangan. Oleh karena itu, penting menjalin dan menjaga komunikasi agar tetap baik dengan pasangan. Dengan komunikasi yang baik, pendapat maupun keinginan satu sama lain bisa tersalurkan dengan baik. Nabi Muhammad dan istrinya pun menjaga komunikasi dengan bercengkerama serta berbincang-bincang. 

2. Melakukan hal yang romantis

Perlakuan romantis menjadi tali pengikat yang semakin mempererat hubungan, bahkan membuat kasih sayang bertahan lebih lama. Bukan lagi rahasia umum, jika Nabi merupakan pribadi yang romantis. Rasulullah pun memberikan panggilan khusus kepada Aisyah, yaitu panggilan Humaira. Selain itu, beliau juga meminum dari gelas yang sama dengan Sayyidah Aisyah. 

3. Menerima saran

Nabi Muhammad merupakan pemimpin dalam rumah tangganya, tetapi itu bukan alasan untuk membuat beliau mengabaikan pendapat istri-istrinya. Dalam suatu kesempatan, beliau memberikan kesempatan kepada istrinya untuk memberikan saran. Beliau pun mendengarkan dengan antusias dan menerapkan saran tersebut. 

Penting untuk mendengarkan saran dan menerimanya, sebab dalam keluarga keputusan tidak bisa ditentukan hanya dari pemikiran satu orang, yaitu pemimpin keluarga. Keputusan terbaik tetap jatuh kepada keputusan bersama. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berdiskusi dan memberi kesempatan untuk menyatakan pendapat. 

4. Saling membantu

Dalam keluarga memang setiap peran memiliki tugas masing-masing, tetapi ada baiknya tugas tak memberatkan salah satunya. Misalnya tugas ibu yang membersihkan rumah, memasak, merawat anak, dan suaminya. Tentunya, ia mendapat peran yang sangat penting dan berat baginya. 

Hendaknya, dalam membersihkan rumah dan memasak tak hanya menjadi kewajiban ibu. Sebab, semua anggota keluarga juga andil di rumah. Oleh karena itu, penting untuk membantu satu sama lain agar semua pekerjaan dapat diselesaikan. Menyelesaikan pekerjaan bersama pun semakin mempererat hubungan keluarga bahagia. 

5. Bertutur kata lembut

Berkata dengan lemah lembut sama seperti menghargai perasaan dan mencintai keluarga. Sebab, keluarga adalah tempat Anda pulang. Seberat apa pun masalah yang Anda hadapi dan semarah apa pun keluargalah tempat terakhir untuk bersandar. Penting untuk tetap membicarakan masalah dengan baik dan tetap bersikap lemah lembut untuk meredakan amarah serta menyelesaikan masalah. 

Nabi Muhammad pun tetap bersikap lemah lembut walaupun menghadapi kemarahan Sayyidah Aisyah. Diceritakan Abu Bakar mendengar putrinya, Aisyah bersuara keras hingga masuk ke rumah. Beliau hendak menegurnya, tetapi Rasulullah melarangnya dan berpesan. 

“Sesungguhnya di antara orang mukmin yang paling mulia adalah yang paling baik akhlaknya dan paling lembut kepada keluarganya (istrinya) di antara kalian.” (H.R. Tirmidzi) 

Nah, dari 5 tips keluarga bahagia menurut Islam di atas mana yang sudah Anda terapkan? Bercermin dari Rasulullah yang menjadi pemimpin luar biasa dalam rumah tangganya serta memiliki kesabaran, sikap romantis, dan lemah lembut. Maka, akan mudah mencapai kata sakinah, mawaddah, dan warahmah dalam keluarga. 

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Curhat cinta memang bisa menjadi aktivitas yang melegakan hati dan...
Drama Korea tidak hanya bercerita tentang pria kaya yang jatuh...
tidak semua drakor balas dendam dikemas dengan menegangkan. Ada juga...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Tips Curhat Cinta agar Semakin Efektif dan Melegakan
Tips-curhat-cinta-agar-semakin-efektif-dan-melegakan
Curhat cinta memang bisa menjadi aktivitas yang melegakan hati dan membuat hati semakin tenang ketika dilanda permasalahan cinta. Namun, ada beberapa orang yang ragu untuk melakukannya....
Seru! Tonton Drakor Wanita Kaya Jatuh Cinta pada Pria Miskin
Seru-tonton-drakor-wanita-kaya-jatuh-cinta-pada-pria-miskin
Drama Korea tidak hanya bercerita tentang pria kaya yang jatuh cinta pada wanita miskin. Ada juga wanita kaya yang...
More from BDC
Dalam berumah tak hanya hidup bersama, tetapi juga harus menjaga...
Semua orang di dunia ini pastinya menginginkan agar keluarga mereka...
Lima tips keluarga harmonis dan bahagia untuk pengantin baru antara...
Tips keluarga sehat menjadi suatu langkah kebiasaan yang sangat penting...
Tips liburan keluarga membutuhkan persiapan yang matang agar dalam perjalanan...