5 Tips Keluarga Harmonis Dengan Pasangan dan Anak

Ardy Pratama

Walaupun terlihat lengkap atau dengan ekonomi yang lebih dari cukup, tidak semua keluarga merasa harmonis. Padahal, keluarga yang harmonis dapat memberikan banyak manfaat, bukan hanya untuk anak-anak Anda tapi juga untuk pasangan. 

Agar keharmonisan keluarga bisa terjalin, berikut adalah tips keluarga harmonis yang bisa Anda lakukan untuk menggapai keluarga yang harmonis. 

Tips Keluarga Harmonis 

Jika Anda merasa keluarga mulai kurang harmonis, rumah serta keluarga pun terasa tidak nyaman bukan berarti menyerah begitu saja. Menjaga keharmonisan keluarga memang tidak mudah karena itu perlu banyak dukungan dan kerja sama dari seluruh anggota keluarga. 

1. Berikan Perhatian Pada Keluarga

Agar keluarga tetap harmonis, berikan perhatian lebih pada keluarga. Lebih baik juga prioritaskan kepentingan keluarga terlebih dahulu sebelum yang lainnya.

Ada pepatah yang mengatakan blood is thicker than water yang berarti hubungan dalam keluarga lebih kuat dari hubungan pada orang lain. Tapi jika keluarga tidak mendapatkan perhatian dan keharmonisan yang didambakan keluarga sama saja seperti orang lain. 

2. Beri Apresiasi Pada Keluarga

Mendapat dukungan dari orang terdekat seperti keluarga sangatlah berpengaruh pada rasa percaya diri. Selain itu apresiasi yang didapat dari keluarga dekat juga pasti membuat Anda atau anak-anak Anda merasa dihargai. 

3. Perbanyak Komunikasi dengan Berdiskusi Bersama

Jika ada satu masalah, baik di luar rumah atau di dalam rumah ada baiknya berdiskusi bersama keluarga. Setiap komunikasi yang terjalin akan meningkatkan rasa kepercayaan pada anggota keluarga. 

Komunikasi dengan baik tidak harus mendapatkan solusi dengan cepat namun adanya upaya untuk memahami permasalahan dan memberi mendukung keluarga secara emosional dan fisik.

4. Luangkan Waktu Bersama Keluarga 

Satu tips keluarga harmonis lainnya adalah dengan meluangkan waktu bersama keluarga. Berjalan sekitar kota untuk piknik di taman, atau kebun binatang bisa jadi tempat yang tepat untuk melakukan kegiatan bersama keluarga. 

5. Hormati Seluruh Anggota Keluarga 

Menghormati keluarga bukan hanya dari anak pada orang tua saja. Orang tua juga harus bisa menghormati anak-anak Anda. 

Orang tua harus bisa menghormati keputusan yang diambil anak Anda, tidak memaksakan kehendak dan tidak berlaku seenaknya dengan anak.

Begitu juga dengan sang anak. Jangan memaksakan kehendak pada orang tua, bersikap sopan,  menjaga cara bicara, dan etika lainnya pada orang tua. 

Manfaat Pada Keluarga Harmonis 

Keluarga yang harmonis tidak menjamin tidak adanya kesalahpahaman atau masalah, tapi salah satu manfaat adanya upaya dalam keharmonisan keluarga adalah meminimalkan permasalahan yang dihadapi. Manfaat lain yang bisa dirasakan memiliki keluarga harmonis adalah:

  • Lebih mudah menyelesaikan masalah 

  • Membantu perkembangan otak anak dan membantu perilaku sosial anak 

  • Membantu anggota keluarga dalam menghadapi perbedaan pendapat 

  • Dapat membangun healthy relationship bersama pasangan 

Demikian tips keluarga harmonis dan manfaat yang dirasakan jika memiliki keharmonisan dalam satu keluarga. Tentu saja semua cara diatas tidak dapat mendapatkan hasil instan, namun dengan proses tersebut Anda sudah dapt menanamkan rasa percaya, kasih sayang pada pasangan dan anak-anak. 

Baca Juga:

Awet Menjalani LDR dengan Ikuti 7 Tips Berikut

Pacar Beda Usia Jauh? Begini Tipsnya Biar Langgeng

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)....
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik yang Terlalu Idealis
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik Yang Terlalu Idealis
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat atau menenangkan, maka Moms harus bersyukur....
More from BDC
Kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT akhir-akhir ini menjadi topik...
Dalam berumah tak hanya hidup bersama, tetapi juga harus menjaga...
Tips keluarga bahagia menurut Islam bercermin dari Nabi Muhammad yang...
Semua orang di dunia ini pastinya menginginkan agar keluarga mereka...
Lima tips keluarga harmonis dan bahagia untuk pengantin baru antara...