Ketahui Hal Ini Sebelum Nikah dan Punya Anak, Biar Gak Syok

Ketahui Hal Ini Sebelum Nikah dan Punya Anak, Biar Gak Syok

Sejak kecil kalian pastinya sudah membayangkan akan menikah dan menjadi orang tua suatu hari kelak. Sungguh menyenangkan dan membahagiakan yah impian tersebut. 

Tapi nyatanya, menjadi orang tua bukanlah pekerjaan yang mudah. Menjadi orang tua penuh tantangan dan menuntut kesabaran ekstra keras, dan buat sebagian orang bukanlah sesuatu yang membahagiakan. 

Agar kalian tidak syok, belajardrcinta akan memberikan informasi tentang beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menjadi orang tua. 

Baca juga: 

Diawali dengan kehamilan 

Setelah mengetahui kamu hamil, perubahan dimulai. Tidak hanya perubahan pada tubuh, tetapi juga pada pola pikir. Saat hamil, pemikiran kamu tidak lagi tentang kamu sendiri, kamu dan suami, melainkan kamu, suami dan anak. Tentang ‘kita’ sebagai keluarga. 

Kehamilan sendiri bisa menjadi perjalanan yang cukup berat. Kamu bisa mengalami morning sick, kram kaki, gangguan pencernaan dan sebagainya. Tenang itu hal yang normal kok. 

Beberapa bulan pertama jadi orang tua bisa menakutkan 

Ketika si kecil lahir, kamu resmi menjadi orang tua. Saat itu, si kecil ini telah mengambil alih seluruh kehidupan kamu. Segala perhatian terpusat kepadanya. 

Kondisi menegangkan pun bisa terjadi, misal ketika dia sakit dan kamu kebingungan harus berbuat apa. 

Tidur jadi barang langka

Ketika memiliki bayi, tidur akan menjadi barang langka. Untuk beberapa bulan atau tahun ke depan, kamu mungkin tidak akan tidur dengan nyenyak. 

Mendapatkan tidur selama dua jam saja, kamu sudah sangat beruntung. Tips mengatasi masalah ini, tidurlah ketika bayi kamu tidur. 

Over bujet

Ketika menjadi orang tua kamu juga harus menyiapkan biaya ekstra. Karena banyak sekali kebutuhan anak yang harus dipenuhi. Belum lagi kalau kamu harus menyewa jasa baby sitter atau penitipan anak ketika kamu bekerja. 

Ketika bayi tumbuh, kamu juga harus menyiapkan biaya ekstra untuknya. Seperti pendidikan, asuransi, dan sebagainya. 

Bekerja di rumah tidak efektif

Di era pandemik seperti sekarang, WFH menjadi hal yang harus dilakukan. Tapi bila memiliki anak, WFH bisa menjadi petaka. Kamu harus membagi waktu untuk pekerjaan dan mengurus anak. Dan itu membuat stres. 

Hangout sangat susah 

Ketika memiliki anak, hangout bersama teman atau kencan bersama suami menjadi hal yang sangat sulit. Kemanapun kamu pergi, si kecil akan selalu ikut, karena perlu diawasi ekstra ketat. 

Belum lagi kamu harus membawa berbagai macam kebutuhannya, seperti popok, botol susu, pakaian ganti dan sebagianya. 

Hidupmu berubah selamanya 

Ya, memiliki anak hidup kamu telah berubah selamanya. Kamu tidak bisa memikirkan diri kamu sendiri, tetapi keluarga. Uang, waktu, kebebasan akan kamu pergunakan untuk kebutuhan keluarga. 

Baca Juga: 

Namun demikian, memiliki keluarga dan anak adalah sesuatu yang paling berharga di dunia. Kamu akan merasa menjadi orang yang komplit, mencintai dan dicintai oleh orang-orang terdekat yang kita sayangi. 

Selain itu, hidup juga akan penuh warna. Banyak kebahagiaan, canda tawa, dan ketenangan, setelah melalui fase sulit seperti yang telah dijelaskan di atas. 

About the author
anak punya anak keluarga

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.