Menulis Cerita Cinta Sendiri, Caranya Seperti Ini

Ardy Pratama

Kamu suka baca cerita cinta atau romantis? Lalu, kamu tertarik untuk membuatnya? Jika iya, tentunya kamu harus mengetahui bagaimana cara membuat cerita cinta sendiri supaya tak monoton dan mirip dengan cerita-cerita cinta lainnya. 

Untuk itu, di sini akan membahas mengenai cara menulis cerita yang romantis, seperti cerita cinta remaja masa kini yang menarik.

Baca Juga:

Nonton Film Korea Romantis Ini buat Quality Time bareng Pacar

Rekomendasi 5 Film Korea yang Jalan Ceritanya Nggak Cheesy

1. Buat Karakter Unik

Alur memang boleh mirip dengan cerita romantis yang kerap dibaca. Namun, kamu perlu perhatikan karakter pada cerita. Jangan buat karakter yang terlalu sempurna dan tak ada cela. Jadikanlah orang-orang sekitar menjadi laboratorium tokoh. 

Pilihlah sikap serta watak akan ditonjolkan, kemudian pilih sisi lemah yang dapat jadi ciri unik ataupun pengaruhi jalan ceritanya nanti. 

2. Campuran Genre akan Jadi Bumbu yang Membuat Cerita Semakin Menarik

Kamu pernah baca novel Twilight? Dalam ceritanya ada kisah cinta segitiga, cinta beda dunia, serta konflik batin tokoh-tokoh utamanya. 

Nah, dari contoh novel Twilight, kamu bisa menyampurkan cerita romantis dengan genre yang lain, seperti fantasi, komedi, hingga thriller. Dengan begitu, cerita yang kamu buat lebih menarik dan seru untuk dibaca. Misalnya, kamu membuat cerita cinta remaja masa kini, kamu bisa menambahkan bumbu komedi pada cerita agar lebih menyenangkan. 

3. Tonjolkan Profesi Tokoh

Jika Anda membaca novel-novel dengan genre metropop, maka pastinya kamu akan kenal dengan kehidupan karir dari tokoh dalam cerita. Misalnya, kamu baca sebuah novel yang tokohnya berprofesi sebagai banker. Kamu sebagai pembaca tidak hanya akan disuguhi dengan kisah cinta, tapi juga dapatkan wawasan yang baru. 

Kamu dapat cari profesi apa yang akan dijadikan sebagai pekerjaan tokoh. Jika tokoh yang kamu buat misalnya adalah seorang pengangguran, kamu bisa memperlihatkan bakat tersembunyi apa yang tokoh punya. Jika kamu tak punya profesi yang khusus, lakukanlah riset dengan cara mewawancarai orang sekitar, seperti sahabat, atau kamu juga bisa cari referensi di buku dan internet. Masukkan aktivitas sehari-hari pada dunia kerja untuk menjadi salah satu latar yang mendukung cerita. Dengan begitu, pembaca nantinya akan dapatkan insight yang baru. 

4. Ending Cerita yang Tak Klise

Ending cerita yang tidak klise adalah yang tak sesuai dengan ekspektasi dari pembaca. Misalnya saja tokoh X dan Y sudah jatuh hati dari lama dan mereka digambarkan jadi pasangan yang sempurna, tapi pada akhir cerita, mereka justru terpisah dikarenakan sudah tak merasakan cinta satu sama lain. Hal-hal kecil tak disukai yang menumpuk sampai akhirnya perlahan mengikis perasaan cinta. 

Maka dari itu, tugas kamu adalah sejak awal sampai akhir cerita menuliskan konflik-konflik kecil tersebut dengan cerdas supaya pembaca tak merasa bosan. Kamu pun bisa membumbui dengan intrik. 

Begitulah cara menulis cerita romantis yang menarik dan tak monoton. Jika kamu ingin segera menulis, kamu bisa memulai dari cerita yang ringan-ringan, misalnya saja cerita cinta remaja masa kini yang konfliknya tak terlalu berat.

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)....
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik yang Terlalu Idealis
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik Yang Terlalu Idealis
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat atau menenangkan, maka Moms harus bersyukur....
More from BDC
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
Bagi kalian yang sedang bersama pasangan atau berlibur dengan keluarga...
Sejak wabah covid melanda, ada banyak keluarga yang bahkan tidak...
Drama Korea dengan cerita cinta atasan dan bawahan selalu menarik...