Sebelum Tidur Baca Cerita Cinta, Inilah Manfaat Membaca Sebelum Tidur

Ardy Pratama

Membaca adalah aktivitas yang menyenangkan dan bisa dilakukan saat sedang ada waktu luang atau bahkan di sela kesibukan. Walaupun sebagian orang menganggapnya membosankan karena hanya memelototi kata serta berimajinasi tentang cerita di dalam buku, dan malah membuat mengantuk, apalagi jika membacanya di malam hari sebelum tidur. 

Namun, tahukah kamu jika membaca sebelum tidur ada banyak manfaatnya, bahkan jika kamu membaca cerita cinta? Yuk, cari tahu!

Baca Juga:

Ini 3 Tanda Kamu Memiliki Unhealthy Emotional Attachment dalam Hubungan

5 Rekomendasi Serial yang Bisa Kamu Tonton Kalau Kamu Suka...

1. Mampu untuk Kurangi Stress

Tak hanya membuang waktu, membaca cerita sebelum tidur nyatanya mampu untuk kurangi tingkat stres-mu, apalagi jika kamu membaca cerita favorit seperti cerita pengantar tidur tentang cinta romantis. Melalui buku, kamu dapat bersenang-senang, melihat dunia luar hingga kamu seolah ada di tempat berbeda. 

Menurut sebuah penelitian di Inggris, membaca mampu untuk kurangi tingkat stres dari seseorang hingga 68%. Maka dari itu, jika kamu sedang merasa tertekan dan stres karena kesibukan yang menumpuk, kamu disarankan untuk membaca sebelum tidur. 

2. Tingkatkan Konsentrasi

Sekarang ini karena kemajuan teknologi, internet, dan semakin banyaknya gawai, serta semakin berkembangnya media sosial, membaca cerita pun semakin mudah. Namun sayangnya, membaca melalui ponsel dengan posisi kurang tepat, seperti berbaring, justru akan membuat mata cepat merasa lelah dan membuat gangguan penglihatan.

Maka dari itu, jika kamu ingin membaca sebelum tidur, disarankan untuk membaca melalui buku saja. Pasalnya buku dapat meningkatkan konsentrasimu. Membaca akan memungkinkan otak bekerja menggambarkan isi dari buku tanpa visual. Dapat dikatakan, membaca sebelum tidur merupakan latihan otak agar tingkat dari konsentrasi jadi lebih baik. 

3. Tidur yang Berkualitas

Ketika kamu nonton TV atau video mengenai kekerasan maupun berbagai hal menyedihkan, pastinya sedikit-banyak kamu akan jadi terbawa suasana. Efek blue light dari layar gawai yang malah akan memancing mata tetap melek dan buat tubuhmu jauh dari santai. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan kegiatan yang bisa buat badan jadi lebih rileks sehingga dapat beristirahat secara maksimal. Salah satunya dengan membaca buku. Membaca membutuhkan suasana yang tenang, sehingga mendukung sekali untuk kamu dapat tertidur lelap. 

4. Lebih Kreatif serta Berempati

Kreativitas dari seseorang nyatanya dapat ditingkatkan dengan rutin membaca sebelum tidur. Tidak terbatas di satu ataupun dua jenis bacaan, kamu bisa baca apa saja seperti salah satunya cerita pengantar tidur tentang cinta romantis. Dengan memperkaya bacaan, kamu bisa menjadi semakin kreatif. Selain itu, empati kamu pun akan jadi lebih terasah ketika baca berbagai cerita fiksi. 

Nah, itulah beberapa manfaat dari membaca sebelum tidur. Kamu bisa membaca apa saja, tak terpatok dengan suatu tema. Misalnya saja, jika kamu suka baca cerita romantis, kamu bisa cerita pengantar tidur tentang cinta romantis.

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)....
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik yang Terlalu Idealis
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik Yang Terlalu Idealis
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat atau menenangkan, maka Moms harus bersyukur....
More from BDC
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
Bagi kalian yang sedang bersama pasangan atau berlibur dengan keluarga...
Sejak wabah covid melanda, ada banyak keluarga yang bahkan tidak...
Drama Korea dengan cerita cinta atasan dan bawahan selalu menarik...