Tips Memilih Cerita Cinta Bagus

Ardy Pratama

Bagi sebagian orang, apalagi perempuan, membaca cerita cinta adalah kesenangan tersendiri. Tidak heran jika novel romantis memang jadi genre buku paling banyak dicari. Bahkan beberapa cerita novel terinspirasi oleh cerita kisah nyata asmara cinta. Tak hanya itu, sejumlah novel romantis sudah dibuat versi film layar lebar. 

Pasalnya, selain kamu dapat nikmati kisah percintaan dari para tokoh, kamu juga bersamaan pun bisa dapatkan inspirasi dari cerita tersebut. Lalu, tak jarang pada cerita, kamu bisa temukan sejumlah kutipan yang memotivasi. 

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan bahas mengenai tips memilih novel romantis atau cerita percintaan bagus untuk kamu jadikan pilihan mengisi waktu luang. 

Baca Juga:

5 Novel Klasik Romantis yang Wajib Kamu Baca

Kata Siapa Membosankan? Baca Buku Bareng Bisa Jadi Ide Kencan...

Memilih Berdasarkan Genre

Perlu untuk kamu ketahui jika cerita romantis terbaik nyatanya juga mempunyai genre yang beda-beda, seperti chicklit, teenlit, metropop, sampai umum. Sehingga, pertama yang perlu diperhatikan adalah genre novel apa yang kamu suka. 

1. Teenlit

Genre teenlit biasanya menceritakan mengenai suka duka romantisme para remaja, mulai dari persahabatan, perjuangan, pencarian jati diri, dan masih banyak lainnya. Biasanya juga penulis memakai bahasa gaul agar lebih mudah untuk dimengerti remaja. 

2. Chicklit

Chicklit adalah genre yang ceritakan mengenai kehidupan perempuan muda di perkotaan dengan masalah-masalahnya. Walaupun konflik dalam cerita lebih kompleks dibandingkan genre teenlit, tapi bagi masyarakat awam masihlah cukup ringan dibaca. Cukup banyak pula cerita kisah nyata asmara cinta yang menjadi inspirasi membuat novel romantis genre teenlit

3. Metropop

Mengangkat cerita mengenai masyarakat urban dengan drama-drama dialami. Biasanya tokohnya adalah masyarakat kelas menengah yang tinggal di kota besar dengan gambarkan gaya hidup, kehidupan romantisme, dan karir. 

4. Umum

Dapat dibaca untuk wanita maupun pria. Cerita diusung cenderung universal dengan penokohan beragam tanpa terpatok jenis kelamin dan usia tertentu. 

Pilih Berdasarkan Pada Penulis

Tiap penulis pastinya mempunyai gaya penulisan berbeda. Maka dari itu, jika kamu bingung memilih cerita yang akan dibaca, kamu bisa memilih berdasarkan penulisnya. Nama pengarang yang sudah dikenal dan besar pastinya akan keluarkan buku yang kualitasnya tak jauh berbeda. Membaca cerita dari pengarang yang telah kamu kenal biasanya akan punya tingkat kecewa jauh lebih kecil daripada karya novel penulis belum pernah kamu baca. 

Pilihlah Berdasarkan Penerbit

Cerita-cerita romantis terbaik yang dijadikan novel juga bisa berasal dari penerbit yang sudah banyak terbitkan buku bestseller. Penerbit adalah kurator utama yang memiliki hak untuk putuskan apakah sebuah cerita novel romantis layak ditayangkan ataupun tidak. Hanya saja, parameter cerita layak tayang dari setiap penerbit pastinya berbeda datu dengan lainnya. Oleh sebab itu, kamu bisa lihat kualitas buku dari penerbit yang memang telah banyak keluarkan berbagai buku bestseller. 

Nah, itulah beberapa tips memilih cerita atau novel romantis yang bagus. Sekarang ini, cerita-cerita romantis semakin beragam, dan bahkan ada cerita kisah nyata asmara cinta.

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)....
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik yang Terlalu Idealis
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik Yang Terlalu Idealis
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat atau menenangkan, maka Moms harus bersyukur....
More from BDC
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
Bagi kalian yang sedang bersama pasangan atau berlibur dengan keluarga...
Sejak wabah covid melanda, ada banyak keluarga yang bahkan tidak...
Drama Korea dengan cerita cinta atasan dan bawahan selalu menarik...