4 Tips Mempersiapkan Pernikahan Sederhana Tapi Mengesankan

Ardy Pratama

Menikah menjadi momen spesial yang hanya dilakukan sekali seumur hidup. Momen ini biasanya dilakukan secara sakral menurut adat dan agama masing-masing pasangan. Nah bagi Anda yang hendak menikah dengan budget yang hemat, tentu harus tahu tips mempersiapkan pernikahan sederhana berikut ini:

1. Utamakan Skala Prioritas

Bagi Anda yang ingin menikah dengan pesta sederhana, Anda perlu menentukan skala prioritas terlebih dahulu. Persiapkan acara dengan baik dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Jangan memaksakan sesuatu hal yang tidak terlalu penting dan yang utama ialah turunkan gengsi. Alangkah lebih baik jika pesta sederhana, namun biaya lainnya bisa Anda gunakan untuk keperluan setelah menikah, seperti biaya pendidikan anak, keperluan rumah tangga, maupun tempat tinggal.

2. Tips Mempersiapkan Pernikahan Sederhana dengan Membatasi Tamu Undangan

Anda dan pasangan harus bisa memilih-milih siapa saja yang perlu diundang, utamakan teman-teman terdekat, kerabat, dan tamu dari kedua orang tua tentunya. Hal ini sangat penting karena jumlah tamu undangan berdampak pada pemilihan lokasi acara, jumlah catering, jumlah cetak undangan, hingga jumlah sovernir yang akan dipesan.

Pilihlah suvenir yang unik dan bermanfaat agar acara Anda lebih berkesan. Rekomendasi suvenir yang bisa Anda pertimbangkan antara lain: lilin aromaterapi, peralatan makan portabel, teh herbal, dan lainnya.

3. Pilih Lokasi Pernikahan dan Catering yang Low Budget

Setelah Anda menentukan jumlah tamu undangan, Anda bisa menentukan lokasi acara sekaligus jumlah catering yang harus dipesan atau dibuat. Anda bisa menggelar acara resepsi sederhana di rumah sendiri, aula hotel, gedung serba guna, restoran, resort, atau bahkan pantai. Meski demikian, pertimbangkan juga biaya sewa dengan budget yang dimiliki.

Tentukan budget untuk catering yang sesuai dengan kemampuan Anda. Hal ini juga bisa diperkirakan dengan menghitung jumlah tamu undangan dengan menetapkan anggaran di awal. Pilihlah catering dengan kualitas baik dan bisa memuaskan para tamu undangan. Anda juga bisa melakukan food testing terlebih dahulu jika diperlukan.

4. Pilih MUA Terbaik dengan Gaun Pengantin Sederhana

Pemilihan MUA bisa mempertimbangkan kesesuaian gaya makeup dengan karakter wajah, produk yang digunakan, jadwal, hingga tarif yang dipatok. Untuk lebih menghemat budget, Anda bisa meminta teman atau saudara Anda yang bisa makeup dengan baik untuk merias wajah Anda dengan sederhana namun tetap menawan.

Busana pengantin tidak harus mahal, tetapi pilihlah baju pengantin yang memberikan kesan elegan, simpel, dan sederhana. Pemilihan gaun pengantin juga harus Anda diskusikan dengan pasangan, apabila menyewa pilihlah tempat persewaan yang hemat budget tapi berkualitas.

Itulah beberapa tips mempersiapkan pernikahan sederhana yang bisa Anda pertimbangkan. Meski menikah hanya sekali seumur hidup, namun Anda harus bisa menentukan anggaran dengan skala prioritas, utamakan fungsi, bukan gengsi.

Baca Juga:

Apa Aja Sih Persiapan Sebelum Nikah, Ini yang Harus Kamu...

Boleh Gak Undang Mantan Pacar ke Nikahan?

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)....
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik yang Terlalu Idealis
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik Yang Terlalu Idealis
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat atau menenangkan, maka Moms harus bersyukur....
More from BDC
Menikah Perlu Pertimbangan dan Persiapan yang Matang. Apa Saja yang...
Lima tips untuk calon pengantin yang ingin membentuk keluarga sakinah...
Tips dekorasi pernikahan di rumah agar terlihat elegan dan simpel,...
Tips resepsi pernikahan hemat biaya namun tetap berkesan.
6 tips pernikahan murah yang akan tetap berkesan bagi pasangan...