5 Tips Dekorasi Pernikahan di Rumah, Hemat Tapi Elegan

Ardy Pratama

Menggelar pesta perkawinan di rumah menjadi salah satu pilihan agar bisa menghemat biaya. Namun, beberapa orang mengeluhkan mengenai dekorasi yang digunakan karena kurang sesuai. Apalagi perabotan rumah ataupun cat rumah yang dinilai kurang estetik. Nah maka dari itu, Anda harus mengetahui tips dekorasi pernikahan di rumah agar elegan namun tetap hemat.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk memilih dekorasi pesta perkawinan dengan tempat sederhana, perlu manajemen khusus terkait konsep yang akan diusung. Tidak semua rumah hunian berukuran luas dan cocok untuk digunakan pesta atau acara resepsi perkawinan. Untuk itu, coba pikirkan konsep dekorasi yang cocok dengan proses yang matang agar hasilnya tidak mengecewakan.

Di rumah, Anda bisa menggelar pesta resepsi dengan menggunakan beberapa tema, seperti adat Jawa, adat suku lainnya, pesta kebun, tema merah putih, background tirai dengan kombinasi flower hoops, rustic, klasik modern, minimalis, dan lainnya.

Tips dekorasi pernikahan di rumah

1. Tutup bagian rumah yang mengganggu pandangan

Setiap rumah pasti ada saja bagian yang tidak enak dipandang. Hal ini tentu menjadi kurang menarik dan bahkan bisa mengganggu kelancaran serta keamanan acara. Anda bisa menutup bagian tadi dengan kain sederhana yang berwarna putih atau sesuaikan dengan tema dekorasi. Tak hanya itu, Anda bisa menggunakan tanaman hias yang indah atau bunga segar yang enak dipandang untuk menutupi kelemahan bagian rumah Anda.

2. Sesuaikan tempat pelaminan dan tamu undangan dengan ukuran ruangan atau halaman rumah

Tips ini cocok untuk Anda yang memiliki rumah dengan lahan sempit, misalnya di tengah perkampungan yang padat penduduk. Usahakan tema dekorasi yang Anda pilih lebih minimalis modern dan simpel sehingga cocok untuk ukuran ruangan atau halaman rumah yang sempit.

3. Pasang instalasi penerangan yang unik

Anda bisa menambahkan lentera atau tema vintage dengan lampu LED berwarna sesuai tema dekorasi yang Anda inginkan. Dengan penerangan yang unik dan menarik tentu akan mengurangi kebosanan dan kesepian bagi tamu undangan pernikahan Anda.

4. Pajang foto preweding di tempat yang cocok

Untuk lebih memberikan kesan yang menarik, pasanglah foto-foto preweding Anda dengan pasangan di dinding-dinding rumah atau di tempat strategis yang biasa orang lewati. Tentu para tamu undangan akan melihat foto tersebut dan akan lebih menikmati acara resepsi yang Anda gelar.

5. Gunakan properti yang mendukung tema dekorasi

Penggunaan properti ini digunakan sebagai pelengkap dekorasi di rumah Anda. Anda bisa menggunakan properti klasik, seperti gerabah kuno, piring kuno untuk jamuan, dan properti lain yang mendukung tema dekorasi Anda.

Itulah beberapa tips dekorasi pernikahan di rumah agar terlihat lebih elegan dan simpel, namun tetap menghemat biaya. Pilihlah tema dekorasi yang sesuai dengan keinginan Anda dan pasangan serta anggaran yang telah ditentukan.

Baca Juga:

Kapan Waktu yang Tepat Bicara Pernikahan

8 Kunci Pernikahan Bahagia, Wajib Diketahui Biar Langgeng

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)....
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik yang Terlalu Idealis
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik Yang Terlalu Idealis
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat atau menenangkan, maka Moms harus bersyukur....
More from BDC
Menikah Perlu Pertimbangan dan Persiapan yang Matang. Apa Saja yang...
Lima tips untuk calon pengantin yang ingin membentuk keluarga sakinah...
Tips mempersiapkan pernikahan sederhana tapi mengesankan untuk Anda, pasangan, dan...
Tips resepsi pernikahan hemat biaya namun tetap berkesan.
6 tips pernikahan murah yang akan tetap berkesan bagi pasangan...