5 Tips Keluarga Sakinah untuk Calon Pengantin

Ardy Pratama

Setiap pasangan yang akan menikah pasti ingin memiliki keluarga yang sakinah. Yang dimaksud dengan keluarga sakinah ialah keluarga yang diliputi ketenangan dan ketenteraman di dalam hati anggotanya. Nah, untuk menjadi keluarga yang sakinah maka perlu ada usaha yang dilakukan agar dapat terwujud ketenangan di dalam keluarga. Nah, apa saja hal-hal yang bisa dipersiapkan untuk mewujudkan keluarga sakinah bagi calon pengantin? Simak tips keluarga sakinah berikut ini.

5 Tips Keluarga Sakinah untuk Calon Pengantin

1. Tinggal Terpisah dengan Mertua

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sedikit banyak, menantu dan mertua biasanya memiliki ketidakcocokan. Bisa antara menantu perempuan dengan Ibu mertua maupun antara menantu laki-laki dengan bapak atau ibu mertua. Nah, untuk menghindari adanya masalah-masalah antara menantu dan mertua maka lebih baik untuk calon pengantin untuk menentukan tempat tinggal bersama yang terpisah dengan mertua. 

2. Menjaga Komunikasi

Komunikasi yang berjalan baik antar pasangan ditandai dengan keterbukaan dan kejujuran satu sama lain. Kemudian, satu sama lain saling mengungkapkan apa yang dirasakan sehingga tidak membingungkan pasangannya. Keterbukaan antar pasangan tidak akan menimbulkan kecurigaan. Sehingga, jika komunikasi yang baik selalu terjaga maka mewujudkan keluarga sakinah pun akan lebih mudah. Untuk itu sebelum memutuskan menikah, sebaiknya calon pengantin memastikan bahwa calon pasangannya adalah orang yang bisa berkomunikasi dengan baik.

3. Saling Membantu Menjalankan Peran 

Dalam membangun rumah tangga, tentunya setiap suami dan istri memiliki perannya masing-masing. Sudah menjadi kewajiban untuk melakukan tugas masing-masing dengan baik. Namun, sudah bukan zamannya ada ketimpangan tugas antar suami dan istri dalam keluarga. Mulai dari urusan pekerjaan rumah, pengasuhan anak, serta keuangan seharusnya dilakukan secara bersama-sama dengan saling membantu. Dengan dasar kasih sayang dan welas asih dalam melakukan peran bersama maka keluarga akan lebih tenteram.

4. Saling Amanah dan Setia

Menjadi amanah dan menjaga kesetiaan menjadi salah satu kunci paling penting dalam keharmonisan keluarga. Sudah sepatutnya untuk suami maupun istri untuk menjaga amanah yang telah diberikan dengan baik serta menjaga kesetiaan masing-masing.. Untuk calon pengantin harus memastikan dirinya harus amanah dan setia sampai kapanpun untuk dapat membentuk keluarga yang sakinah.

5. Bersyukur

Meski sudah memiliki banyak hal namun jika belum bersyukur, maka ketentraman dalam hidup pun akan berkurang. Begitu pula dalam keluarga dan pernikahan. Bersyukur atas rezeki yang diberikan Tuhan, atas kelebihan maupun kekurangan pasangan, atas anak, dan lain-lain. Jika belum bisa bersyukur maka akan sulit untuk mewujudkan keluarga yang sakinah. Untuk itu, bagi calon pengantin yang akan menikah sebaiknya belajar untuk banyak-banyak bersyukur atas apapun yang terjadi. Dengan bersyukur, hati akan menjadi lebih lapang dan keluarga akan lebih sakinah.

Itulah 5 tips keluarga sakinah yang bisa dipersiapkan oleh calon pengantin yang akan menikah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Tips Cinta Beda Agama, Bagaimana Menjalaninya dan Apa Konsekuensinya?

Tips Suami Makin Cinta Agar Lebih Romantis

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)....
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik yang Terlalu Idealis
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik Yang Terlalu Idealis
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat atau menenangkan, maka Moms harus bersyukur....
More from BDC
Menikah Perlu Pertimbangan dan Persiapan yang Matang. Apa Saja yang...
Tips dekorasi pernikahan di rumah agar terlihat elegan dan simpel,...
Tips mempersiapkan pernikahan sederhana tapi mengesankan untuk Anda, pasangan, dan...
Tips resepsi pernikahan hemat biaya namun tetap berkesan.
6 tips pernikahan murah yang akan tetap berkesan bagi pasangan...