6 Tips Pernikahan Murah, Namun Tetap Berkesan Bagi Pasangan

Ardy Pratama

Masih banyak yang beranggapan bahwa pernikahan haruslah mewah dengan biaya yang mahal. Padahal, menghemat biaya pernikahan akan sangat membantu kehidupan pasangan di masa yang akan datang. Oleh karenanya, penting bagi Anda yang berencana untuk menikah untuk mengetahui tips pernikahan murah namun tetap berkesan berikut ini.

Tips Pernikahan Murah dan Hemat

Bagi sebagian orang mungkin akan merasa stres jika banyak dituntut untuk membuat perencanaan yang matang tapi biaya terbatas. Namun, sebenarnya Anda bisa mengadakan pernikahan hemat biaya dan tentunya dengan perencanaan yang matang, dengan mengikuti tips-tips berikut ini.

1. Gunakan Undangan Online

Di era yang sudah maju seperti sekarang, menghemat biaya pernikahan dengan hasil yang tetap berkesan bukanlah hal yang mustahil. Contohnya, Anda dapat memanfaatkan undangan online yang pastinya lebih hemat biaya dibandingkan undangan kertas. Jika Anda berencana menggunakan undangan online tersebut untuk seluruh tamu, Anda juga bisa menyewa jasa desain undangan dengan harga yang terjangkau.

2. Meminimalkan Biaya Suvenir

Biaya yang dikeluarkan untuk suvenir bukanlah biaya yang sedikit. Demi menghemat biaya pernikahan, Anda dapat mencoba membuat suvenir sendiri yang idenya dapat banyak ditemukan di internet. Tentu Anda juga bisa meminta bantuan dari kerabat dan teman untuk bersama-sama membuat suvenir tersebut.

3. Memilih Hari Biasa atau Hari Kerja

Pernikahan hemat biaya dapat Anda wujudkan dengan mencoba memilih tanggal di hari biasa atau hari kerja. Hal ini karena, biaya sewa gedung akan lebih murah dibandingkan sewa di akhir pekan atau waktu libur. 

4. Meminimalkan Biaya Seragam Keluarga

Mengenakan seragam yang senada memang akan terlihat cantik di foto. Namun, mengeluarkan biaya untuk membeli bahan dan menjahit juga sebuah pemborosan yang sebenarnya tidak perlu dilakukan.

Pada kenyataannya, Anda bisa tetap mendapatkan foto keluarga yang cantik dan tetap menghemat biaya pernikahan. Caranya adalah dengan meminta keluarga mencari baju sendiri dengan tema dan warna yang senada.

5. Gunakan Dekorasi Minimalis

Dekorasi pelaminan bisa menghabiskan biaya yang cukup besar jika Anda terlalu memikirkan gengsi. Demi mendapatkan pernikahan hemat biaya, cobalah gunakan bunga palsu dengan kualitas yang bagus, gunakan desain yang sudah ada sebelumnya, dan juga gunakan produk lokal dibanding produk impor.

6. Menyewa Dibanding Membeli

Ada beberapa hal yang memang hanya dipakai sekali, seperti gaun pengantin, tuksedo, heels, dan lainnya. Tips untuk menghemat biaya pernikahan selanjutnya adalah dengan menyewa barang-barang tersebut dibandingkan dengan membeli. Apalagi, saat ini, barang sewaan untuk kebutuhan resepsi juga sudah banyak yang berkualitas dan pastinya lebih terjangkau dibanding saat membeli.

Itulah beberapa tips pernikahan murah yang dapat Anda coba lakukan. Ingatlah bahwa pernikahan hemat biaya yang dipersiapkan secara matang tetap mampu memiliki kesan yang baik bagi pasangan dan juga tamu undangan yang datang.

Baca Juga:

Tenang! Ini dia Cara Biar Enggak Baper Pas Ditanya Kapan...

Akibat Pernikahan yang Dipaksakan, Duh Kok Jadi Gitu Yah

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)....
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik yang Terlalu Idealis
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik Yang Terlalu Idealis
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat atau menenangkan, maka Moms harus bersyukur....
More from BDC
Menikah Perlu Pertimbangan dan Persiapan yang Matang. Apa Saja yang...
Lima tips untuk calon pengantin yang ingin membentuk keluarga sakinah...
Tips dekorasi pernikahan di rumah agar terlihat elegan dan simpel,...
Tips mempersiapkan pernikahan sederhana tapi mengesankan untuk Anda, pasangan, dan...
Tips resepsi pernikahan hemat biaya namun tetap berkesan.