Calon Pengantin Wajib Tahu, 6 Tips Persiapan Pernikahan!

Ardy Pratama

Menikah adalah momentum sakral dan penting. Oleh sebab itu, diperlukan persiapan dan perencanaan secara matang. Nah bagi kamu calon pengantin, sudah sampai mana sih persiapanmu? Atau masih bingung memulai persiapan dari tahap yan mana? Tenang, kali ini akan kami bagikan tips persiapan pernikahan, langsung saja simak pembahasan di bawah ini!

Baca Juga:

Wajib Tanya! 10 Pertanyaan untuk Pasangan Sebelum Menikah

4 Tips Menghadiri Pernikahan Mantan

1. Menguatkan Komitmen dan Mental

Setiap orang berkeinginan menikah sekali seumur hidup dan selamanya bersama pasangan. Untuk itu, mantapkan komitmen anda bersama pasangan. Bicarakan rencana-rencana ke depan dengan pasangan seperti tempat tinggal, cara mengatur keuangan, peran masing-masing, cara mendidik anak, dan masih banyak lagi. Suami dan istri harus memiliki rencana yang sejalan agar bahtera rumah tangga bisa dijalankan. 

Selain komitmen, barengi juga dengan kesiapan mental. Ingat, pernikahan tidak selalu dipenuhi dengan taman bunga warna-warni, namun juga disertai duri. Sudah sewajibnya anda beserta pasangan memahami itu. 

2. Meminta Restu Orang Tua Kedua Belah Pihak

Pernikahan tidak hanya menyatukan dua orang menjadi suami dan istri, namun juga menyatukan dua belah keluarga. Untuk itu diperlukan restu orang tua agar rumah tangga diliputi keberkahan. 

3. Lakukan Medical Check Up

Mungkin masih banyak orang yang awam terhadap hal ini. Tes kesehatan sebelum pernikahan sangatlah penting bagi calon pengantin dan calon anak nantinya. Adapun tes kesehatan yang perlu dipersiapkan antara lain golongan darah dan rhesus, gula darah, penyakit menular seksual, TORCH, USG Ginekologi dan lain-lain. 

Tips persiapan pernikahan ini sangatlah penting, untuk mengetahui apabila terdapat permasalahan kesehatan yang serius sehingga bisa dilakukan penanganan yang sesuai dengan masalah tersebut. Untuk melakukan tes kesehatan, disarankan untuk melakukannya enam bulan sebelum pernikahan dilaksanakan. 

4. Mengikuti Kelas Pranikah

Berdasarkan peraturan UU No. 16 tahun 2019 tentang perubahan atas UU No. 1 tahun 1974 tentang Perkawinan, setiap calon pengantin diwajibkan untuk mengikuti bimbingan pranikah. Daftarkan bimbingan tersebut ke kantor agama setempat, untuk lama bimbingannya sendiri akan ditentukan oleh penyelenggara. 

5. Urus Berkas dan Pilih Konsep Pernikahan

Terakhir, penuhi syarat pernikahan dan berkasnya, lalu ajukan ke pihak berwajib. Hal itu sangat penting, agar pernikahan dinyatakan sah secara hukum. Untuk kelengkapan dokumen yang dibutuhkan anda bisa menanyakannya langsung kepada petugas KUA. 

Selanjutnya, tentukan konsep pernikahan yang anda dan pasangan inginkan. Seperti baju pengantin, souvenir, bentuk undangan pernikahan  dan banyaknya tamu yang akan diundang, dekorasi, makanan yang akan disajikan dan masih banyak lagi. Ingat, sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Demikianlah tips persiapan pernikahan yang harus anda dan pasangan siapkan mulai sekarang. Jika persiapan sudah lengkap, maka selanjutnya tinggal mengadakan resepsi. Yeay! Ingat! Pernikahan merupakan hal penting, untuk itu jangan sampai salah persiapan atau salah langkah ya! Selamat menempuh hidup baru!

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)....
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik yang Terlalu Idealis
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik Yang Terlalu Idealis
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat atau menenangkan, maka Moms harus bersyukur....
More from BDC
Menikah Perlu Pertimbangan dan Persiapan yang Matang. Apa Saja yang...
Lima tips untuk calon pengantin yang ingin membentuk keluarga sakinah...
Tips dekorasi pernikahan di rumah agar terlihat elegan dan simpel,...
Tips mempersiapkan pernikahan sederhana tapi mengesankan untuk Anda, pasangan, dan...
Tips resepsi pernikahan hemat biaya namun tetap berkesan.