Tips Agar Hubungan Awet Sampai Hari Pernikahan

Ardy Pratama

Menjaga komunikasi yang baik merupakan salah satu tips supaya hubungan terus langgeng hingga pernikahan. Namun, sebenarnya akan ada berbagai macam tips yang dapat Anda lakukan untuk tetap mempertahankan hubungan Anda. Komunikasi bukanlah menjadi faktor penentu langgeng atau tidaknya suatu hubungan. Pastinya akan membutuhkan kerja sama dan rasa kepercayaan yang tinggi dari dua belah pihak untuk bisa membuat hubungan lebih awet sampai bisa mendapatkan kado untuk pernikahan.

Bila pasangan sudah berada di sebuah hubungan yang lama, umumnya mereka akan melupakan hal-hal kecil yang sesungguhnya dapat memengaruhi keharmonisan hubungan mereka. Banyak dari pasangan yang mulai melupakan cara untuk tetap menguatkan cinta dan membahagiakan satu sama lainnya. Mereka mulai akan merasa bosan dan mencari kebahagiaan pada hal yang lainnya. Padahal, untuk saling membahagiakan dapat menjadi tips mengatasi konflik menjelang pernikahan.

Pasti semua orang ingin hubungannya langgeng hingga menuju jenjang pernikahan? Kali ini kita akan meringkas beberapa tips hubungan langgeng sampai pernikahan agar selalu harmonis yang akan kita bahas di bawah ini.

Tips Hubungan Langgeng Agar Sampai Hingga Pelaminan 

Sebelum Anda mencari tips mempersiapkan pernikahan sederhana, pastinya harus terlebih dahulu menari tahu agar hubungan yang Anda miliki bisa tetap langgeng hingga ke jenjang pernikahan. Anda dapat menyimak tips yang ada di bawah ini:

1. Menghindari Konflik dan Drama 

Tips pertama yang dapat Anda lakukan untuk bisa tetap mempertahankan hubungan Anda ialah untuk menghindari drama dan juga konflik. Di saat kalian sudah mengerti mengenai satu dengan yang lainnya dan tidak ingin memulai sebuah pertikaian, kalian sudah berada di dalam hubungan yang dewasa.

Jangan memunculkan untuk pertikaian dari berbagai hal-hal yang sepele. Jangan sampai Anda melakukan silent treatment kepada pacar Anda, jika nantinya menghadapi masalah yang cukup serius. Anda dapat membicarakan kepadanya terkait dengan perasaan Anda dan hal-hal yang tidak Anda suka.

Hindari drama yang nantinya akan melibatkan orang lain. Selalu selesaikan segala permasalahan dengan sendiri dan juga kepala yang dingin. Jika memang itu salah Anda, Anda harus bisa untuk mengakuinya.

2. Jangan Terlalu Posesif 

Tips pernikahan selanjutnya adalah Anda harus selalu menghargai bahwa pasangan Anda pasti memiliki berbagai aktivitas maupun lingkungan pertemanannya sendiri. Jangan sampai Anda nantinya mengekang aktivitas yang akan dilakukannya. Jangan bertindak secara posesif dan memberikan reaksi yang negatif berlebihan terhadap keputusan yang akan dibuatnya.

3. Pertahankan Komunikasi yang Baik

Berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah mulai untuk mempertahankan komunikasi yang baik dengan pasangan Anda. Hubungan yang harmonis dan juga romantis didasari oleh komunikasi yang baik. Anda dan pasangan dapat memulainya dengan saling terbuka satu sama lainnya. Kalian dapat menceritakan mengenai berbagai aktivitas yang receh sampai yang serius sekali pun. Anda juga dapat berkeluh kesah dengannya terkait dengan hari-hari Anda.

Jika Anda mempunyai keluhan terkait dengan sifatnya, Anda juga dapat membicarakan kepadanya. Jangan biarkan perasaan Anda tertanam mengganjal di dalam hati Anda. Tanpa ada sebuah komunikasi yang baik, biasanya kedua belah pihak akan lebih sering berkonflik karena tidak akan mengerti isi hati pasangannya. Jika sering bertengkar, Anda akan menyadari bahwa hubungan Anda tidak dapat dilanjutkan ke arah yang lebih baik lagi nantinya.

Adanya komunikasi yang baik, Anda dapat mendapatkan introspeksi terkait dengan sikap satu sama lainnya. Anda juga dapat berpikir lebih dewasa dan belajar untuk menyelesaikan masalah dengan mau menghadapinya sehingga bisa mencari tips pernikahan murah ke depannya.

4. Memberikan Sebuah Kejutan 

Hal ini memang akan terlihat sepele, namun memberikan sebuah kejutan kepada pasangan Anda menjadi salah satu strategi komunikasi untuk bisa mempertahankan hubungan kalian sambil merencanakan untuk bisa melihat tips resepsi pernikahan hemat. Anda dapat memberikan kejutan terkait dengan hal-hal yang pasangan Anda suka atau dengan cara memberikan pujian kepadanya. Anda dapat mengapresiasinya dengan berterima kasih terkait dengan kehadirannya selama ini. Hal ini bisa membuat pasangan Anda merasa lebih dihargai dengan kehadirannya. 

Mereka juga bisa melihat Anda sebagai sosok yang lebih positif dan memotivasinya untuk melakukan hal yang sama kepada Anda. Selain itu, Anda dapat memberikan apresiasi dengan cara memberikan komunikasi kepadanya, bahkan ketika Anda sedang sibuk sekalipun. Anda bisa memberikan sekedar kabar kepadanya mengenai aktivitas yang sedang Anda lakukan. Pasangan Anda akan menyadari bahwa Anda memang selalu memikirkannya. Anda juga bisa memberikan candaan yang ringan untuk bisa menambah keharmonisan hubungan kalian.

5. Menjauhkan Perasaan Bosan Pada Pasangan

Terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjauhkan rasa bosan terhadap pasangan Anda. Anda dapat melakukannya dengan cara menjalani aktivitas secara bersama - sama. Anda dapat melakukan trip perjalanan dengan pasangan. Habiskan waktu seharian dengan penuh untuk bisa merawat hubungan kalian berdua. Anda dapat berjalan-jalan ke tempat yang memang sedang hits maupun tempat yang bisa menunjang hobi dari masing-masing.

6. Ungkapkan Apa yang Disuka dan Tidak Disukai

Tips persiapan pernikahan memang sangat penting dan hal paling remeh seperti harus terbuka tentang apa yang Anda suka maupun tidak Anda suka sangat penting untuk dilakukan. Mulai beranilah untuk lebih terbuka dengan hal kecil seperti ini, misalnya aku tidak suka pedas, aku alergi dengan udang, aku tidak suka ketinggian, aku lebih suka hal yang berwarna ungu, dan masih banyak lagi lainnyaa. Hal ini akan membantu pacar Anda lebih mengerti dan juga memahami diri Anda melalui hal-hal yang kecil.

7. Jadilah Pendengar yang Baik 

Jangan mencari tips dekorasi pernikahan di rumah jika Anda masih tidak bisa untuk mendengarkan apapun yang pasangan Anda katakan tanpa harus menyanggah, maupun menyalahkannya ketika pasangan Anda berada di dalam posisi yang salah. Jadilah tempat yang paling nyaman untuknya agar dapat mengungkapkan apapun yang pacar Anda nantinya  rasakan hari itu.

8. Jangan Mengungkit Masa Lalu 

Pastinya ada rasa tidak akan nyaman dari pasangan Anda di saat ketika Anda mengungkit kehidupan yang lamanya. Ingat, untuk saat ini Anda adalah masa depannya. Pasangan Anda  sedang mencoba untuk meninggalkan kenangan-kenangan masa lalunya hanya agar bisa merajut masa depan dengannya dengan Anda.

9. Usahakan Untuk Selalu Memiliki Penampilan yang Menarik dan Jadilah Diri Sendiri 

Bisa saja, pasangan Anda memang menyukai Anda apa adanya, namun percayalah pasangan Anda akan lebih menyukai bila sedikit berbenah dan juga merapikan penampilan menjadi lebih menarik sehingga nantinya bisa ke jenjang pernikahan dan dapat mencari rekomendasi kado pernikahan. Mungkin tidak akan sesempurna idolanya, tetapi setidaknya Anda sudah berusaha untuk dapat menyenangkan hatinya lewat diri Anda Sendiri sehingga bisa tetap memiliki hubungan yang harmonis dan awet.

Baca Juga:

6 Tips Mengenalkan Pacar ke Orang Tua Anti Canggung

Kenali 3 Red Flags dari Pasangan yang Harus Kamu Hindari

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)....
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik yang Terlalu Idealis
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik Yang Terlalu Idealis
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat atau menenangkan, maka Moms harus bersyukur....
More from BDC
Menikah Perlu Pertimbangan dan Persiapan yang Matang. Apa Saja yang...
Lima tips untuk calon pengantin yang ingin membentuk keluarga sakinah...
Tips dekorasi pernikahan di rumah agar terlihat elegan dan simpel,...
Tips mempersiapkan pernikahan sederhana tapi mengesankan untuk Anda, pasangan, dan...
Tips resepsi pernikahan hemat biaya namun tetap berkesan.