Tips Mengatasi Konflik Menjelang Pernikahan

Ardy Pratama

Banyak orang yang mengatakan kalau menjelang hari pernikahan, akan ada banyak ujian yang menghampiri pasangan calon pengantin. Tidak jarang ujian yang datang tersebut membuat pasangan sering berdebat bahkan bertengkar hebat. Untuk membantu Anda mengatasi hal tersebut, Kami akan bagikan tips mengatasi konflik menjelang pernikahan yang bisa Anda berdua coba lakukan bersama-sama.

Baca Juga:

Seperti Apa Tanda Jatuh Cinta?

Cara Buat Pria Merasa Kehilangan, Pas Banget buat yang Punya Pacar Cuek

1. Belajar Mengontrol Ego

Pada dasarnya laki-laki dan perempuan memang memiliki karakter yang berbeda termasuk sikapnya dalam mempersiapkan pernikahan. Hal yang penting bagi perempuan, bisa jadi akan biasa saja bagi pria, begitupun sebaliknya.

Hal semacam inilah yang umumnya memicu pertengkaran antara calon pengantin. Hal yang perlu Anda dan pasangan ingat di waktu ini adalah coba untuk mengontrol ego. Jangan sampai ketika satu orang emosi, yang lain juga ikut merasa emosi. Bahkan akan lebih baik jika Anda berdua bisa membicarakannya baik-baik.

Hal ini memang tidak mudah untuk dilakukan tetapi bisa jadi latihan untuk memasuki kehidupan rumah tangga kelak.

2. Jangan Bicara dengan Nada Tinggi

Jika memang terjadi perdebatan diantara Anda dan pasangan, usahakan supaya tidak ada yang bicara dengan nada tinggi. Nada tinggi biasanya malah akan menyakiti pasangan dan menyebabkan pertengkaran besar.

Ingatlah bahwa emosi yang tinggi akan merugikan Anda berdua karena hanya akan membuat Anda berdua saling menyakiti. 

3. Hindari Merasa Paling

Dalam berbagai tips mengatasi konflik menjelang pernikahan, disebutkan juga kalau sikap yang sebaiknya dihindari bagi setiap pasangan baik yang baru akan maupun yang telah menikah adalah merasa paling. Contohnya paling benar, paling berkorban maupun paling tersakiti.

Sikap ini cenderung membuat seseorang mengabaikan perasaan dan pendapat orang lain. Akan lebih baik bagi kedua pasangan untuk mencoba mendengarkan pendapat masing-masing dan mencari jalan tengah yang terbaik bersama.

4. Berpikir Positif, Tips Mengatasi Konflik Menjelang Pernikahan Paling Ampuh

Persiapan pernikahan memang melelahkan dan tak jarang menimbulkan stres. Stres tersebut umumnya akan membuat banyak pikiran negatif berdatangan.

Hal yang perlu Anda berdua ingat di saat seperti ini adalah mencoba untuk jujur pada pasangan dan saling menguatkan satu sama lain supaya pikiran positif datang.

Berpikiran negatif hanya akan menambah beban di pikiran Anda yang sudah cukup lelah dengan persiapan pernikahan. Alangkah baiknya jika Anda sedikit santai dan menganggap masalah yang mungkin muncul sebagai tantangan yang perlu diselesaikan.

Sebab sejatinya ketika sudah menikah nanti, akan lebih banyak tantangan yang Anda berdua hadapi. Sehingga fisik dan batin Anda akan lelah jika semua dipikirkan dengan berat. Namun perlu diingat kalau bersikap santai tidak berarti Anda mengabaikan maupun menganggap remeh masalah yang ada.

Itulah beberapa tips mengatasi konflik menjelang pernikahan untuk Anda, pasangan yang sedang sibuk dengan persiapan pernikahan.

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Curhat cinta memang bisa menjadi aktivitas yang melegakan hati dan...
Drama Korea tidak hanya bercerita tentang pria kaya yang jatuh...
tidak semua drakor balas dendam dikemas dengan menegangkan. Ada juga...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Tips Curhat Cinta agar Semakin Efektif dan Melegakan
Tips-curhat-cinta-agar-semakin-efektif-dan-melegakan
Curhat cinta memang bisa menjadi aktivitas yang melegakan hati dan membuat hati semakin tenang ketika dilanda permasalahan cinta. Namun, ada beberapa orang yang ragu untuk melakukannya....
Seru! Tonton Drakor Wanita Kaya Jatuh Cinta pada Pria Miskin
Seru-tonton-drakor-wanita-kaya-jatuh-cinta-pada-pria-miskin
Drama Korea tidak hanya bercerita tentang pria kaya yang jatuh cinta pada wanita miskin. Ada juga wanita kaya yang...
More from BDC
Lima tips untuk calon pengantin yang ingin membentuk keluarga sakinah...
Tips dekorasi pernikahan di rumah agar terlihat elegan dan simpel,...
Tips mempersiapkan pernikahan sederhana tapi mengesankan untuk Anda, pasangan, dan...
Tips resepsi pernikahan hemat biaya namun tetap berkesan.
6 tips pernikahan murah yang akan tetap berkesan bagi pasangan...