Wajib Tanya! 10 Pertanyaan untuk Pasangan Sebelum Menikah

Wajib Tanya! 10 Pertanyaan untuk Pasangan Sebelum Menikah

Kamu pasti setuju dong jika menikah adalah salah satu dambaan bagi kamu dan pasangan. Bagaimana enggak, setelah sekian lama berstatus pacar, perjalanan kisah yang baru akhirnya segera dimulai. Namun, meski terdengar sangat membahagiakan, kehidupan dalam pernikahan bukan hal yang mudah, lho! 

Perlu persiapan yang matang dan pengertian antarpasangan yang baik agar keseharian dalam pernikahan menjadi harmonis. Salah satu kunci agar pernikahan bahagia adalah menanyakan rencana kehidupan keluarga kalian setelah menikah kelak. Tenang, meskipun terkesan sangat serius, pertanyaan sebelum menikah ini hal yang justru wajib kamu tanyakan, lho! Selain bisa bersiap, kamu dan pasangan bisa semakin mengenal berkat pertanyaan ini. Penasaran apa aja? Yuk, simak 10 pertanyaan untuk pasangan sebelum menikah.

Baca juga: Cara cari pacar yang dijamin langgeng sampai menikah

1. Akan Tinggal Dimana Setelah Menikah? 


Sebagai seorang pengantin, kamu dan pasangan pasti ingin tinggal bersama. Jika kamu atau pasangan sudah memiliki rumah pribadi, sih, nggak masalah. Kalau belum, pertanyaan seputar tempat tinggal setelah menikah adalah hal pertama yang wajib kamu dan pasangan pecahkan. Apakah akan menyewa rumah atau apartemen? Atau tinggal dengan mertua?

2. Apakah Bersedia Tinggal Bersama Mertua?


Umumnya, pengantin baru yang berusia muda adalah mereka yang baru merintis karir dan belum memiliki penghasilan yang tinggi. Mengingat harga sewa properti cukup mahal, bukan nggak mungkin kalau satu-satunya jalan untuk tinggal bersama pasca menikah, adalah tinggal bersama mertua. Jika kamu dan pasangan adalah salah satunya, sebaiknya tanyakan kesedian untuk tinggal mertua setelah menikah kelak.

3. Bagaimana Tanggapan Pasangan Tentang Memiliki Anak?


Dahulu, memiliki keturunan merupakan hal yang sangat didambakan pasangan setelah menikah. Namun, seiring perkembangan zaman, padangan seseorang tentang memiliki keturunan bisa saja berbeda. Tanyakan pada pasangan mengenai pandangannya tentang keturunan. Apakah memiliki keturunan adalah hal yang wajib? Bagaimana jika kamu atau pasangan memiliki keterbatasan dalam membuat keturunan? Apakah bersedia adopsi? Jawaban dari pertanyaan ini sangat penting kamu tahu. Untuk itu, jangan lupa kamu tanyakan sebelum menikah, ya!

Baca juga: Cara agar hubungan baik-baik saja sampai menikah

4. Kapan Waktu Yang Tepat untuk Memiliki Anak? 


Pada dasarnya, tidak ada rentang waktu pasti bagi pasangan suami-istri untuk melahirkan anak pertama. Namun, memiliki anak memerlukan banyak persiapan. Baik persiapan finansial, juga persiapan mental. Diskusikan dengan pasanganmu, kapan waktu terbaik untuk mempersiapkan kehamilan. Agar ketika anak kamu lahir, kamu dan pasangan sudah sama-sama siap menjadi ayah dan ibu.

5. Ingin Punya Berapa Anak?


Merasa sudah siap memberi cucu ke empat orang tua kamu. Jika sudah, ada baiknya mempertimbangkan berapa banyak anak yang ingin kamu dan pasangan miliki. Meskipun terdengar sepele, jumlah anak dalam keluarga juga butuh diperhatikan, lho! Karena setiap anak memerlukan kebutuhan, baik dari segi materi, juga kasih sayang. Jadi, rencanakan dengan pasangan dengan pertanyaan sebelum menikah.

6. Bagaimana Dengan Mengurus Rumah?


Saat sudah memiliki hunian sendiri dan tinggal terpisah dengan mertua, mengurus rumah bisa menjadi hal yang sangat melelahkan. Berbeda saat masih tinggal dengan mertua, kini, seluruh pekerjaan rumah adalah tanggung jawab kamu dan pasangan. Untuk itu, diskusikan pembagian porsi pekerjaan yang harus dilakukan oleh kamu dan pasangan. Pekerjaan apa saja yang menjadi kewajiban kamu, apa saja yang jadi kewajiban pasangan, dan perlukan menyewa asisten rumah tangga? Karena jika menyewa asisten, maka biaya yang dikeluarkan juga akan bertambah. Untuk itu, wajib jangan lupa membahas tugas rumah dalam pertanyaan sebelum menikah, ya!

7. Haruskah Istri Berhenti Bekerja dan Mengurus Rumah?


Pada banyak rumah tangga, istri bertugas mengurus seluruh kebutuhan rumah, sedangkan suami bertugas mencari nafkah. Meskipun bukan hal yang wajib, namun pembagian tugas seperti ini, sangat sering dijumpai. Jika kamu dan pasangan memiliki cara lain, ada baiknya untuk mendiskusikan cara tersebut.

8. Bagaimana Cara Terbaik Mengatur Keuangan Keluarga?


Selain rumah harus bersih, tugas yang nggak kalah sulit adalah uang yang harus cukup. Diskusikan, dari mana sumber pemasukan untuk kebutuhan keluarga? Berapa banyak anggaran untuk kebutuhan pribadi, rumah, menabung, dan belanja barang-barang tersier? Selain itu, jika kamu berencana memberi sejumlah uang untuk orang tua atau keluarga tiap bulan, tanyakan kesediaan pasangan kamu, dan berapa nominal yang bisa disepakati. Nggak mau, kan, sering bertengkar dengan pasangan karena uang? Untuk itu, masalah uang menjadi pertanyaan penting sebelum menikah.

9. Apakah Memiliki Hutang Sebelum Menikah?

Meskipun terdengar sepele, menanyakan beban “hutang” menjadi pertanyaan yang peting, hutang pribadi sebelum menikah termasuk hutang bawaan yang tidak bisa dibebankan pada pasangan kecuali ada persetujuan bersama. Namun, karena hutang bersifat wajib secara hukum, maka harus ada uang yang dialokasikan untuk hal tersebut. Untuk itu, hutang menjadi topik penting pertanyaan sebelum menikah yang wajib kamu tanyakan.

10. Adakah Batasan Hobi dan Hubungan Sosial Setelah Menikah?

Jika sebelum menikah kamu lebih bebas melakukan hal yang kamu mau, hal itu akan jauh berbeda setelah kamu menikah. Nggak heran, sih. Karena ketika sudah menikah, kamu dan pasangan juga membagi kehidupan pribadi bersama. Diskusikan dengan pasangan, bagaimana kamu bisa melakukan hobi kamu? Adakah hal yang harus disesuaikan? Bagaimana dengan hubungan sosial khususnya dengan lawan jenis?

Itu dia, 10 Pertanyaan untuk pasangan sebelum menikah. Meskipun jawaban dari pertanyaan ini bisa berubah seiring waktu, namun, nggak ada salahnya bertanya pertanyaan ini agar kamu bisa menilai pasangan sebelum menikah nanti.

About the author
Pernikahan menikah pernikahan

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.