Aku-tobat-ada-gak-sih-cara-menghentikan-keinginan-selingkuh

Aku Tobat, Ada Gak Sih Cara Menghentikan Keinginan Selingkuh?

Hubungan kadang tak selamanya akan berjalan mulus, banyak kasus hubungan retak disebabkan oleh perselingkuhan. Ada gak sih cara menghentikan keinginan selingkuh?

Berdasarkan data, banyak pria berselingkuh disebabkan karena godaan dari wanita yang lebih cantik dan seksi daripada pasangannya. Sementara wanita, kebanyakan berselingkuh dari pasangannya karena adanya godaan dari pria yang lebih mapan secara ekonomi. 

Baca juga: Karma, karena selingkuh anakku meninggal dunia

Sejumlah ahli psikologi menyebut bahwa selingkuh adalah perilaku yang rumit karena dipengaruhi oleh banyak alasan. 

Penelitian telah mengkonfirmasi bahwa selingkuh juga terjadi akibat faktor genetika. Dikutip dari ABCNews, pada dasarnya manusia lahir dengan membawa gen selingkuh. Tapi tidak berarti setiap manusia akan berselingkuh. Karena yang mempengaruhi orang berselingkuh berdasarkan dari varian dan ukuran gen tersebut. 

Gen selingkuh juga tidak bisa bekerja sendiri untuk mendorong perilaku selingkuh. Gen ini baru akan bekerja efektif bila adanya pengaruh lain seperti pergaulan, ekonomi, dan psikis. 

Dari penjelasan di atas selingkuh bisa dikatakan sebagai penyakit, karena termasuk pada masalah psikologis. Apalagi, selingkuh juga bisa berulang dan membuat pelakunya seperti kecanduan. 

Baca juga: Alasan wanita menjadi pelakor dan berselingkuh dengan pria beristri

Kecanduan selingkuh pun cukup sulit diobati sehingga membutuhkan bantuan ahli untuk bisa sembuh. 

Selain pengaruh gen, pelaku perselingkuhan juga memiliki gangguan kepribadian yang tidak disadari. 

1 Gangguan Kepribadian Narsistik 

Orang dengan kepribadian narsistik selalu merasa ada yang kurang dengan pasangannya. Mereka juga membutuhkan perhatian lebih dari orang lain. Mereka suka memanfaatkan orang lain dan cenderung tidak memikirkan perasaan orang lain. 

2. Gangguan Kepribadian Ambang

Orang dengan gangguan kepribadian ini cenderung tidak stabil dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Sewaktu-waktu bisa meninggalkan pasangan karena sebuah imajinasi. Orang dengan gangguan ini cenderung memiliki masalah dengan mood. Bisa sedih dan marah dalam hitungan jam. Sehingga memiliki masalah komitmen. 

3. Gangguan Kepribadian Histrionik

Orang dengan gangguan ini selalu mementingkan diri sendiri, dramatis dan senang menjadi pusat perhatian orang. Mereka juga kerap menggoda orang lain secara seksual, karena umumnya selalu berpenampilan menarik. 

Baca juga: Beda selingkuh antara pria dan wanita, jangan kaget yah

Lantas adakah cara untuk menghentikan keinginan selingkuh?

Psikologis klinis Jay Kent-Ferraro mengatakan bahwa untuk menghentikan keinginan selingkuh, pelakunya harus tahu faktor apa saja yang membuat dirinya berselingkuh. 

Misal selingkuh terjadi akibat marah dengan pasangan, bisa diselesaikan dengan menyelesaikan masalah lewat komunikasi yang baik. Sehingga kedekatan emosional bisa kembali terjalin dengan pasangan dan hasrat berselingkuh bisa pudar. 

Namun demikian berbicara dengan pasangan bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika harus mengakui telah melakukan perselingkuhan. Untuk itu, pelaku selingkuh sebetulnya membutuhkan konseling psikologis dengan terapis.

Baca juga: Penyebab utama selingkuh

Cara ini sangat baik untuk menganalisis pola pikir pelaku perselingkuhan sehingga dapat diketahui cara untuk menghindarkan diri dari perselingkuhan. 

Tanpa bantuan profesional sebetulnya sangat sulit untuk pelaku perselingkuhan untuk bisa sembuh dah berubah. Karena itu, cara ini sangat efektif untuk bisa pulih dari kecanduan perselingkuhan. 

Yang jelas untuk dapat terhindar dari perselingkuhan, pasangan harus bisa menjaga komitmen dan membangun komunikasi yang baik. Selain itu kompromi, saling menghargai dan menjadikan pasangan sebagai partner hidup adalah hal yang penting untuk terhindar dari perselingkuhan.   

Selingkuh juga cukup sulit disembuhkan. Bahkan pelakunya cenderung melakukan berkali-kali perselingkuhan yang disebabkan oleh kecanduan. Karena itu, semoga kita dijauhkan dari perilaku seperti ini untuk bisa hidup tentram bersama pasangan.

About the author
Selingkuh selingkuh

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.