Bagaimana Perasaan Laki-Laki Setelah Putus Cinta? Begini Penjelasannya

Ardy Pratama

Dibalik semua label yang melekat pada sosok pria, baik terkenal tangguh, kuat, gampang move on dan lain-lain, sebenarnya hal itu belum tentu terjadi ketika pria merasa patah hati. Menurut banyak teori, justru pria yang mengalami putus hubungan akan mengalami kegalauan lebih parah dibandingkan perempuan. Ada sebuah studi yang menyatakan bahwa perasaan laki-laki setelah putus cinta akan memicunya terkena dampak-dampak berikut ini. 

Baca Juga:

5 Tips Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Inilah Tips Membuat Pria Jatuh Cinta dengan Mudah

1. Gaya Hidupnya Menjadi Berantakan

Saat berada dalam satu hubungan, pasangan perempuan memang seringkali memberikan motivasi bagi pasangannya untuk mau menjalani hidup sehat. Perempuan akan meminta laki-laki untuk mulai membiasakan diri tidak merokok, berhenti minum alkohol, mulai rutin berolahraga, dan mendorong kebiasaan baik lainnya. Namun, ketika keduanya mengalami putus cinta, maka pengaruh positif tersebut akan perlahan menghilang. 

Apa konsekuensi yang terjadi? Seorang pria akan terjebak kembali dengan gaya hidup yang tidak sehat. Kebiasaan meminum alkohol dan menghisap rokok akan mulai dilakukan lagi saat mereka sudah mulai galau dan merasa kesepian. Rasa kehilangan yang mendalam akan membuatnya semakin merasa terpuruk dan kurang peduli dengan kehidupannya sendiri. 

2. Perasaan Laki-Laki Setelah Putus Cinta Lebih Rentan Depresi

Menghadapi segala hal yang memicu stres akan membuat pria ingin menceritakan keluh kesah kepada pasangannya. Pria ingin berbagi cerita apa saja untuk bisa menenangkan perasaannya, sehingga rasa khawatir, bingung, penat perlahan mulai hilang. Namun berbeda halnya ketika pria merasa menjomblo, maka tidak ada lagi tempat untuk berbagi cerita setiap kali merasa stres dan bingung. Hal inilah yang memicu laki-laki putus cinta rentan mengalami depresi. 

3. Merasa Memiliki Koneksi yang Terbatas

Alasan lain yang menyebabkan pria merasa down saat patah hati yaitu karena tidak memiliki koneksi yang lebih luas dibandingkan perempuan. Bukan berarti pria tidak memiliki teman ataupun keluarga, namun kedekatannya dengan orang-orang selain pasangan tidak terlalu signifikan dan mendalam. Coba bandingkan dengan perempuan yang terkadang masih memiliki circle pertemanan luas, mulai dari teman curhat, sepupu, teman akrab, dan teman bermain.

4. Laki-Laki Memang Identik Selalu Membutuhkan Pasangan

Pasti sudah bukan hal baru lagi, ketika di lingkungan sekitar ada pasangan suami istri yang bercerai, namun pria akan lebih cepat mendapatkan pasangan baru. Alasannya, pria memang tidak bisa 100% mengurus dirinya sendiri dan membutuhkan kepedulian dari seorang pasangan. Berbeda halnya dengan perempuan mandiri, karena disaat sendiri justru akan lebih banyak memiliki waktu luang dan tingkat ketergantungan dengan laki-laki tidak tinggi.  

5. Merasa Strategi Bertahan Sudah Berbeda

Perasaan laki-laki setelah putus cinta yaitu akan merasa strategi bertahan mulai berbeda. Laki-laki akan mudah marah dan terjebak dalam hal-hal destruktif. Sedangkan perempuan yang merasa patah hati akan mencari strategi lain untuk bisa bertahan dengan cara bergabung dalam interaksi sosial lebih luas lagi.

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)....
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik yang Terlalu Idealis
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik Yang Terlalu Idealis
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat atau menenangkan, maka Moms harus bersyukur....
More from BDC
Putus cinta jadi masa-masa yang sulit dijalani, berikut ini ada...
Perihal putus cinta bagi sebagian orang bukanlah hal yang sepele,...
Menjalin hubungan kekasih tidak hanya semata-mata mencari kesenangan, beberapa orang...
Apa yang harus dilakukan ketika putus tapi masih cinta? Simak...
Kata mutiara putus cinta sering digunakan orang untuk menggambarkan perasaanya...