Komitmen: Kunci Sebuah Hubungan Bertahan Lama

Komitmen: Kunci Sebuah Hubungan Bertahan Lama

“Putus lagi, putus lagi..” 

Sudah sering mencoba menjalin hubungan tapi tidak pernah bertahan lama? 

Coba yuk ditengok, apakah ada komitmen di dalam hubungan kalian atau hanya sekedar jadi tempat singgah? 

Baca juga: Dijamin Hubunganmu Bakal Lebih Mesra Setelah Memahami 5 Jenis Love Languages Ini

Teori cinta yang dikemukakan oleh Dr. Stenberg, seorang psikolog Amerika, menyebutkan bahwa sebuah hubungan tidak hanya dilandasi oleh cinta tapi juga ada keintiman, gairah, dan komitmen. Keintiman membuat sepasang kekasih merasa terhubung, gairah mengarah pada ketertarikan fisik, romansa dan kebutuhan seksual serta komitmen mendasari keinginan untuk terus bersama dan mencapai sebuah tujuan bersama-sama. Tiga aspek ini saling berkaitan satu sama lain, tapi komitmen menjadi aspek penting ketika seseorang menginginkan hubungan mereka bertahan lama. 

Bahwa setiap manusia akan terus berubah dan berkembang, itu sudah pasti. Pun, tak bisa dipungkiri kalau perubahan ini akan berpengaruh terhadap hubungan yang dijalin oleh sepasang kekasih. Hubungan nggak akan sama ketika baru saja jadian dan 2 tahun berikutnya. Inez Kristanti, seorang psikolog klinis asal Indonesia, mengatakan bahwa komitmen akan menjaga hubungan sehingga dapat bertahan lama karena akan membuat sepasang kekasih secara sadar dapat menjalani dan memperbaiki hubungan bersama-sama saat diterpa sebuah masalah. 

Seseorang dapat memilih untuk menaruh komitmen dalam sebuah hubungan asmara yang mereka jalani. Ketika sudah memutuskan bahwa mereka berkomitmen dalam menjalin hubungan, perilaku-perilaku ini akan muncul sebagai tanda mereka sudah siap berada dalam hubungan yang serius dan memiliki tujuan yang jelas. 

  1. Tidak menyembunyikan hubungan 

Hal paling mendasar ketika sudah mantap untuk berkomitmen adalah tidak menyembunyikan hubungan dari teman dan keluarga. Mengenalkan kepada teman-teman dan keluarga membuat mereka mengerti. Mengunggah sesekali foto berdua juga patut dipertimbangkan agar teman-teman dan keluarga mengetahui bahwa hubungan ini baik-baik saja serta dapat mengurangi kemungkinan pasangan untuk mendua. 

  1. Menjalin komunikasi yang lebih intens 

Berada dalam hubungan yang lebih serius, sepasang kekasih akan meluangkan waktunya lebih banyak untuk mengobrol dan berbagi kisah dan keluh kesah. Tidak akan ada yang ditutupi antara satu sama lain. Mereka bisa mengkomunikasikan hal-hal yang akan terjadi di masa depan dalam hubungan mereka. Komunikasi yang intens juga membuat mereka untuk lebih terbuka akan semua hal yang mereka alami. 

  1. Berkompromi demi hubungan 

Ketika sudah meyakini bahwa hubungan yang dijalin adalah hubungan yang serius, masing-masing pasangan akan berusaha untuk meredam rasa egoisnya. Mereka akan mengkomunikasikan sesuatu yang dirasa kurang sesuai dan mencari jalan keluar demi mempertahankan hubungan tersebut. 

  1. Setia 

Meski digoda untuk melakukan hal-hal yang bisa jadi akan merusak hubungan, mereka yang sudah berkomitmen tetap akan setia. Mereka yang sudah memutuskan untuk berkomitmen akan jauh bisa mengendalikan diri. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, seseorang yang sudah berkomitmen juga akan selalu mengkomunikasikan segala sesuatu yang terjadi dalam hubungan tersebut. Bahkan jika hal itu bisa jadi akan membuat pasangan sedih atau hubungan agak renggang, tapi mereka akan memilih untuk mengkomunikasikannya langsung daripada mengkhianati di belakang.

Baca juga: Alasan Seseorang Bisa Memutuskan untuk Mengakhiri Hubungan

Menjalin hubungan yang melibatkan komitmen memang cukup challenging, apalagi jika salah satu pasangan memang belum siap. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk berkomitmen dengan pasanganmu, pastikan kalian udah ngobrol soal hal ini terlebih dahulu, ya.  

Hilangkan kesedihan kamu dengan fitur terapi menulis BDC yuk. Terapi menulis sudah terbukti efektif untuk bisa mengurai kesedihan, stres, depresi atau bahkan trauma. Kamu bisa menuliskan apapun. Menulis isi hati kamu, membuat diary, jurnal harian, cerita pendek ataupun novel. Langsung daftar terapi menulis di link ini yah, gratis lho. 

Daftar Terapi Menulis.  

About the author
Hubungan hubungan cinta tips cinta

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.