Penyebab-istri-minta-cerai-dari-suami

Penyebab Istri Minta Cerai dari Suami

Setiap rumah tangga pasti memiliki masalah, kadang masalahnya sangat rumit, sehingga istri minta cerai. Dilansir dari Psychology Today, Gad Saad, ilmuwan dari John Molson School of Business Kanada mengungkap sebanyak 68,9 persen kasus perceraian diajukan oleh pihak istri. 

Wah cukup banyak yah. Apa sebetulnya yang membuat istri minta cerai? Belajardrcinta akan mengulas hal tersebut pada penjelasan di bawah ini. 

Baca juga: Penyebab perceraian, dampak dan cara mencegahnya

Masalah yang tidak terselesaikan

Masalah kecil yang berulang dan tidak terselesaikan bisa membuat hubungan rumah tangga berada di ujung tanduk. 

Sasalah sepele yang kerap berujung pada perceraian seperti suami yang jarang di rumah karena sibuk kerja. Atau suami yang tidak pernah terlibat dalam mengurus anak dan rumah tangga. 

Masalah finansial, suami yang terjerat masalah hukum, dan perbedaan prinsip dalam mengurus anak juga kerap menyebabkan perceraian. 

Merasa tidak adil

Studi Journal of Family Issues, suami yang jarang melakukan pekerjaan rumah tangga membuat istri merasa diperlakukan secara tidak adil. Istri merasa pekerjaan seperti mengurus rumah dan merawat anak adalah pekerjaan yang harus diemban berdua. 

Perceraian juga bisa terjadi karena anggapan wanita yang merasa tidak didukung oleh suaminya. Seperti tidak boleh bekerja dan harus mengurus rumah tangga. 

Hal ini menyebabkan tekanan batin kepada wanita. Terlebih jika wanita tersebut adalah wanita pekerja dan sudah mapan sebelum menikah. 

Kekerasan dalam rumah tangga

Michael Rosenfeld, dosen sosiologi Stanford University menyebut bahwa kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) merupakan salah satu pemicu istri menggugat cerai. 

KDRT bisa dilakukan secara verbal atau dengan kata-kata, psikologis emosional seperti suami yang bertindak manipulatif, dan kekerasan seperti kekerasan, memukul istri dan seksual perkosaan dalam pernikahan.    

Tidak cuma itu, menurut Rosenfeld, tindakan dan perlakuan dari keluarga suami juga dapat membuat wanita meminta cerai dari suaminya. Wanita bisa mengaggap bahwa tindakan keluarga suami sebagai teror terhadap dirinya. 

Baca juga: Perceraian dampak dari pernikahan dini

Cara mencegah perceraian

Wanita harus sangat mempertimbangkan sebelum meminta cerai dari suaminya. Sebab,  harus dipikirkan pula bagaimana psikologi dan mental anak (bila sudah memiliki anak). 

Dilansir dari Psychology Today, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah perceraian, walaupun sebetulnya hal tersebut tidak mudah, yaitu: 

1. Memperbaiki komunikasi antara pasangan, saling berbicara dan mendengarkan keluh kesah satu sama lain. 

2. Memperbaiki kompromi, rasa egois dan tidak bertindak saling menyalahkan atas sebuah masalah. 

3. Belajar memaafkan dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan pasangan atau diri sendiri. 

4. Menenangkan diri untuk dapat berpikir lebih jauh tentang keputusan yang akan diambil

Baca juga: Apakah pernikahan bisa lanjut dan bahagia setelah berselingkuh?

Nah itulah berbagai alasan istri minta cerai. Semoga dengan mengetahui penyebab alasan istri minta cerai, pasangan yang saat ini sedang berkonflik dapat sadar diri dan memperbaiki hubungan.   

About the author
Cerai Perceraian

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.