5 Bahasa Cinta: Bikin Hubungan Lebih Erat

5 Bahasa Cinta: Bikin Hubungan Lebih Erat

Tahukah kamu bahwa ada lima bahasa cinta yang berbeda? Masing-masing unik dan penting. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi apa yang dibutuhkan masing-masing untuk membantu kamu memiliki hubungan yang lebih baik dengan pasangan.

5 bahasa cinta akan membantu kamu memiliki hubungan yang lebih baik dengan pasangan. Ketika berbicara tentang hubungan cinta, setiap orang memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda untuk apa yang mereka inginkan dari pasangannya. 

Kamu dapat menguji ini dengan bertanya pada diri sendiri: berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk hal-hal seperti memberi mereka hadiah atau memberi tahu mereka bahwa mereka dicintai - apakah tindakan kecil membuat hati kamu meleleh? Atau apakah gagasan untuk bersama lebih penting daripada apa pun?

5 Bahasa Cinta dirancang oleh Gary Chapman, dan menurutnya, masing banyak orang yang tidak tahu bahasa cinta mereka sendiri. Ini bisa berakibat ketidak puasan dalam hubungan, baik itu dari diri kamu sendiri, maupun dari pasangan.

Kamu dan pasangan berada di dua gelombang yang berbeda dalam hal mengekspresikan kasih sayang. Analoginya, bayangkan saja kalau kamu yang berbahasa Indonesia, harus ngobrol dengan seseorang yang berbahasa Thailand. Bisa terjadi salah paham, salah persepsi, dan hal lain yang membuat frustasi. 

Pernahkah kamu merasa tidak dicintai oleh pasangan? Atau malah kamu merasa sudah memberikan cinta kamu kepada pasangan, tapi dia masih saja merasa tidak kamu cintai? Memahami 5 Bahasa Cinta akan membantu kamu lebih dekat sebagai pasangan, dan hopefully menjalani hubungan yang lebih memuaskan.

Berikut ini lima kategori utama bahasa cinta:

Words of Affirmation / Kata-kata dan pujian


Orang dengan bahasa cinta ini membutuhkan kata-kata untuk merasa dicintai. 

Yang diperlukan oleh tipe bahasa ini: Kalimat seperti “aku mencintaimu” atau “aku menghargai kamu” diperlukan untuk dapat membuat orang ini merasakan cinta yang kamu berikan. Begitu juga sebaliknya, kalau kamu membutuhkan ucapan dan kata-kata dari pasangan, berarti ini adalah bahasa cinta kamu 

Quality time/ Waktu berkualitas  

Tipe orang dengan bahasa ini membutuhkan perhatian seutuhnya ketika bersama. 

Yang diperlukan oleh tipe bahasa ini: menghabiskan waktu bersama secara berkualitas. Fokuskan perhatian kepada pasangan saat menghabiskan waktu bersama. Jangan sibuk scrolling handphone atau malah sibuk dengan urusan kerjaan. 

Act of service/ Tindakan pelayanan

Orang dengan bahasa cinta ini membutuhkan tindakan nyata.

Yang diperlukan oleh tipe bahasa ini: dibantu oleh pasangan melalui tindakan nyata. Misalnya diantar pasangan berbelanja, dibuatkan makanan ketika pasangan sedang sibuk bekerja.

Gifts giving/ memberi hadiah

Orang dengan bahasa cinta ini merasa dicintai ketika pasangannya memberikan sesuatu.

Yang diperlukan oleh tipe bahasa ini: pasangan membawakan oleh-oleh ketika pulang dari luar kota, memberikan hadiah sentimentil di hari ulang tahun. Hadiah tidak selalu harus mahal, tetapi nilai sentimentilnya lebih bermakna bagi tipe ini, dan menjadi bahasa cinta yang penting. 

Physical touch/ sentuhan fisik

Orang dengan bahasa cinta ini merasa dicintai melalui adanya sentuhan dari pasangannya

Yang diperlukan oleh tipe bahasa ini: pasangan yang memberikan sentuhan fisik seperti pelukan, atau bahkan hal sederhana seperti menggosok punggung atau memegang tangannya. 

Bukan tidak mungkin, kamu punya lebih dari satu bahasa cinta. Umumnya, kamu punya setidaknya dua bahasa cinta yang dominan dan terpenting. 

Pasangan perlu saling memahami bahasa cinta satu sama lain dan mengkomunikasikannya agar dapat memenuhi kebutuhan masing-masing. Ingatlah komunikasi adalah kuncinya, jadi cari tahu apa yang paling berhasil terlebih dahulu sebelum mengubah sesuatu terlalu drastis.

About the author
It's me
Psikologi Hubungan

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.