Seperti Apa Tanda Jatuh Cinta?

Seperti Apa Tanda Jatuh Cinta?

Tanda jatuh cinta seperti apa sih?  Hmmm, tahukah kamu banyak orang yang belum menyadari sepenuhnya kalau dia sedang jatuh cinta. Soalnya, tanda jatuh cinta itu kadang memang tidak terasa dan samar.

Tak terasa kedekatan kamu dengan seseorang, membuat kamu semakin nyaman dengan dia. Komunikasi jadi semakin lebih intens, semakin lama durasi chat dan teleponan, dan semakin terbuka, bisa ngobrolin apa aja dengan dia.

Lalu munculah perasaan dalam hati, apa benar ini tanda jatuh cinta? Apa benar ini rasanya jatuh cinta? Senang sih. Tapi di samping perasaan itu juga muncul rasa ragu. Ah, kayaknya baru sebentar deh kenal sama dia, belum lama jalan sama dia, masak iyah udah jatuh cinta.

Kamu pun ragu, bingung akan kenyataan beneran cinta atau justru euforia semata.

Nah biar kamu gak bingung lagi, BDC mau kasih kamu tanda jatuh cinta, biar kamu gak lagi bingung, apakah yang kamu rasakan saat ini adalah benar tanda jatuh cinta atau kesenangan sesaat.

Dikutip dari Psychology today, inilah tanda jatuh cinta yang sesungguhnya buat kamu sekarang lagi bingung dengan perasaan kamu sendiri saat ini.

(Baca Juga: Tips Katakan Cinta yang Ampuh)

Melakukan Hal yang Dia Suka

Melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya adalah hal yang sebetulnya sukar untuk dilakukan. Misal kamu yang sama sekali gak suka untuk lari, tiba tiba jadi melakukan kegiatan tersebut cuma untuk bisa bersama dia. Atau kamu yang sama sekali gak suka baca, tiba tiba jadi rajin baca dan pergi ke toko buku. 

Secara gak sadar kamu melakukan itu biar menarik perhatian dia, dan untuk menyamakan level dengan dia saat menjalin komunikasi. So, saat bicara sama dia, kamu tahu hal apa yang membuatnya semangat dan asyik saat ngobrol.

Jadi Lebih Sering Cemas

Ayo coba jujur dengan diri sendiri, apakah belakangan ini kamu jadi lebih sering cemas dan gelisah? Cemas dan gelisah di sini bukan karena kamu lagi sakit yah. Tapi karena meningkatnya hormon stres yang merupakan respon normal tanda jatuh cinta. Gampangnya gini. Saat kamu gak ngeliat atau ketemu dia sehari, atau belum mendapat kabar dari dia, kamu langsung stres.

"Dia lagi apa yah? Lagi ngapain yah? Chat duluan gak yah? Kok dia belum ngechat sih jam segini?"

Hal ini juga bisa terjadi saat kamu mau ketemuan sama dia. Kamu akan berpenampilan semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian dia. Pakai baju apa yah? Oke gak yah kalau pakai baju ini? Ajak jalan ke mana yah, dia suka gak yah jalan ke sana? Duh bikin stres!!!

Yup, hal di atas adalah tanda jatuh cinta. So, jangan stres yah kalau mengalami hal ini. Bikin rileks tubuh agar kamu gak salah tingkah.

Pengen Terus Dekat dengan Dia

Dimulai dari chat berlanjut teleponan yang semakin intens rasanya kok jadi pengen terus ngobrol dan ketemu dia yah. Hihihi. Yup betul ini adalah jelas tanda jatuh cinta. Jangan bohongin diri sendiri yah.

Penyebabnya adalah munculnya motivasi dalam diri kamu yang selalu membuat kamu ingin berhubungan dengan dia. So, kamu jadi ingin terus chat, teleponan bahkan ketemuan terus sama dia. Bahkan saat PSBB aja kamu bela belain, misal, nyamperin rumahnya cuma untuk bisa ngeliat dia dari jarak jauh. Kamu udah happy banget.

Pupil Mata Membesar

Mungkin kamu belum yakin dengan perasaan kamu, apakah ini tanda jatuh cinta atau bukan. Tapi, kamu tidak bisa membohongi fungsi tubuh kamu. Salah satu tanda jatuh cinta ditandai dengan membesarnya pupil mata. Secara gak sadar, mata kamu akan terbuka lebar saat melihat atau bertemu dengan dia.

Psikolog Dr Susan Marchant-Haycox bilang pupil mata yang membesar adalah salah satu tanda adanya ketertarikan terhadap seseorang. Bisa juga karena sedang jatuh cinta. Dan pupil mata yang membesar tidak bisa dikendalikan. Sehingga tanda ketertarikan dengan melihat pupil mata akan sangat jelas.

(Baca Juga: Tips Ketika Cinta Ditolak)

Cara Ngomong Kamu Berbeda

(Cara ngomong berbeda adalah tanda jatuh cinta. Foto Pixabay)

Ini juga salah satu tanda jatuh cinta lho. Buat kamu yang petakilan, atau yang bersuara cempreng, secara tidak sadar kamu akan menurunkan nada bicara kamu bahkan mengubah cara bicara kamu saat kamu berbicara sama dia. Hal itu dilakukan tanpa disadari untuk bisa terlihat lebih menarik di hadapan dia.

Meski menurunkan nada suara, kamu justru berbicara lebih banyak dari biasanya. Dengan berbicara kamu ingin mengetahui lebih dalam karakternya dan ingin membuat dia tahu seperti apa karaktermu.

Tapi hal ini juga ada risikonya. Akan sangat fatal buat kamu kalau ternyata dia tidak suka dengan topik yang kamu bicarakan. Atau saat kamu mencoba mengeluarkan jokes, hal tersebut tidak lucu dan malah membuat membosankan bahkan ilfeel.

Apa yang terjadi pada tubuh saat jatuh cinta? 

Jatuh cinta ternyata juga membawa dampak positif bagi tubuh manusia. 

Tekanan darah turun

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan Departemen kesehatan Amerika Serikat menyatakan bahwa jatuh cinta juga dapat menurunkan tekanan darah.  Bahkan jatuh cinta yang terbawa hingga ke pernikahan membuat pasangan yang menikah memiliki tekanan darah dan risiko penyakit kardiovaskular yang rendah. 

Level stres menurun  

Meskipun di awal menimbulkan stres, seperti takut ditolak dan ketidakpastian, namun pada jangka panjang jatuh cinta menimbulkan efek sebaliknya. Berdasarkan penelitian yang dipublikasin Neuroendocrinology Letters, jatuh cinta dapat membuat manusia lebih akrab dengan pasangannya. Hal ini dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan. 

Merasa aman

Laporan Harvard Medical School, hormon oksitosin atau yang kerap disebut hormon cinta dapat memperdalam ikatan dengan pasangan. Hal ini akibat kegiatan memeluk, mencium dan seks. Sehingga menimbulkan rasa aman, tenang dan kepuasan. 

Lebih bahagia 

Jatuh cinta juga dapat mengontrol kesenangan di otak, sehingga membuat pasangan menjadi bahagia. 

Yang akan dilakukan orang jatuh cinta

Orang yang sedang jatuh cinta secara tidak sadar melakukan sesuatu yang sama dengan calon pasangannya. Ya, itu adalah tanda jatuh cinta yang secara tidak sadar dirasakan. 

1. Menggunakan sesuatu yang disukai gebetan

Saat sedang jatuh cinta, seseorang akan mencari tahu berbagai hal yang disukai gebetannya. Apa kesukaannya, barang favorit, hingga warna favorit. Dan tanpa sadar kamu menggunakan berbagai hal yang terkait dengan gebetan, seperti warna favoritnya.  

2. Sering ada di tempat yang sama 

Saat sedang jatuh cinta kamu ingin selalu berada di dekatnya, sehingga kamu mencari tahu di mana sih tempat favoritnya. Dan untuk menarik perhatian dia, kamu pun mulai sering mengunjungi tempat tersebut. 

3. Berteman dengan sahabatnya

Sahabat adalah orang yang sangat dipercaya. Dan cukup sering omongan sahabat selalu kita turuti. Karena itulah, kamu mulai mendekati sahabat gebetan kamu, untuk berteman dan mengenal lebih jauh tentang gebetan kamu. Tidak cuma itu, kamu juga akan bersikap baik, menyenangkan, berharap agar sahabat gebetan merekomendasikan atau membicarakan tentang kamu. 

4. Jadi sering ikut kegiatan kelompok 

Kamu yang selama ini cuek, malas untuk berkegiatan berubah menjadi orang yang aktif. Kamu yang malas olahraga jadi rajin ikut klub berlari, bersepeda atau olahraga lainnya, karena gebetan kamu menyukai kegiatan-kegiatan tersebut. Kamu melakukan itu untuk bisa bersama dia dan berharap menarik perhatian dia.

Itulah tanda jatuh cinta. Beberapa dari kamu ada yang merasakan atau mungkin juga tidak merasakan. Jadi kalau kamu merasakan tanda-tanda seperti di atas, sudah jelas kalau kamu sedang jatuh cinta dengen seseorang.  

About the author
It's me
Jatuh Cinta jatuh cinta tanda jatuh cinta

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.