6 Tips Mengenalkan Pacar Ke Orang Tua Anti Canggung

6 Tips Mengenalkan Pacar ke Orang Tua Anti Canggung

Bisa jadi di momen Ramadhan sampai lebaran kali ini, kamu udah dijejali pertanyaan seperti, “mana nih calonmu?” dari orang tua atau anggota keluarga terdekat. Kalau memang kamu dan pasangan sudah cukup serius dalam menjalin asmara, manfaatkan momen ini untuk mengenalkan si doi ke orang tuamu. 

Baca juga: Pacaran Beda Agama, Perlukah Dipertahankan?

Takut canggung? well, ini lumrah kok apalagi buat mereka yang baru pertama kali melakukannya. Bingung mau mulai dari mana? Yuk simak 6 tips berikut. 

Lakukan tips ini biar momen ngenalin si dia nggak jadi awkward

  1. Berikan “intro” pada orang tua juga pacar 

Biar nggak kaget dan kikuk, sebelum benar-benar datang untuk bertemu satu sama lain, baiknya kamu berikan informasi pada orang tua dan pacarmu. Kamu bisa menjelaskan beberapa informasi tentang latar belakang pacarmu agar orang tuamu mengerti sedikit tentang dia. Begitu pula sebaliknya, kamu bisa cerita tentang orang tuamu pada pacarmu. Contohnya, hobi ibu atau ayahmu yang mungkin sejalan dengan kesenangan doi. Informasi kecil seperti ini bisa mereka gunakan untuk memulai pembicaraan. 

  1. Pilih waktu yang tepat 

Momen Ramadhan hingga lebaran salah satu contoh waktu yang tepat untuk mengajak pacar bertemu dengan orang tua. Ambil hari-hari saat orang tua dan pacar tidak sibuk. Hal ini membuat mereka lebih rileks dan tidak tergesa-gesa untuk mengejar pekerjaan atau pertemuan selanjutnya. Selain itu, kamu juga perlu melihat mood baik orang tua maupun pacar untuk menjaga suasana tetap santai namun bermakna.

  1. Pandu percakapan mereka 

Yes, disini tugasmu sebagai seseorang yang paling mengerti dua belah pihak adalah memandu percakapan mereka. Kamu bisa mengawali percakapan dengan memperkenalkan orang tua pada pacar dan sebaliknya. Kamu perlu ngelead percakapan mereka karena pacarmu pasti gugup dan berusaha keras mengesankan orang tuamu juga orang tuamu yang mungkin punya sederet pertanyaan yang ingin ditanyakan. Kamu boleh kok untuk mengalihkan pembicaraan ketika obrolan mulai berjalan seperti “wawancara.” Kamu bisa alihkan dengan topik yang ringan atau yang relate antar pacar dan orang tua. Buat pertemuan pertama ini santai namun tetap berkesan. 

  1. Buat durasi pertemuan yang singkat

Momen buka puasa bareng di sebuah rumah makan bisa kamu jadikan salah satu alternatif untuk menjadi media mempertemukan orang tua dan pacar kamu. Durasi pertemuan yang cukup singkat bisa menghindari banyak kesalahan terjadi. Pertemuan dengan durasi yang lama bisa membuat momen canggung semakin banyak. Nggak masalah kok untuk membuat pertemuan singkat terlebih dahulu demi membuat kesan pertama yang menarik. Kalau mereka sudah nyaman, dengan sendiri, akan ada pertemuan selanjutnya yang makin intens. 

  1. Hindari PDA 

Kamu perlu untuk memperlihatkan kalau kalian saling peduli dan menyayangi. Tunjukkan small detail yang membuat orang tua percaya bahwa ada cinta di antara kalian. Contohnya, kamu bisa mengambilkan makanan dan mempersilahkan makan atau tindakan kecil lainnya. Namun ingat, jangan pernah bermesraan di depan orang tua karena akan membuat pertemuan semakin canggung. 

  1. Tanyakan pendapat orang tua 

Setelah pertemuan selesai dan berjalan lancar, kamu bisa loh menanyakan pendapat orang tua mengenai doi. Hal ini bisa membuat mereka merasa dihargai dan juga menunjukkan keseriusanmu dalam hubungan. Kamu juga bisa memberikan penjelasan tambahan dari pertanyaan orang tuamu yang masih mengganjal. Pastikan kamu menjawab dengan jujur dan terbuka agar mereka puas dan tenang juga membuatnya percaya bahwa kalian serius dalam hubungan ini. 

Baca juga: Stop Insecure dengan Mantan Sang Pacar

Yes, itu lah 6 tips yang perlu kamu jadikan acuan sebelum mengajak pacar bertemu dengan orang tua. Dijamin anti awkward jadi nggak perlu panik, ya! 

Belajardaricinta.id bertujuan untuk menjadi tempat untuk curhat, berbagi tulisan dan kisah yang membangun, dan memberikan perspektif baru bagi pembacanya, sehingga diharapkan bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Kami percaya bahwa curhat dapat memberikan rasa tenang, tidak sendirian dan mencegah membuat kondisi menjadi lebih buruk. 

Yuk ikut berbagi ceritamu di sini dengan mendaftar di Writing Therapy.

About the author
cinta tips cinta

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.