7 Dating Advice yang Sebenarnya Toxic dan Perlu Kamu Pahami Kembali

Ardy Pratama

Kamu masih single? Atau sedang dalam hubungan komitmen dengan kekasih hatimu? Pernah dong dapat dating advice? Entah nggak ada hujan nggak ada angin, mereka memberikan nasihat atau saat kamu lagi ‘sambat’ tentang masalah percintaan. 

Baca juga Terjebak dalam Toxic Relationship? Ini 5 Langkah yang Bisa Kamu Ikuti Untuk Mengakhirinya

Well, bisa jadi kamu pernah dapat 7 nasihat seperti di bawah ini. Eits, kamu tahu nggak sih kalau advices ini malah cenderung toxic? Yuk pahami kembali 7 dating advice yang ternyata toxic buat hubunganmu.

Cenderung toxic, refleksikan kembali sebelum mengambil nasihat-nasihat percintaan ini

  1. Tunggu aja, nanti juga bakal ketemu kok

Tidak semudah itu, darling. Semua itu ada usahanya. Contoh kecilnya saja ketika kamu lapar, apakah kamu hanya menanti makanan datang? Tentu tidak, kan?  Setidaknya ada usaha untuk memesan dan beli makanan atau memasak. Nasihat seperti ini jatuhnya malah toxic, bukannya menyemangati tapi malah terkesan putus asa. 

  1. Cintai apa adanya

Seperti lagu Tulus yang berjudul Jangan Cintai Aku Apa Adanya, kamu perlu meminta dia untuk menjadi lebih baik. Ketika kamu dan dia sadar memiliki sesuatu yang bisa dibenahi demi kebaikan bersama, tidak ada salahnya untuk dicoba. 

Di sisi lain, kamu juga punya hak untuk tidak memilih bersamanya jika ternyata ada hal-hal yang dianggap ‘red flag.’ Sebagai contoh, kamu tidak perlu menyesal untuk menolak orang-orang yang alcoholic yang selalu membuatmu merasa gusar atau mereka yang abusif. Jangan cintai mereka apa adanya karena kamu lebih berharga. 

  1. Cintai diri sendiri terlebih dahulu sebelum mencintai orang lain

Mengejutkan, kan? Yup, ternyata ini hanya taktik yang sebenarnya sedikit kurang tepat. Dengan adanya hubungan komitmen, sebetulnya kamu bisa mengetahui sisi dirimu. 

Kamu bisa melihat caramu marah saat dihadapkan dengan masalah juga caramu menyayangi orang lain serta caramu menghargai waktu. Dengan berada di sebuah hubungan komitmen, self-aware akan tumbuh dan dengan sendirinya kamu bisa mencintai dirimu lebih baik. 

  1. Jual mahal

Big no buat dating advice satu ini! Banyak yang mengatakan kalau kamu perlu jual mahal agar doi melakukan usaha lebih untuk mendapatkanmu. Saat kamu mulai mengabaikan chatnya di saat-saat krusial, akhirnya, dia meninggalkanmu yang membuatmu merana. Sudah nggak jaman menerapkan metode jual mahal. 

Kamu lebih baik mengkomunikasikan apa yang kamu inginkan atau harapkan dari dia dan hubungan ini. Dengan komunikasi yang terbuka, tidak ada pihak yang tersakiti. Di samping itu, dengan komunikasi yang baik, tingkat kedewasaan dan intelegensimu akan terlihat sehingga hal tersebut yang membuatmu semakin terlihat ‘mahal dan berkelas.’

  1. Mau pacaran karena kesepian?

Well, sebenarnya enggak ada yang salah dengan keputusan untuk menerima pinangan dan berada di hubungan komitmen karena ingin adanya rasa kebersamaan dan jauh dari rasa sepi. Kita harus menyadari bahwa ada sebagian orang yang bakal lebih hidup saat memiliki pasangan. Mereka juga bisa lebih teratur dalam menjalani hidup sehingga mereka menjadi lebih bersemangat. Perlu ditekankan kalau yang paling mengerti dirimu itu kamu sehingga kamu sendiri lah yang bisa menentukan yang terbaik untukmu.  

  1. Mereka yang harusnya usaha

Banyak yang bilang kalau perempuan itu harusnya menunggu dan yang usaha itu dari para laki-laki. Sayangnya, advice ini sudah tidak relevan. Tidak ada ketentuan yang berkaitan dengan gender untuk mengutarakan rasa sayang. Jika kamu tertarik pada seseorang, kamu boleh untuk mengambil langkah terlebih dahulu. Kamu bisa mengirimkan pesan bahkan mengajaknya pergi kencan. Jangan sampai kesempatanmu hilang dan berakhir berantakan. 

  1. Fokus pada satu orang

Well, selagi kamu belum benar-benar terikat dengan janji, kamu masih bisa untuk berkenalan dengan orang-orang lain. Kamu boleh berteman dengan banyak orang untuk lebih mengenal karakter seorang individu hingga kamu menemukan satu yang terbaik yang cocok denganmu. Dengan pertemanan ini, kamu bisa lihat dan mengerti tentang perasaanmu sebenarnya. Kuncinya adalah jangan terlalu mengumbar banyak janji biar nggak dianggap PHP. 

Baca juga Jenis Perilaku di Toxic Relationship yang Harus Kamu Tahu

7 nasihat ini terlihat menyejukan hati tapi ternyata menjebak. Nasihat tersebut jangan ditelan mentah-mentah tapi harus dilihat dari beberapa aspek yang tentu saja disesuaikan dengan dirimu. Dari 7 nasihat ini, mana yang sering kamu dengar?

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Curhat cinta memang bisa menjadi aktivitas yang melegakan hati dan...
Drama Korea tidak hanya bercerita tentang pria kaya yang jatuh...
tidak semua drakor balas dendam dikemas dengan menegangkan. Ada juga...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Tips Curhat Cinta agar Semakin Efektif dan Melegakan
Tips Curhat Cinta Agar Semakin Efektif Dan Melegakan
Curhat cinta memang bisa menjadi aktivitas yang melegakan hati dan membuat hati semakin tenang ketika dilanda permasalahan cinta. Namun, ada beberapa orang yang ragu untuk melakukannya....
Seru! Tonton Drakor Wanita Kaya Jatuh Cinta pada Pria Miskin
Seru! Tonton Drakor Wanita Kaya Jatuh Cinta Pada Pria Miskin
Drama Korea tidak hanya bercerita tentang pria kaya yang jatuh cinta pada wanita miskin. Ada juga wanita kaya yang...
More from BDC
Curhat cinta memang bisa menjadi aktivitas yang melegakan hati dan...
Hubungan yang awet adalah impian setiap orang untuk itu diperlukan...
ada banyak cerita sedih tentang cinta yang sangat diminati. Tema...
Mengenal berbagai genre cerita cinta dan tips menulisnya
Galau urusan cinta? Lanjut atau Putus? Berikut alasan yang dapat...