8 Hal yang Diketahui Sebelum Menjalani Hubungan Tanpa Status atau Situationship yang Lagi Populer Itu!

Ardy Pratama
8 Hal Yang Diketahui Sebelum Menjalani Hubungan Tanpa Status Atau Situationship Yang Lagi Populer Itu!

Mungkin sebagian dari kita familiar dengan istilah backstreet dan friends with benefit. Akhir-akhir ini muncul satu istilah asing dalam ranah percintaan modern ini, yaitu situationship. Apakah kamu udah sering mendengar hubungan tanpa status? Yup, istilah kuno ini kini mendapat istilah keren baru, nih. Perkembangan teknologi dengan kemunculan berbagai dating app itu turut ikut andil mempopulerkan istilah situationship. 

Baca juga Love Language si Dia Physical Touch? Ini 6 Hal yang Bisa Bikin Dia Makin Merasa Disayang

Hati-hati terjebak dalam situationship! Pahami dulu, yuk!

Nah, sebenarnya situationship itu apa, sih? Yuk, simak 8 hal berikut ini. Jangan sampai kamu terjebak dalam hubungan ini karena belum paham banget.

  1. Hubungan tanpa komitmen 

Situationship merupakan hubungan romantis layaknya sepasang kekasih yang berpacaran tapi tanpa komitmen di dalamnya. Hubungan ini juga tidak memiliki kepastian dan tujuan seperti mereka yang berpacaran. Namun di sisi lain, tidak seperti hubungan friends with benefit yang kadang hanya melibatkan ketertarikan fisik, situationship memungkinkan kedua pihak yang terlibat memiliki ketertarikan emosional.

  1. Tidak ada tuntutan dalam hubungan

Hubungan situationship yang berjalan tanpa komitmen memungkinkan kedua belah pihak untuk tidak menuntut mereka berperilaku selayaknya pasangan kekasih. Mereka yang terlibat dalam hubungan ini bisa menghindari percakapan semacam, “Malam sayang, sudah makan makan belum?” atau “kamu lagi di mana dan sama siapa?” Mereka juga tidak bisa memaksa salah satu dari dua belah pihak untuk selalu ada di sampingnya. 

  1. Berjalan dalam waktu singkat 

Tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat dua orang terlibat dalam hubungan situationship. Dari percakapan singkat melalui aplikasi kencan, dua orang dapat dengan mudah menjalin hubungan situationship. Begitu pula dengan orang-orang yang sedang bekerja atau belajar di luar kota atau di luar negeri, mereka juga dengan mudah menjalin hubungan situationship bersama seseorang yang baru dikenalnya. Hubungan ini juga berjalan dalam waktu singkat. Ketika seseorang merasa tidak sejalan atau ketika salah satu dari dua belah pihak akan kembali ke tempat asal, mereka dengan mudah memutus hubungan ini.

  1. Thanks to modern technology 

Tidak salah lagi, teknologi yang semakin berkembang membuat hubungan situationship semakin populer. Yup, salah satunya adalah dating app yang makin marak digunakan masyarakat. Mereka yang bertemu dari dating app bisa membuka diri untuk mengenal satu sama lain tanpa menuntut untuk selalu ada meski mereka juga menunjukkan ketertarikan secara emosional. 

  1. Ada kebebasan namun tetap intim

Tanpa adanya tuntutan yang berlebih juga komitmen, kamu bisa memprioritaskan dan fokus pada dirimu tanpa perlu perizinan dari pasangan. Kesempatan ini juga bisa membuatmu explore pengalaman kencan secara umum dan belajar cara berinteraksi dengan romantis. Meskipun kamu punya kebebasan yang lebih besar dibandingkan dengan menjalin hubungan romantis dengan komitmen yang serius, kamu tetap bisa menjalin momen-momen intim dengan pasangan.  

  1. Penuh kegembiraan

Hubungan situationship bertujuan untuk mencari kebahagian sehingga hubungan ini seharusnya full of fun. Tidak seperti hubungan dengan komitmen, pasangan yang terlibat dalam hubungan ini tidak punya kewajiban untuk membantu satu sama lain ketika mereka sedang kesusahan. 

  1. Jangan baper berlebih 

Kedua belah pihak yang terlibat baiknya paham betul jika mereka sedang dalam hubungan tanpa komitmen karena hubungan ini sering terasa ambigu dan membuat gelisah. Hubungan ini juga tidak menuntut pasangan untuk memiliki ekspektasi jauh ke depan. Jika sikap pasangan menunjukkan keseriusan, jangan cepat terbawa perasaan alias baper. 

  1. Bisa berubah menjadi hubungan serius 

Eits, jangan salah, seperti layaknya pepatah, tresno jalaran soko kulino, yang berarti cinta tumbuh karena terbiasa, pasangan yang terlibat dalam hubungan situationship bisa mengubah hubungan ini menjadi hubungan yang serius. Nggak salah kok, pastikan kalian mengkomunikasikan dengan baik agar hubungan lebih dari teman tapi tidak rusak karena tujuan yang sudah mulai bergeser.  

Baca juga Penyebab Bisa Sayang Sama Seseorang, Padahal Dia Nyebelin Banget

Tertarik menjalin hubungan situationship dengan doi? Pastikan kamu udah baca delapan hal di atas dan pastikan kamu dan dia sejalan ya, biar nggak runyam di belakang.

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Jatuh cinta memang berjuta rasanya. Hidup serasa penuh bunga dan...
Beberapa tahun terakhir orang-orang sudah mengenal kepribadian ekstrovert dan introvert.
Siapa yang nggak pengen punya hubungan yang sehat?
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Move On Memang Sulit, Ini 3 Alasan Terbesarnya!
Move On Memang Sulit, Ini 3 Alasan Terbesarnya!
Jatuh cinta memang berjuta rasanya. Hidup serasa penuh bunga dan selalu ceria....
5 Hal yang Bakal Terjadi Kalau si pemilik MBTI INTP dan ISTJ Pacaran!
5 Hal Yang Bakal Terjadi Kalau Si Pemilik MBTI INTP Dan ISTJ Pacaran!
Beberapa tahun terakhir orang-orang sudah mengenal kepribadian ekstrovert dan introvert....
More from BDC
Jatuh cinta memang berjuta rasanya. Hidup serasa penuh bunga dan...
Beberapa tahun terakhir orang-orang sudah mengenal kepribadian ekstrovert dan introvert.
Kamu masih single? Atau sedang dalam hubungan komitmen dengan kekasih...
Terlibat dalam sebuah project tertentu dalam jangka waktu yang tidak...
Berkembangnya media sosial memudahkan penggunanya untuk mengungkapkan isi hati.