8 Tips Biar Kamu Bisa Rebut Hati Calon Mertua Saat Lebaran Besok

8 Tips Biar Kamu Bisa Rebut Hati Calon Mertua Saat Lebaran

Persiapan lebaran sudah sampai mana, nih? Tentukan pilihan makeup natural yang awet sepanjang hari sudah. Look buat lebaran yang nyaman dan bikin kamu pede juga sudah. Bagi yang udah punya pasangan, persiapkan diri untuk bertemu dengan keluarga besar si pacar juga harus dipersiapkan, lho! Momen lebaran merupakan momen yang pas untuk bersilaturahmi, saling berkunjung menemui orang tua dari dua belah pihak untuk saling berkenalan lebih lanjut. 

Baca juga: Tanda Pria Takut Kehilangan Kamu Meski Kelihatannya Cuek

Saat kamu diajak pasangan untuk berkunjung menemui orang tuanya alias calon mertua, pasti kamu mau memberikan kesan terbaik, dong? Deg-degan sih sudah jelas, tapi kamu nggak perlu risau karena ada 8 tips yang bisa kamu praktikkan untuk merebut hati calon mertua. 

Tips yang wajib kamu lakukan biar disayang calon mertua saat silaturahmi ke rumah pacar

  1. Cari tahu tentang mereka 

Sebelum bertemu, kamu bisa lakukan sedikit research mengenai orang tua pasangan. Bukan terus kepo-kepo banget yang bikin risih, ya. Cukup tanyakan seputar hobi dan kesenangan atau topik yang sedang mereka sukai pada pasangan. Hal ini cukup penting diketahui agar kamu memiliki topik pembicaraan yang santai tapi tetap berkesan. Selain itu, dengan obrolan yang nyambung, orang tua akan merasa dekat dan akan membuat mereka lebih terbuka denganmu. 

  1. Bawakan buah tangan 

Kamu bisa membawakan buah tangan atau oleh-oleh sesuai dengan kegemaran mereka dari informasi yang kamu dapatkan dari pasangan. Jika kamu datang dari kota yang berbeda, kamu bisa bawakan oleh-oleh khas daerahmu. Kamu juga bisa lebih effort dengan membawakan makanan seperti dessert atau handycraft buatan kamu sendiri. Buah tangan yang dibikin sendiri bisa jadi akan bikin kamu jadi buah pembicaraan untuk membanggakan kamu di depan sanak saudara mereka.

  1. Gunakan pakaian yang sopan 

Gunakan pakaian yang sopan juga nyaman saat akan datang menemui calon mertua. Sesuaikan pula dengan tempat pertemuan agar tidak salah kostum. Begitu juga dengan riasan wajah bagi kalian para perempuan, sebaiknya tidak perlu terlalu berlebihan yang pasti sesuaikan dengan kebutuhan pertemuan. Bagi kalian para lelaki, berikan kesan rapi pada pakaian juga rambut. 

  1. Tunjukkan sikap ramah dan hangat 

Sikap hangat bisa kamu tunjukkan saat pertama kali bertemu. Jabat tangan mereka untuk menunjukkan sikap sopan. Lalu, tanyakan kabar mereka untuk membuat percakapan lebih hangat. Tanyakan pula kabar saudara-saudara pasangan untuk memberikan kesan perhatian. Jika pertemuan dilaksanakan di rumah, kamu juga bisa membuka percakapan dengan memuji rumah. Hal ini bisa kamu lakukan untuk menghargai usaha yang telah mereka lakukan untuk menyambutmu. 

  1. Awali pembicaraan 

Kamu bisa menjadi orang pertama yang mengawali pembicaraan dengan topik-topik ringan. Ketika hobi dan kegemaran sudah dibahas, kamu bisa mulai membuka cerita tentang kamu dan pasangan. Ceritakan hal positif yang telah kalian lakukan juga rencana ke depan. Hal ini bisa kamu lakukan untuk menunjukkan keseriusan kamu dan pasangan dalam menjalin cinta. 

  1. Jawab dan dengarkan 

Ketika kamu ditanya orang tuanya, pastikan kamu langsung menjawabnya. Hindari menatap pasangan untuk meminta dia menjawab pertanyaannya. Hal ini akan memunculkan batasan antara kamu dan calon mertua. Ada kesan tidak terbuka jika kamu meminta pasangan untuk menjawabnya. Lalu, pastikan kamu mendengarkan dengan seksama cerita dari calon mertua. Jangan lupa, sebisa mungkin kamu terapkan kemampuan active listening-mu dan hindari untuk memotong pembicaraan. 

  1. Tawarkan bantuan 

Jika pertemuan berada di rumah, kamu bisa menawarkan bantuan untuk menyiapkan hidangan hingga membereskan meja makan. Kamu juga bisa membantu anggota keluarga untuk mencuci piring atau hal-hal remeh lain seperti mengambilkan minum dan sebagainya. 

  1. Tunjukkan dirimu apa adanya 

Kamu memang ingin merebut hati calon mertua tapi bukan berarti kamu harus berusaha ekstra untuk terlihat paling baik hingga membuatmu mengubah kepribadian. Hal ini malah akan jadi bumerang dan memaksamu untuk berbohong secara terus menerus. Jika kamu dan dia akhirnya menjadi pasangan, cara ini malah membuat mereka merasa ada yang berubah dari dirimu. Menjadi dirimu apa adanya hal yang paling utama. 

Baca juga: Alasan Cewek Balikan Sama Mantan Pacar, Ketahuan Deh!

Nah, itu 8 tips yang bisa kamu praktikkan untuk merebut hati calon mertua. Tidak perlu berlebihan, pastikan kamu bisa membawa dirimu dengan baik tanpa perlu berpura-pura.

Belajardaricinta.id bertujuan untuk menjadi tempat untuk curhat, berbagi tulisan dan kisah yang membangun, dan memberikan perspektif baru bagi pembacanya, sehingga diharapkan bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Kami percaya bahwa curhat dapat memberikan rasa tenang, tidak sendirian dan mencegah membuat kondisi menjadi lebih buruk. 

Yuk ikut berbagi ceritamu di sini dengan mendaftar di Writing Therapy.

About the author
cinta hubungan cinta

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.