1

Alasan Kenapa Harus Sering Menyentuh Pasangan, Bahaya Kalau Jarang

Lirik lagu Ari Lasso, "sentuhlah dia tepat di hatinya" ternyata benar adanya. Karena ternyata, bagi manusia, sentuhan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kebahagiaan.  

Sedari kecil, manusia sangat suka sekali bila mendapatkan sentuhan. Hal itu bisa membuat manusia tenang. 

Saat dewasa, dan telah menjalin hubungan cinta, sentuhan juga memiliki peranan yang sangat penting. Sentuhan dapat menghilangkan stres, meningkatkan suasana hati, bahkan mengurangi rasa sakit. 

Manusia memiliki dua sistem sentuhan, yakni faktual dan emosional. Khusus penjelasan kali ini, belajardrcinta akan membahas sentuhan emosional, karena itulah yang sering dirasakan oleh manusia. 

Sentuhan emosional seperti pelukan dari teman, sentuhan ibu kepada anak, atau kontak intim antara pasangan.

Baca Juga:

Sentuhan yang Paling Disukai

Berdasarkan penelitian, pria dan wanita memiliki area favorit sentuhan yang hampir sama. 

Pria: 

  • Punggung
  • Rambut atau kepala
  • Leher

Wanita: 

  • Punggung
  • Leher
  • Kaki dan paha

Fakta: 


64 persen wanita dan 50 persen pria suka disentuh dan dibelai. 

Punggung

Punggung merupakan area yang paling mudah disentuh, karena bisa dilakukan di mana dan kapan saja. 

Meski demikian, ada perbedaan sensasi yang dirasakan oleh seseorang, bila mendapatkan sentuhan dari teman dan pasangan. Sentuhan pasangan bisa menjadi lebih intim karena adanya pelepasan oksitosin —umumnya dikenal sebagai hormon cinta. 

Ketika pasangan berpelukan maka kadar oksitosin pasangan akan meningkatkan daripada mereka yang tidak memiliki pasangan. 

Leher 

Lehrer adalah area yang sancta intim. Berdasarkan survei, 55 persen wanita dan 39 persen pria sangat menyukai saat leher mereka dibelai dan disentuh. 

Penjelasannya, area leher adalah reseptor sentuhan, yang akan memberikan sensasi ketika disentuh dan dicium lembut oleh pasangan. 

Lengan, Kaki, Kepala dan Bahu

Area sentuhan yang paling disukai berikutnya adalah kaki dan paha 25 persen, bahu 23 persen, rambut 20 persen. Menariknya 8 persen wanita mengaku bisa langsung jatuh cinta ketika tangannya disentuh oleh pria. 

Selain itu, sentuhan di paha dan lengan ternyata dapat memicu perasaan hangat di antara pasangan. 

Sentuhan intim vs sentuhan tidak intim

 

Berdasarkan penelitian, sentuhan ringan dan lembut dianggap lebih penting ketimbang sentuhan penting yang berbau seksual. 

Namun, tidak bisa disangkal bahwa sentuhan intim juga sangat penting bagi pasangan untuk menumbuhkan ikatan yang kuat dan tahan lama. 

Keajaiban sentuhan 

Penelitian mengungkap bahwa sentuhan seperti berpelukan dapat mengurangi tekanan darah dan mengurangi stres seseorang.

Bahkan akibat sentuhan, wanita yang semula ragu menerima cinta seorang pria, dapat berubah sikap. Dengan sentuhan tangan ‘yang tak sengaja’ wanita dapat menyukai pria tersebut dalam tempo yang sangat cepat. 

Bagi pasangan yang sudah menjalin hubungan lama, pelukan setiap hari dapat memperkuat hubungan dan meningkatkan cinta. 

Tak cuma itu, sentuhan dapat juga meredam konflik antara pasangan. Konflik akan lebih cepat selesai dengan baik dengan sentuhan, seperti memegang tangan dan berpelukan. 

About the author
It's me

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.