Alasan Seseorang Bisa Memutuskan untuk Mengakhiri Hubungan

Ardy Pratama

Sudah menjalin hubungan bertahun-tahun nggak mengurangi risiko kalian bisa putus. Walaupun masing-masing hubungan memiliki kompleksitas dan masalah yang berbeda, ada beberapa faktor utama yang bisa membuat sebuah hubungan kandas di tengah jalan.

Baca juga: Diajak Berhubungan Seksual? Bedakan Antara Cinta dan Nafsu

  1. Trust issues

Kepercayaan pada pasangan jadi salah satu pondasi yang harus ada di setiap hubungan. Trust issues atau masalah kepercayaan merupakan salah satu yang menjadi faktor utama dan paling sering ditemui. Rasa cemburu yang berlebih, pasangan yang posesif, atau pernah berselingkuh bisa menjadi faktor pencetusnya. Kalau merasa kamu atau pasanganmu punya masalah ini, coba telusuri kembali apakah trust issue itu berasal dari hal-hal yang pernah terjadi atau sebenarnya hanya rasa takut yang berlebih?

  1. Punya ekspektasi atau prioritas yang berbeda

Ketika dua orang memilih untuk menjalin sebuah hubungan, salah satu yang biasanya terjadi adalah adanya ketertarikan satu sama lain. Entah itu ketertarikan secara fisik, emosional, atau bahkan karena memiliki hobi dan kesukaan pada hal yang sama. Namun, seiring berjalannya waktu ketertarikan tersebut tidak bisa menjadi satu-satunya hal yang bisa membuat sebuah hubungan berhasil. Bisa jadi kamu dan pasanganmu ternyata memiliki tujuan hidup yang begitu berbeda. Misalnya kamu masih ingin menikmati hidup dan mengejar karir, tapi pasanganmu sudah ingin menikah dan memiliki keluarga.

  1. Masalah komunikasi

Selain trust issue, masalah komunikasi jadi alasan yang paling sering terdengar ketika pasangan memutuskan untuk mengakhiri hubungannya. Komunikasi bukan hanya masalah tak memiliki waktu untuk saling memberi kabar dan mengobrol. Masalah yang biasanya muncul adalah ketika cara berkomunikasi antara kamu dan pasanganmu ternyata tidak bisa melahirkan sebuah pemahaman antara satu dan lainnya. Selain meluangkan waktu untuk mengobrol, membuka pikiran dan hati untuk memahami satu sama lain juga jadi hal penting dalam komunikasi.

  1. Ada kekerasan dalam hubungan

Kekerasan yang bisa terjadi dalam hubungan ada berbagai macam bentuknya: verbal, fisik, dan seksual. Selain tiga kekerasan tersebut, ada jenis-jenis kekerasan lain yang perlu diwaspadai dalam sebuah hubungan, yaitu perilaku manipulatif dan pasif-agresif. Besar kemungkinan salah satu pasangan tidak akan betah berada dalam hubungan jika mendapatkan kekerasan terus menerus.  

  1. Masalah keuangan

Sepele tapi ternyata memiliki peran besar di dalam sebuah hubungan: uang. Masalah keuangan ini nggak hanya menjadi masalah di pasangan yang sudah menikah, lho. Bahkan saat pacaran pun, masalah ini bisa menjadi hal yang mengganggu dan bahkan bisa menjelma jadi faktor yang membuat putusnya hubungan itu. Kasus ekstrem yang bisa terjadi dan sering jadi alasan banyaknya pasangan yang putus di tengah jalan adalah salah satunya terlalu bergantung secara finansial atau bahkan memanfaatkan pasangannya untuk masalah uang. 

Kalau ingin hubungan awet dan sehat, kamu bisa coba buka diskusi dan komunikasikan perasaanmu ketika mendapatkan masalah-masalah di atas. Karena sebenarnya nggak ada pasangan atau hubungan yang sempurna, tinggal kamu dan pasanganmu mau saling terbuka dan sama-sama saling bekerja keras untuk membuat hubungan itu terus berjalan. Tapi. semisal kamu merasa masalahnya terlalu kompleks, pendapat dari teman atau keluarga yang dipercaya dan menemui profesional bisa jadi pilihan. Jangan lupa juga kalau hubungan yang kandas bukan berarti akhir dari segalanya, kok.

Baca juga: Tanda-tanda Hubungan Berakhir, Waspada kalau Muncul Hal Seperti Ini

Putus Hubungan bisa membuat orang menjadi stres dan depresi. Untuk melawan depresi, kamu bisa melakukannya dengan terapi menulis. Terapi menulis adalah salah satu metode yang sangat mudah dan efektif untuk memulihkan depresi. 

Di terapi ini, kamu bisa bercerita atau menuliskan berbagai hal. Seperti diary, jurnal pribadi, puisi, cerpen atau bahkan novel. 

Buat kamu yang ingin mencoba terapi menulis, belajardaricinta punya nih program terapi menulis. Kamu bisa mencobanya di sini yah

Penulis: Ardy Pratama

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Curhat cinta memang bisa menjadi aktivitas yang melegakan hati dan...
Drama Korea tidak hanya bercerita tentang pria kaya yang jatuh...
tidak semua drakor balas dendam dikemas dengan menegangkan. Ada juga...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Tips Curhat Cinta agar Semakin Efektif dan Melegakan
Tips-curhat-cinta-agar-semakin-efektif-dan-melegakan
Curhat cinta memang bisa menjadi aktivitas yang melegakan hati dan membuat hati semakin tenang ketika dilanda permasalahan cinta. Namun, ada beberapa orang yang ragu untuk melakukannya....
Seru! Tonton Drakor Wanita Kaya Jatuh Cinta pada Pria Miskin
Seru-tonton-drakor-wanita-kaya-jatuh-cinta-pada-pria-miskin
Drama Korea tidak hanya bercerita tentang pria kaya yang jatuh cinta pada wanita miskin. Ada juga wanita kaya yang...
More from BDC
Hubungan yang awet adalah impian setiap orang untuk itu diperlukan...
ada banyak cerita sedih tentang cinta yang sangat diminati. Tema...
Mengenal berbagai genre cerita cinta dan tips menulisnya
Galau urusan cinta? Lanjut atau Putus? Berikut alasan yang dapat...
Putus cinta merupakan momen tersulit yang dialami oleh siapa saja,...