Apa-aja-sih-persiapan-sebelum-nikah-ini-yang-harus-kamu-tahu

Apa Aja Sih Persiapan Sebelum Nikah, Ini yang Harus Kamu Tahu

Apa aja sih persiapan sebelum nikah? Pertanyaan ini cukup sering ditanyakan oleh pasangan yang hendak nikah

Pernikahan bukanlah hal yang mudah. Butuh banyak pertimbangan dan rencana sebelum memutuskan nikah. 

Yang lebih penting lagi kamu harus mempersiapkan mental sebelum menikah. Mental ini sangat penting, sebab kamu akan hidup berdua dengan pasangan kamu. 

Baca juga: Tinggal bersama sebelum menikah apakah bermanfaat? 

Kamu harus beradaptasi dengan dia. Lebih mengenal satu sama lain, dan harus menjalin komunikasi agar memiliki solusi bila muncul suatu masalah. 

Belum lagi kalau kamu nantinya memiliki keturunan. Kamu harus menyiapkan berbagai hal lainnya sepert finansial yang cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan si buah hati. 

Sebelum sampai ke tahap itu, kita bahas dulu yuk apa aja sih yang harus disiapkan sebelum menikah. 

Menurut BKKBN setidaknya ada berbagai hal yang harus disiapkan sebelum menikah. Hal ini sangat penting agar kamu dan pasangan bisa membentuk rumah tangga dan keluarga yang baik. 

Usia 

Usia sangat mempengaruhi kesiapan seseorang untuk menikah. Sebaiknya kamu dan pasangan pada usia yang sudah sudah matang. Dengan usia yang matang, kamu dan pasangan akan lebih mudah untuk saling kompromi. 

BKKBN sendiri merekomendasikan usia ideal untuk menikah. Buat pria usia idealnya adalah 25 tahun, sementara untuk  wanita minimal usia 21 tahun. 

Jadi sebaiknya pasangan muda tidak menikah di bawah usia yang telah dijelaskan di atas yah. 

Finansial 

Kesiapan finansial juga menjadi dasar kesiapan menikah. Kamu dan pasangan harus memiliki pendapatan untuk dapat menghidupi rumah tangga. 

Janganlah menikah bila kamu dan pasangan belum memiliki kesiapan finansial. Jangan terjebak nafsu. Semata-mata hanya karena cinta, lantas memutuskan menikah tanpa rencana yang matang. 

Tanpa finansial yang baik, rumah tangga yang kalian bangun akan menghadapi berbagai kesulitan. Dan kalian akan kesulitan menjadi pasangan yang mandiri, karena masih terus meminta bantuan orang tua untuk mencukupi finansial. 

Mental dan fisik  

Dengan usia yang matang diharapkan kamu dan pasangan sudah memiliki kesiapan mental. Harus diingat, menikah tidak sama dengan pacaran. Pernikahan akan menghadapi berbagai persoalan yang tidak kamu hadapi semasa pacaran. 

Permasalah rumah tangga  sangat banyak, sehingga kamu harus mempersiapkan mental. 

Pun dengan fisik. Kamu dan pasangan harus bisa bekerja sama. Seperti mencari nafkah, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, mengurus anak, sampai aktivitas seksual. Hal-hal tersebut memerlukan kesiapan fisik. 

Matang secara emosi 

Di sini pentingnya kompromi. Dengan memiliki kompromi kamu dan pasangan akan belajar mengontrol emosi dan rasa egois. 

Kesiapan emosi akan membantu kamu dan pasangan menemukan solusi saat menghadapi masalah. 

Kesiapan emosi juga bisa membuat kamu dan pasangan saling menerima, bisa memaafkan dan terbiasa meminta maaf. 

Baca juga: Cara agar hubungan langgeng sampai menikah

Kesiapan sosial dan moral 

Harus diketahui, setelah menikah kamu dan pasangan akan masuk dalam lingkungan yang baru. Seperti menghadapi orang tua pasangan (mertua), keluarga besar pasangan, sahabat  pasangan dan sebagainya. 

Di sini kamu dan pasangan harus bisa menempatkan diri, sehingga mudah untuk diterima oleh lingkungan yang baru. 

Tidak cuma itu, kamu harus juga bisa bersikap, sehingga tidak dinilai buruk oleh lingkungan kamu yang baru. 

Kesiapan intelektual 

Kamu dan pasangan harus terus belajar dan mencari informasi seputar rumah tangga. Sehingga kamu memiliki berbagai keterampilan tambahan yang berguna untuk keharmonisan rumah tangga. Seperti memasak, mengasuh anak, merawat organ reproduksi, pengetahuan alat kontrasepsi dan sebagainya. 

Rincian biaya yang harus disiapkan sebelum menikah 

Satu hal yang harus kamu dan pasangan pahami, menikah tidak semata-mata modal niat aja yah. Karena kamu dan pasangan harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk menikah. 

Biaya-biaya apa saja yang harus kamu dan pasangan siapkan: 

Biaya seserahan 

Seserahan merupakan tradisi yang dilakukan saat lamaran, jelang pernikahan. Isi seserahan beragam, di antaranya perlengkapan ibadah, perlengkapan mempelai wanita seperti pakaian dalam, sepatu tas, dan make up. 

Biaya mas kawin 

Mas kawin merupakan bagian penting dalam acara pernikahan. Mas kawin diberikan oleh pihak mempelai pria kepada pihak mempelai wanita. Mahar bisa berupa seperangkat alat solat, uang tunai, dan perhiasan. 

Tapi ada juga lho mempelai pria yang memberikan mas kawin unik. Cek infonya di sini yah: 

Baca juga: mas kawin pernikahan terunik yang pernah ada

Biaya KUA 

Menikah di KUA sebetulnya gratis bila melakukan pernikahan pada hari dan kerja (Senin sampai Jumat). 

Tapi bila hendak menikah di luar KUA, maka calon pengantin akan dibebankan biaya, sekitar Rp 600 ribu, belum termasuk biaya penghulu. 

Untuk biaya penghulu umumnya se-ikhlasnya, sebagai bentuk terima kasih. Rata-ratanya sekitar Rp 500 ribu. 

Cincin kawin 

Cincin kawin adalah simbol pernikahan. Karena ingin berkesan, banyak calon pengantin yang bingung untuk memilih cincin. 

Untuk memutuskan hal tersebut, sebaiknya kamu menentukan bujet pembelian cincin kawin, agar tidak terpengaruh dengan beragam cincin kawin yang akan ditawarkan. 

Kisaran cincin kawin dengan model yang simple berbahan emas putih dijual sekitar Rp 6 jutaan. 

Biaya gedung 

Gedung merupakan tempat ideal bagi calon pengantin. Tapi tidak berarti harus. Semuanya harus disesuikan dengan bujet yang dimiliki yah. Jangan sampai memaksakan menikah di gedung sampai berhutanga ke pihak ketiga. 

Bagi kalian yang ingin menikah di gedung, kalian bisa melakukan booking fee sekitar 6 bulan sampai 1 tahun sebelum hari H. 

Memesan gedung jauh-jauh hari lebih disarankan, karena dikhawatirkan kalian akan kesulitan menemukan venue nikahan bila dilakukan dekat dengan hari H. 

Sewa gedung sudah pasti tidak murah. Lokasi, kapasitas gedung dan waktu sangat memengaruhi harga sewa. Kisaran harga gedung sektiar Rp 30 juta dengan daya tampung 1000 orang. 

Biaya katering dan dekorasi 

Katering dan dekorasi juga sangat penting dalam pernikahan. Jangan sampai tamu undangan kelaparan dan tidak kebagian makanan karena kehabisan makanan. Jangan sampai juga tamu undangan memakan makanan yang kurang enak.

Biaya katering juga tidak mudah lho. Kisaran paket katering Rp50 ribu untuk 500 undangan sebesar Rp25 juta. Sementara bujet untuk dekorasi sekitar Rp 10 juta. 

Biaya undangan dan suvenir

Saat ini membuat undangan nikah sudah mudah. Bila tak ingin menyewa jasa desainer, kamu bisa menggunakan aplikasi yang menyediakan undangan pernikahan. 

Untuk suvenir kamu juga bisa mencari secara online. Tapi pastikan kamu membaca review dan ulasan produk dari konsumen yang telah memesan suvenir di toko tersebut yah. 

Untuk kisaran biaya,  cetak undangan untuk 500 undangan seklitar Rp2,5 juta. Sementara untuk suvenir  kisaran Rp 3juta. 

Biaya rias dan baju pengantin 

Rias dan baju pengantin merupakan elemen penting bagi mempelai. Sudah pasti, di acara pernikahan, kamu dan pasangan harus menjadi orang yang paling elegan. 

Harga jasa rias dan sewa baju pengantin pun beragam. Kisarannya sekitar Rp8 juta. Tapi bila kamu ingin membuat baju dan gaun pengantin sendiri, kemudian menggunakan make up artis profesional, sudah tentu bujetnya akan jauh lebih tinggi. 

Dokumentasi 

Jasa dokumentasi pernikahan sangat banyak. Disarankan kamu melakukan riset dan perbandingan harga. Kamu juga bisa konsultasi meminta ide tentang konsep prewedding. Pilihnya konsep terbaik dengan bujet yang terjangkau. 

Kisaran paket dokumentasi diperkirakan sekitar Rp10 juta. Harga juga bisa berubah tergantung jasa dan konsep yang kamu gunakan dan lokasi prewedding.   

Biaya tambahan 

Kamu juga harus mempersiapkan biaya tambahan, seperti biaya untuk musik, sewa mobil pengantin, biaya seragam keluarga dan sebagainya. 

Baca juga: Cara cari pacar yang serius sampai menikah

Kesimpulan

Rata-rata biaya menikah di gedung perkantoran atau venue penyewaan lainnya mencapai 150 jutaan. Sementara bila menikah di aula atau masid, biayanya sekitar Rp 70 jutaan. Sudah pasti harga juga ditentukan dengan lokasi gedung dan konsep pernikahan. 

Nah itulah hal-hal yang harus disiapkan sebelum nikah. Selain kesiapan finansial, mental dan emosi, kamu juga harus menyiapkan sejumlah hal, seperti gedung, katering yang juga sangat penting pada acara pernikahan

About the author
Pernikahan menikah pernikahan nikah

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.