Awet Menjalani LDR Dengan Ikuti 7 Tips Berikut

Awet Menjalani LDR dengan Ikuti 7 Tips Berikut

Banyak yang melabeli bahwa usia long distance relationship atau hubungan jarak jauh enggak akan panjang. Ungkapan-ungkapan seperti: “Ih, doi lagi ngapain ya kok nggak balas chatku tiga jam yang lalu? Jangan-jangan….” “Ah, bosen deh kok gini-gini aja.” kerap dilontarkan oleh pasangan-pasangan yang sedang menjalin hubungan jarak jauh. Pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh harus memiliki kesabaran ekstra, selalu jujur terhadap pasangan dan bisa menaruh kepercayaan pada si doi. 

Baca juga: Terjebak dalam Toxic Relationship? Ini 5 Langkah yang Bisa Kamu Ikuti Untuk Mengakhirinya

Tips agar hubungan jarak jauh bisa berhasil

Memang perlu diakui bawah hal ini sulit dan banyak tantangan yang harus dihadapi. Tapi, hal sulit bukan berarti tidak akan berhasil, kan? Yuk, simak cara-cara jitu biar hubungan jarak jauh tetap terasa dekat dan langgeng serta tidak menimbulkan kebosanan. 

  1. Komunikasi itu wajib 

Tentu saja komunikasi menjadi hal yang paling dasar pada setiap hubungan baik. Terlebih dalam hubungan jarak jauh, satu-satunya cara untuk tetap terhubung adalah dengan melakukan komunikasi.

Atur jadwal komunikasi. Kirimkan pesan untuk menyemangatinya di pagi hari, lalu tanyakan kabar di siang hari dan bercerita di malam hari. Beri variasi dalam mengirimkan pesan seperti kirimkan gif unik atau meme untuk membuatnya tersenyum di pagi hari. Saat bercerita di malam hari, coba variasi layanan komunikasi selain telepon. Video call dengan background atau filter lucu-lucu dapat menjadi alternatifnya. Hal ini dilakukan agar komunikasi tidak membosankan dan tetap seru. 

  1. Hindari terlalu sering menghubunginya 

Terkesan berlawanan dengan poin sebelumnya, tetapi terlalu sering menghubunginya akan menimbulkan kebosanan. Hindari bertanya kabar setiap saat yang justru akan terlihat posesif dan mengekang. Jika ada yang ingin ditanyakan atau hanya sekedar berbagi hal menarik, lebih baik disimpan dan ungkapkan di waktu yang telah dijadwalkan. Hal ini juga dapat membuat waktu yang kalian sisihkan terasa lebih berisi. 

  1. Berikan kejutan kecil 

Tidak ada salahnya memberikan beberapa kejutan kecil untuk menyemangati pasangan. Tidak perlu sesuatu yang besar. Pesankan makan siang favoritnya bisa dijadikan pilihan. Sebagai pasangan yang suportif, belikan alat-alat pendukung aktivitasnya seperti kemeja baru untuk meningkatkan percaya dirinya saat akan presentasi atau alat yang mendukung hobinya. Kejutan-kejutan ini juga sebagai penanda bahwa kamu adalah pasangan yang peduli meski jarak memisahkan. 

  1. Hilangkan rasa baper dan posesif berlebih 

Jadwal komunikasi terganggu karena pasangan sedang berhalangan? Sabar dan tunggu penjelasan dari pasangan. Mungkin akan timbul rasa was-was dan curiga, namun hindari mengekang pasangan. Hal ini akan mempengaruhi rasa percaya yang kalian telah bangun dan bisa berakhir saling berbohong untuk menyenangkan pasangan. Kesampingkan rasa khawatir dan curiga yang menghantui terlebih saat dia hilang sesaat. Jangan mudah baper dan jalani hubungan dengan santai. 

  1. Berikan waktu untuk diri sendiri 

Berpacaran tidak melulu soal pasangan tapi ada dirimu yang perlu diperhatikan. Sediakan waktu untuk menikmati hobi dan kesukaanmu. Luangkan waktu untuk sendiri hingga akhirnya ada rasa rindu yang tercipta. Hal ini akan membuatmu lebih menghargai waktu bersama pasangan. Selain ini waktu luang ini dapat kalian gunakan untuk quality time bersama keluarga, sahabat, rekan kerja atau bahkan dengan teman-teman satu komunitas. Hal ini juga bisa dilakukan untuk menghindari kebosanan dalam hubungan jarak jauh.  

  1. Bersikap jujur dan terbuka 

Masih berkaitan dengan komunikasi, jujur dan terbukalah dengan pasangan. Ungkapan hal-hal yang berkaitan dengan perasaanmu baik itu hal yang menyenangkan ataupun sesuatu yang kurang menyenangkan. Bahkan ketika timbul kebosanan, komunikasikan dengan pasangan agar menemukan jalan keluar untuk mengatasi ini. Sedikit tips, jika hendak mengungkapkan hal yang kurang menyenangkan, cari waktu yang tepat agar tidak menimbulkan perasaan kurang nyaman. 

  1. Jadwalkan untuk bertemu 

Setelah memendam rindu beberapa waktu, luangkan waktu untuk saling bertemu secara langsung. Kamu dan pasangan bisa bergantian mengunjungi kota masing-masing untuk menandakan bahwa kalian berusaha untuk menjaga hubungan ini. Jika tidak bisa, pilih kota atau negara yang berada di tengah-tengah antara tempat tinggal kalian. Hal ini akan lebih memudahkan untuk saling bertemu. Saat bertemu, lakukan hal-hal seru yang menarik untuk dijadikan kenangan manis saat nanti harus berpisah kembali. 

Baca juga: Toxic Relationship: Dimaki, Dikasari, Bahkan Dipukul, Harus Pergi atau Bertahan karena Masih Cinta?

Itu lah beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba. Kecanggihan teknologi saat ini memang makin memudahkan komunikasi, tapi itu juga jadi satu hal yang dapat membuat hubungan jarak jauh sedikit runyam jika dimanfaatkan secara lebih. Oh iya, sebelum memutuskan untuk menjalani hubungan jarak jauh, pastikan kamu dan pasangan sudah punya komitmen pada hubungan, ya. Jangan sampai salah satunya ternyata menjalani hubungan setengah hati dan malah berujung putus nggak baik-baik, 'kan?

About the author
cinta relationship long distance relationship

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.