Belum Siap Nikah, Inilah Tandanya

Belum Siap Nikah, Inilah Tandanya

Tidak semua pasangan yang menjalin status pacaran, siap untuk menikah. Ya, menikah tidak bisa dipaksakan. Menikah harus memiliki kesamaan visi dan siap lahir batin. 

Nah buat kamu yang sekarang lagi pacaran, dan pacar kamu mengajak untuk menikah, maka tawaran tersebut jangan langsung diterima. Kamu harus mempertimbangkan berbagai hal, soalnya jangan-jangan kamu belum siap menikah. 

Apa saja tanda belum siap nikah? Simak langsung yuk ulasannya di bawah ini. 

Baca Juga: 

1. Baru Mengenal Pasangan

Saat kamu baru memulai pacaran (6 bulan - 1 tahun), pada masa ini sebetulnya kamu belum terlalu mengenal pasangan. Karena di periode itu, kamu dan pasangan masih berada dalam momen kebersamaan dan kebahagiaan. Pasangan belum menunjukkan karakter dan sifat aslinya. 

Karena itu, perlu waktu lebih lama untuk bisa mengetahui karakter asli pasangan. Dengan mengenal lebih lama, kamu juga bisa menilai apakah pasangan kamu baik, cocok dan bisa hidup bersama dengan kamu. 

2. Gak nyaman berbagi 

Pernikahan yang sehat terdiri atas cinta, komunikasi yang baik, dan mau saling berbagi. Nah, jika kamu saat ini tidak nyaman berbagi cerita, masa lalu, rahasia dengan pacar, maka sebetulnya kamu masih belum siap menikah. 

3. Tidak bisa menyelesaikan konflik

Jika selama ini kamu adalah orang yang selalu mengalah untuk menjaga emosi pasangan, maka kamu belum siap untuk menikah. 

Pada hubungan seperti itu, kamu sebetulnya takut dengan pasangan kamu, dan tidak bisa berkomunikasi dengan baik. Bila hal ini terus dilakukan, kamu hanya memupuk rasa benci terhadap pasangan. Dan suatu saat kamu bisa meledak dan membuat hubungan semakin runyam. 

BACA JUGA:

4. Tidak punya visi

Pacaran yang tidak punya visi, sebetulnya hanya menunggu hitungan waktu untuk berpisah. Visi dalam berpacaran itu sangat penting, untuk mengetahui adanya tujuan dalam sebuah hubungan. 

Karena itu dalam hubungan yang serius perlu dibicarakan tentang cara pengelolaan keuangan, mengurus rumah tangga dan anak-anak, pekerjaan, dan hal lain di masa depan. 

5. Masih melihat orang lain 

Menikah adalah komitmen seumur hidup. Maka, kalau saat ini kamu masih melakukan flirting atau malah berkomunikasi dengan mantan pacar, maka sebetulnya kamu belum siap menikah. 

Kamu masih terus mencari atau masih ingin mendapatkan perhatian dari orang lain, selain pasangan. Dan sebetulnya kamu belum bisa menghargai komitmen dengan pasangan. 

6. Belum bisa kompromi

Kompromi adalah hal yang sangat penting dalam menjalin sebuah hubungan, terutama saat menikah kelak. Bila saat ini kamu masih egois, ingin menang sendiri, ingin diperhatikan, ingin seenaknya saja, maka kamu belum siap untuk menikah. 

Saat menikah, kompromi adalah salah satu kunci penting. Dengan berkompromi kamu bisa menerima segala kelebihan dan kekurangan pasangan. Tahu bagaimana mengelola sikap egois demi kepentingan bersama. 

7. Berpikir pasangan akan berubah setelah menikah

Pemikiran ini salah besar. Sikap dan sifat buruk yang dimiliki oleh pasangan belum tentu bisa bisa berubah  setelah menikah. Dia akan lebih bertanggung jawab, dia jadi lebih peduli, dia jadi lebih care, itu belum tentu. 

Jadi janganlah menikah karena hanya ingin pasangan berubah.     

Kalau kamu belum siap menikah, bukan berarti kamu kesepian. Justru manfaatkanlah momen ini untuk berpikir ke depan. Carilah pasangan yang memiliki visi bersama, bisa membuat rencana untuk masa depan, dan cari pasangan seperti apa yang kamu butuhkan. 



About the author
Pernikahan menikah belum siap menikah tanda belum siap menikah pernikahan

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.