Bisakah Lawan Jenis Murni Bersahabat?

Freya Velope

“Tidak ada laki-laki dan perempuan yang hanya bersahabat.”

Apakah kamu pernah mendengar pernyataan itu sebelumnya? Jika sudah, bagaimana tanggapan kamu mengenai pernyataan tersebut?

Sebenarnya sudah banyak lho peneliti yang melakukan penelitian mengenai topik ini. Nah, terdapat satu penelitian yang mengungkapkan bahwa fakta persahabatan lawan jenis tidak murni hanya karena berteman.

Penelitian yang terbit dalam Journal of Social and Personal Relationships ini menemukan bahwa sebagian responden laki-laki mengaku jika mereka memiliki rasa ketertarikan dengan teman perempuannya. Mereka juga cenderung mengira bahwa teman perempuannya memiliki perasaan yang sama dengannya.

Baca juga: Penyebab Bisa Sayang Sama Seseorang, Padahal Dia Nyebelin Banget

Peristiwa ini dapat dijelaskan secara psikologis lho. Pada dasarnya, seseorang menjalin sebuah pertemanan karena merasa cocok atau merasa satu frekuensi. Timbul dan berkembangnya perasaan tertarik antara teman lawan jenis tersebut merupakan efek dari paparan berulang.

Efek ini timbul karena seseorang telah terbiasa dengan kedekatannya bersama teman lawan jenisnya dalam jangka waktu yang lama. Karena rasa terbiasa dekat tersebut, seseorang mulai menurunkan kewaspadaan dirinya dan keteguhan hatinya mulai runtuh sehingga mulai menimbulkan rasa suka terhadap teman lawan jenisnya.

Pernahkah kamu mendengar mengenai pasangan selebritis yang terkenal dengan tagline teman tapi menikah? Ya, mereka adalah Ayudia Bing Slamet dan Muhammad Pradana Budiarto atau yang kerap dikenal Ditto Percussion. Pasangan ini dikenal teman tapi menikah karena awalnya mereka bersahabat sejak duduk di bangku SMP dan akhirnya menikah karena sama-sama menyimpan perasaan sejak lama. Dari perjalanan cinta mereka, Ayudia dan Ditto menulis sebuah buku yang berjudul #TEMANTAPIMENIKAH dan dari novel tersebut cerita ini berhasil diangkat menjadi sebuah film.

Baca juga: Tanda Pria Yang Akan Ajak Kamu Menikah

Nah, bagaimana? Apakah kamu pernah terjebak di dalam circle pertemanan lawan jenis? Tetapi bukan berarti memiliki circle pertemanan lawan jenis selalu menghasilkan hubungan romantis. Karena banyak orang yang cenderung denial dengan perasaannya dengan alasan menjaga persahabatannya agar tidak hancur.

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Freya Velope
Pacaran beda agama dapat menjadi benteng dalam hubungan percintaan kamu,...
Stalking mantannya pasanganmu adalah hal yang tidak sehat, hal itu...
Jangan terjebak dengan ajakan hubungan seksual hanya untuk mempertahankan hubunganmu....
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Freya Velope
Bisakah Lawan Jenis Murni Bersahabat?
Bisakah-lawan-jenis-murni-bersahabat
Kamu terjebak dalam circle pertemanan lawan jenis? Fakta persahabatan lawan jenis dari penelitian menyebutkan hal ini lho....
Pacaran Beda Agama, Perlukah Dipertahankan?
Pacaran-beda-agama-perlukah-dipertahankan
Pacaran beda agama dapat menjadi benteng dalam hubungan percintaan kamu, berikut hal yang perlu dipertimbangkan untuk menjaga hubunganmu....
More from BDC
Hubungan yang awet adalah impian setiap orang untuk itu diperlukan...
ada banyak cerita sedih tentang cinta yang sangat diminati. Tema...
Mengenal berbagai genre cerita cinta dan tips menulisnya
Galau urusan cinta? Lanjut atau Putus? Berikut alasan yang dapat...
Putus cinta merupakan momen tersulit yang dialami oleh siapa saja,...