1

Pacaran dengan Sahabat, Boleh Nggak?

Boleh nggak sih pacaran dengan sahabat? Hal ini sebetulnya masalah klasik, yang sering banget dirasakan. Makanya, gak heran, kalau sebetulnya cowok dan cewek itu gak bisa bersahabat. Karena salah satunya, atau mahal keduanya, kemungkinan besar, memiliki perasaan suka.

Gak heran juga, banyak persahabatan yang hancur, karena masalah ini. Ok kalian yang dulu sahabat sukses jadi pacar. Tapi hubungan kalian justru hancur setelah kalian putus. 

Atau bisa juga, saat cinta ditolak oleh sahabat, salah satunya memutuskan untuk menjauh. Bisa karena marah, atau justru malu. 

Intinya, banyak konsekuensi yang harus dipikirkan baik-baik, kalau kamu mau pacaran dengan sahabat sendiri. 

Tapi, bukan berarti pacaran dengan sahabat itu nggak boleh yah. Sebab, banyak juga lho pasangan yang memulai perjalanan cintanya dari sahabatan. 

Bahkan, beberapa artis Indonesia juga ada lho yang begitu. Berawal dari sahabatan, mereka pacaran dan menikah. Istilahnya teman tapi menikah. 

Baca Juga: Ketika Sahabat Jadi Cinta 

Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion


Ayudia dan Ditto sudah bersahabat selama 13 tahun. Tapi kini mereka telah menikah dan menjalani hubungan rumah tangga yang bahagia. 

Raffi Ahmad - Nagita Slavina 


Raffi Ahmad --Salah satu artis termahal di Indonesia-- sudah kenal dengan Nagita Slavina sejak mereka SMA. Lucunya, mereka juga punya tanggal ulang tahun yang sama. Karena sudah berteman lama, Nagita sudah tahu banget karakter Raffi, yang dulu dicap playboy. 

Tapi, di tangan Nagita, Raffi menjadi sosok suami dan ayah yang sukses membangun kehidupan rumah tangga. 

Isyana Sarasvati dan Reyhan Maditra 


Pasangan yang satu ini juga sudah saling mengenal lama. Isyana dan Reyhan sudah bersahabat sejam duduk di bangku SMP. Hubungan mereka juga sempat diuji saat harus menjalankan long distance relationship (LDR), Singapura-Yogyakarta. 

Tapi, mereka mampu bertahan, dan menjalankan masa pacaran selama 12 tahun, sebelum akhirnya menikah pada 2020 lalu. 

Berdasarkan kisah di atas, pacaran dengan sahabat bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Pacaran dengan sahabat bisa dijalankan, tapi memang lebih sulit untuk menjalankannya, ketimbang kamu berpacaran dengan orang yang baru dikenal. 

Ada berbagai kendala yang bisa terjadi kalau kamu berpacaran dengan sahabat. 

Lebih gampang marah 


Kamu mungkin lebih bisa menerima kesalahan apabila pacar kamu adalah orang yang baru dikenal. Oke, dia begitu karena baru adaptasi pacaran. Oke, kita masih sama-sama mengenal, jadi masih perlu waktu. 

Tapi, kalau kamu pacaran dengan sahabat, mungkin tidak akan terjadi kompromi seperti di atas.

Kamu atau dia akan marah karena kalian sudah saling mengenal satu sama lain. 

Baca juga: Kentungan pacaran dengan sahabat sendiri

Ekspektasi berlebihan 

Karena merasa sudah saling mengenal satu sama lain, kamu atau dia jadi memiliki harapan yang berlebihan. Harapan bahwa dia adalah yang terbaik. Harapan bahwa dia yang paling mengerti, dan sebagainya. 

Namun bila ternyata keinginan itu tidak sesuai harapan, maka akan muncul pertengkaran. Yang harus kalian ingat, masa berpacaran dan berteman itu berbeda. Saat berpacaran, sudah tentu akan ada adaptasi baru di antara kalian. Dan kompromi adalah hal yang harus dilakukan. 

Perubahan kebiasaan 

Di masa awal berubahnya status sahabat menjadi pacar, mungkin kamu dan dia akan canggung dengan adanya kebiasaan baru. Yang gampang gini deh. Kalau dulu kamu merangkul dia, maka kini jadi menggenggam tangannya. 

Hal itu mungkin akan membuat risih. Karena itu, kamu janganlah memaksakan untuk merubah kebiasaan itu secara langsung. Lakukanlah secara perlahan dan bertahap. Sebab, bila memaksakan secara langsung, kalian bisa bertengkar. 

Jangan sampai putus 

Kamu harus benar-benar memikirkan sebelum memutuskan untuk berpacaran dengan sahabat. Termasuk kesungguhan kamu dalam menjalankan hubungan cinta dengan dia. Upayakan kalau hubungan tersebut memiliki masa depan, bahkan hingga ke pernikahan. 

Sebab jika tidak, atau hubungan kalian kandas di tengah jalan, maka kamu akan kehilangan dua orang sekaligus dalam hidup kamu. Kamu kehilangan pacar, sekaligus sahabat. Bila itu terjadi, status kalian dari pacar ke sahabat, agaknya akan sulit terwujud. 

Berdasarkan penjelasan di atas, pacaran dengan sahabat adalah sesuatu yang boleh dan bisa terjadi. Beberapa pasangan pun memulai perjalanan cintanya dari sahabatan sebelum akhirnya berpacaran dan menikah. 

Yang terpenting, pikirkan baik-baik seperti apa konsekuensi dalam hubungan ini. Dan upayakan hubungan ini memiliki masa depan, bukan hanya hubungan singkat.

About the author
It's me
Sahabat Persahabatan

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.