Bukan Sayang Tapi Posesif: 6 Tanda Pacar Kamu Posesif

Bukan Sayang tapi Posesif: 6 Tanda Pacar Kamu Posesif

Kamu mengeluh karena doi selalu telepon setiap jam? Minta foto juga? Terus banyak ngelarang? 

Fixed! Pacar kamu posesif!

Kok posesif? Kan dia cuma ingin memastikan keadaan? Itu kan tanda cintanya.

Baca juga: Dilihat dari Perilakunya, Ini 6 Tanda Pria Sedang Jatuh Cinta!

Ada bedanya lho seseorang yang benar-benar sayang sama yang posesif? 

Yes! Kamus Besar Bahasa Indonesia telah menuliskan definisi posesif yaitu hal yang bersifat merasa menjadi pemilik dan mempunyai sifat cemburu. Itu definisi posesif menurut KBBI. Sayangnya, posesif ini membuahkan sifat negatif yang akan dirasakan pada pasangan yang menjalin hubungan romantis. Tidak sampai disitu, sifat ini bisa memperburuk hingga merusak sebuah hubungan. Menurut pakar, Goldie (2002), menyebutkan bahwa posesif merujuk pada hal-hal yang berlebihan yang tidak hanya menginginkan untuk menjaga orang yang dicintai tapi juga ada dorongan untuk mengendalikan pikiran dan pasangannya. 

Tanda pasangan kamu posesif 

  1. Kamu adalah sumber kebahagian

Terdengar romantis, ya? Eits, jangan salah. Karena kamu sumber kebahagiaannya dan menjadi pusat untuk dirinya, hal ini menciptakan situasi yang tidak mengenakan untukmu. Dia akan membuatmu seperti apa yang dia mau. Mengontrol hidupmu, pertemananmu, hingga menguntitmu akan dia lakukan untuk membuatnya merasa memilikimu seutuhnya. 

  1. Mengabaikan batasan personal 

Karena rasa ingin memilikimu terlalu tinggi, mereka akan mengabaikan batasan personal. Mereka akan mengusik hal-hal yang sangat pribadi. Mereka yang posesif tampak lupa bahwa meskipun sepasang kekasih, ada batasan yang tidak seharusnya dimasuki. 

  1. Menyuruhmu selalu patuh 

Tanda-tanda awal ketika doi adalah orang yang posesif adalah selalu memaksamu menuruti segala perkataannya. Ia membuatmu patuh di bawah komandonya. Dia tidak memberimu ruang untuk berkata. Jika kamu melawannya, pertengkaran hebat dapat terjadi. Yang jelas, mereka tidak akan suka dengan jawaban “tidak” darimu. Lebih parahnya, akan timbul gaslight diantara kalian berdua yaitu keadaan ketika dia yang salah, tapi malah menyudutkanmu seolah-olah kamu yang salah. 

  1. Menghubungimu terus menerus 

Paham kok kalau sedang dimabuk asmara memang rasanya ingin nempel terus. Tapi kalau setiap waktu telpon atau chat menanyakan hal-hal seperti, “Kamu di mana? Sama siapa?” itu sih udah tanda-tanda posesif ya.

  1. Melarangmu secara berlebihan 

Memberikan masukan dan mengingatkan pacar masih sah-sah saja untuk dilakukan. Mereka yang posesif akan condong untuk melarangmu instead of memberikan opininya. Mereka akan melarangmu untuk bertemu dengan temanmu, melarangmu melakukan hal yang kamu sukai. Mereka bisa sangat jealous ketika kamu bertemu dengan temanmu terlebih dengan temanmu yang lawan jenis. 

  1. Mengontrol hidupmu 

Ketika mereka sudah bisa melarangmu, akan ada kecenderungan untuk mengontrol hidupmu. Di mulai dari hal yang cukup kecil, mereka akan mengontrol baju yang kamu kenakan atau make up atau jenis perawatan tubuh yang harus kamu pakai. Hal yang lebih krusial juga akan mereka ‘urusi.’ Mereka ingin turut andil setiap kamu mengambil keputusan untuk hidupmu. Seseorang yang baik memang akan memberimu saran, tapi kalau sudah memaksakan kehendak, itu lah yang dinamakan seseorang yang posesif. 

Mengapa mereka bisa posesif? Tentu ini banyak faktor yang mempengaruhi. Butuh penanganan dari profesional untuk mencari tahu lebih dalam jika hal ini berkaitan dengan trauma masa lalu. Tapi yang dapat diamati kasat mata adalah orang-orang posesif karena mereka tidak memiliki percaya diri yang cukup. Ada rasa minder ketika harus bertemu dengan teman-temanmu atau bahkan dirimu yang mereka rasa lebih powerful dari dirinya. Kesibukan juga faktor lain yang bisa memicu seseorang menjadi posesif. Saat mereka tidak melakukan hal apapun di hidupnya, mereka ‘mengalokasikan’ waktunya untuk hal-hal yang sepertinya kurang perlu untuk dipikirkan. 

Apakah dari 6 tanda-tanda yang telah disebutkan, kamu bisa menemukan beberapa dilakukan oleh pacarnmu? Atau jangan-jangan malah kamu nih yang punya salah satu atau beberapa ciri itu? Jika iya, coba komunikasikan ketidaknyamananmu ini ke pasangan. Siapa tahu kalian malah bisa menemukan jalan keluarnya.

Baca juga: Tanda Pria Takut Kehilangan Kamu Meski Kelihatannya Cuek

Belajardaricinta.id bertujuan untuk menjadi tempat untuk curhat, berbagi tulisan dan kisah yang membangun, dan memberikan perspektif baru bagi pembacanya, sehingga diharapkan bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Kami percaya bahwa curhat dapat memberikan rasa tenang, tidak sendirian dan mencegah membuat kondisi menjadi lebih buruk. 

Yuk ikut berbagi ceritamu di sini dengan mendaftar di Writing Therapy.

About the author
Posesif cinta

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.