Ikuti 6 Langkah ini Biar Nggak Jadi Pacar Posesif

Ikuti 6 Langkah ini Biar Nggak Jadi Pacar Posesif

“Ih, kamu kok telfon aku terus sih?” 

“Cukuplah ngecekin handphone aku terus.”
“Aku sama dia cuma teman, nggak perlu cemburu gitu.”

Baca juga: Bukan Sayang tapi Posesif: 6 Tanda Pacar Kamu Posesif

Sering dapat komplain kaya gitu dari pacar? Hati-hati lho, perhatian berlimpah yang kamu beri ke pacar bisa jadi malah bikin kamu jadi pacar yang posesif. Cemburu berlebihan, terlalu ikut campur urusan pacar, dan mengekang pacar buat ngelakuin apa yang dia suka tanpa alasan jelas adalah tanda-tanda kalau kamu pacar yang posesif. Dampaknya cukup negatif lho buat hubungan kamu. Bukannya jadi tempat dia curhat tentang hal apapun, pacarmu justru bisa malah takut untuk terbuka karena malas berantem tentang hal sepele. Ujung-ujungnya dia malah lebih memilih berbohong daripada harus merusak kedamaian hubungan kalian.

Mungkin kamu bingung sebenarnya kenapa caramu memberi perhatian bisa disalahartikan sebagai tingkah yang posesif? Coba baca beberapa alasan di bawah yang bisa jadi membuatmu memiliki kecenderungan posesif itu. 

  1. Hal yang tidak menyenangkan di masa lalu 

Kamu mungkin secara tidak sadar memiliki kenangan kurang baik di masa lalumu. Saat tumbuh, mungkin kamu kurang mendapatkan perhatian dari orang-orang di sekitarmu. Sehingga,  terus mencari perhatian, kasih sayang, juga rasa aman dari pacar kamu. 

  1. Self-abandonment 

Masih ada kaitannya dengan hal masa lalumu, self-abandonment terjadi ketika kamu menolak perasaan dan pikiran yang kamu rasakan juga keinginanmu. Jadi bukannya kamu memenuhi ‘kebutuhan’ dan ‘keinginan,’ kamu mencarinya dari orang lain, yaitu pacarmu. 

  1. Tidak percaya diri

Butuh waktu untuk mengidentifikasi kedua poin di atas karena melibatkan cerita masa lalu seseorang ketika ia kecil hingga tumbuh dewasa yang pada akhirnya meninggalkan bekas yang cukup serius. Jika dilihat secara permukaan, orang yang posesif sebenarnya menyimpan rasa tidak percaya diri. Tidak percaya diri atas kemampuannya atau misal secara fisik dibandingkan dengan teman-teman si pasangan membuat seorang pasangan bisa menjadi pacar posesif. 

Cara berikan perhatian tanpa dilabeli posesif

Bagi kamu ini mungkin adalah salah satu cara untuk menunjukkan perhatian dan perasaan tidak ingin kehilangan. Tapi mungkin kamu harus melihat kembali bagaimana caramu menunjukannya agar hubungan kalian tak jadi toxic. Nah, kalau kamu sudah sadar terdapat bibit-bibit posesif dalam diri kamu, bisa yuk dikurangi! 

  1. Berdamai dengan masa lalu 

Terdengar rumit tapi ini step awal untuk mengurangi sifat posesifmu. Kamu harus memahami diri sendiri sebelum bisa memahami orang lain. Jika masa lalumu membuatmu terluka cukup parah, jangan ragu untuk cari bantuan profesional agar kamu bisa mengobatinya dengan baik. Ini demi kebaikan kamu juga, kok!

  1. Pahami diri dan pasangan 

Kamu perlu tahu hal yang kamu sukai dan yang tidak sukai begitu juga dengan pasanganmu. Hal ini bertujuan agar kamu mengenal dirinya. Juga untuk mengetahui batasan-batasan yang bisa kamu jangkau. Contohnya, dia sungkan untuk dicek sosial media juga ponselnya jadi kamu perlu hormati pilihannya. Ini juga berlaku kalau dia memiliki hobi. Pahami dia kalau dia butuh me time atau ruang untuk dirinya sendiri. 

  1. Bersikap terbuka dengan pasangan 

Selayaknya pacaran sehat pada umumnya, kamu perlu terbuka dengan pasanganmu. Kamu bisa ungkapkan permasalahanmu mungkin juga ketakutanmu padanya sehingga mereka bisa menerima dan mengerti posisimu. Ungkapkan juga hal-hal yang kamu sukai dan yang tidak kamu sukai agar bisa dikompromikan dengan pasangan. Dengan cara ini, kalian bisa saling dukung untuk kebaikan hubungan. 

  1. Tingkatkan percaya diri 

Jika kamu takut kehilangan dia karena merasa teman-teman di sekitarnya jauh lebih baik dari segi penampilan atau penampilan, yuk bisa nih tingkatkan percaya diri kamu! Nggak perlu seekstrem untuk operasi plastik, tapi kamu bisa misalnya lebih memperhatikan penampilan atau kebersihan diri. Kamu juga bisa ikut kelas untuk meningkatkan kemampuanmu seperti kelas menulis, public speaking atau kelas lainnya yang sesuai dengan passion kamu. Lagi-lagi, keuntungan ini juga untuk dirimu sendiri yang efeknya bisa membuat hubungan kalian makin nyaman. 

  1. Kenali teman-temannya 

Kalau kamu tipe pasangan yang gampang cemburu, kamu bisa lho ikut dia sesekali pergi bareng teman-temannya atau ikut nemenin dia di sebuah acara. Ini bertujuan biar kamu kenal dan paham dengan pertemanan mereka.

  1. Lakukan hal yang menyenangkan berdua

Biar kalian makin lengket, ada baiknya kamu lakukan hal yang menyenangkan berdua. Kamu bisa melakukan olahraga bareng bahkan liburan bareng jika memungkinan. Buat hubungan kalian berkesan tanpa ada distraksi dari hal-hal yang membuat kamu khawatir. 

Enam langkah ini bisa kamu coba untuk mengurangi sifat posesifmu terhadap pasangan. Butuh waktu memang, tapi kalau kamu menunjukkan sebuah usaha, pasangan kamu bakal menghargai, kok. Good luck, dear!

Baca juga: Punya Pacar Posesif? Coba 6 Langkah Ini untuk Menghadapinya

Belajardaricinta.id bertujuan untuk menjadi tempat untuk curhat, berbagi tulisan dan kisah yang membangun, dan memberikan perspektif baru bagi pembacanya, sehingga diharapkan bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Kami percaya bahwa curhat dapat memberikan rasa tenang, tidak sendirian dan mencegah membuat kondisi menjadi lebih buruk. 

Yuk ikut berbagi ceritamu di sini dengan mendaftar di Writing Therapy.

About the author
Posesif cinta

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.