Ingin Menulis Cerita Cinta? Kenali Macam-macam Genrenya dan Tips Membuatnya

Ardy Pratama

Cerita cinta merupakan salah satu karya tulis fiksi yang takkan kehabisan peminat. Hampir semua kalangan menyukainya. Mulai dari remaja yang baru memasuki masa pubertas dan mengenal apa itu rasa ketertarikan dengan lawan jenis, orang dewasa yang sudah mengenal cinta idealnya, hingga para orang tua yang sudah bertahun-tahun menjalani hidup bersama pasangan dan keluarganya.

Meskipun mereka paham jika kisah itu hanyalah, bukan cerita cinta kisah nyata, namun tetap saja banyak yang menggemarinya. Hal tersebut bisa jadi karena kisah cinta itu memberikan kesempatan pada mereka untuk menikmati sisi khayalan dalam diri mereka. 

Genre Cerita Cinta

Tiap kalangan usia memiliki genre cerita romantis yang berbeda-beda. Pandangan cinta antara remaja puber dengan orang dewasa yang sudah menjalani pernikahan selama bertahun-tahun tentu saja akan berbeda sekali.

Berikut adalah beberapa genre cerita sebelum tidur tentang cinta  yang bisa kamu baca:

1. Cerita Cinta Monyet

Genre ini biasanya menyasar kalangan para remaja yang baru memasuki masa pubertas. Cerita cinta monyet ini tak akan jauh-jauh dari kisah cinta dua remaja SMA, pengusaha sukses jatuh cinta pada pengamen jalanan, dan lain sebagainya. Dari cerita-cerita inilah biasanya para remaja mulai membentuk di dalam benaknya apa itu cinta ideal atau sempurna.

Tentu saja jenis cerita disini tidak terlalu rumit, banyak adegan mesranya, dan menampilkan betapa sempurna pasangan utama dalam cerita tersebut. Konfliknya pun relatif masih minim dan tidak terlalu dalam. Cocok buat cerita pengantar tidur tentang cinta romantis.

Diberi label cinta monyet bisa jadi karena para pelakunya masih belum sepenuhnya matang dari segi pemikiran dan mental. Yang ada di bayangan mereka hanyalah bagaimana mencari pasangan yang tercantik atau tertampan, menaikkan status sosial diantara teman angkatan dsb. Faktor utamanya adalah fisik.

2. Cerita Cinta Buta

Genre selanjutnya adalah cinta buta. Merupakan jenis cinta yang memiliki potensi sangat membahayakan bagi pelakunya. Sesuai namanya, pelaku yang sudah dalam keadaan cinta buta akan menghalalkan segala cara demi bisa mendapatkan cinta tersebut berdasar cerita kisah nyata asmara cinta.

Jenis cerita ini bisa jadi mirip dengan yang cinta monyet, misalnya ada anak bos orang kaya yang rela menikahi atau memacari anak tukang jamu, misalnya. Dia tak peduli latar belakang, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya dari si anak tukang jamu ini karena sudah terbakar api cinta sehingga tidak peduli nasehat orang lain. Yang penting bisa bersama orang yang dicintainya.

Cerita jenis ini juga bisa dibumbui dengan hal-hal ghaib, misalnya demi mendapatkan cinta gadis pujaannya, dia rela menggunakan pelet. 

3. Cerita Cinta Lokasi

Kisah cinta yang satu ini seringkali digunakan dalam cerita yang berlatar Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sesuai dengan namanya, cinta ini berasal karena kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan bersama di satu tempat yang sama secara terus-menerus.

Bahkan bisa jadi cerita perselingkuhan untuk bumbunya agar cerita bisa lebih menarik dan menegangkan. Cocok juga sebagai cerita cinta remaja masa kini.

4. Cerita Cinta Segitiga

Cerita yang menggunakan plot utama cinta segitiga mulai memasuki pembuatan cerita yang cukup rumit dan kompleks. Hal itu karena penulis harus membuat alur cerita dan konflik dari 3 tokoh. Tinggal bagaimana penulis memberikan porsi atas masing-masing karakter tersebut. 

5. Cerita CLBK

CLBK atau singkatan dari Cinta Lama Bersemi Kembali merupakan sebutan untuk pasangan yang sebelumnya sudah pernah putus, namun kembali menjalin tali kasih kembali. Penggunaan plot ini bisa sangat menarik. Apalagi jika masing-masing pihak sudah memiliki komitmen dengan orang lain.

Misalnya saja si A sudah memiliki istri dan si B sudah punya suami. Kebetulan mereka berdua bertemu di suatu tempat dan akhirnya benih-benih asmara itu muncul kembali. Hal itu tentu akan menimbulkan konflik yang sangat menarik bagi pembaca. Apakah mereka berdua bisa bersama kembali atau harus rela berpisah lagi.

6. Cerita Cinta Terlarang/tak direstui

Merupakan cerita cinta yang ditulis dengan konflik bahwa kisah cinta mereka tidak bisa berlangsung lebih lama karena suatu halangan. Entah itu karena mereka sudah memiliki pasangan masing-masing, tidak direstui orang tua, dsb. Bisa juga berdasar cerita cinta terlarang kisah nyata yang terinspirasi dari sekitar.

Tips Menulis Cerita Cinta

Berikut adalah Beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika hendak membuat cerita cinta yang keren.

1. Peka terhadap Sekitar

Menulis cerita fiksi memang lebih sulit dibanding menulis non-fiksi bagi kebanyakan orang. Hal itu karena menulis fiksi menuntut daya imajinasi yang luas. Oleh karena itu jika dalam menulis cerita fiksi cinta kamu tidak segera mendapat inspirasi, maka cara terbaiknya adalah dengan tidak memikirkannya.

Lah, kok malah jangan dipikirin? Ya karena kadang kala inspirasi datang di saat kita tidak benar-benar memikirkannya. Bisa jadi lewat mimpi, saat sedang mandi, buang air, melaum dsb. Intinya di saat pikiran kita rileks, inspirasi bisa muncul.

Selain itu pekalah pada sekelilingmu. Bisa jadi barang di sekitarmu jadi ide cerita, atau kisah hidup saudara, teman, orang tua dsb bisa kamu jadikan sumber inspirasi juga

2. Segera catat!

Inspirasi suka datang di saat yang tak terduga. Oleh karena itu jika inspirasi sudah datang dan muncul begitu saja di pikiranmu, segeralah mencatatnya. Paling tidak menuliskan poin-poin utamanya di note hp untuk cerita bersambung tentang cinta.

Jangan tunda-tunda mencatatnya, karena bisa jadi kamu akan lupa tentang inspirasi tersebut karena sudah memikirkan hal lain saat itu.

3. Tidak harus berakhir bahagia

Kisah yang romantis seringkali dianggap sebagai kisah romantis jika ending bagi tokoh utamanya bahagia. pembaca pun berharap tokoh utama mendapat ending yang baik. Namun tentu saja kamu bisa menampilkan hal tersebut dan membuat si tokoh tersebut memiliki ending cerita sedih tentang cinta.

4. Perbanyak membaca 

Hal ini sebenarnya berlaku juga bagi jenis tulisan apapun. Proses menulis akan jauh lebih mudah jika kamu juga memiliki bahan bacaan yang banyak. Dengan banyak membaca kamu akan memiliki insight-insight baru, ide segar, inspirasi baru dari buku cerita cinta itu.

5. Pilihlah kisah cinta yang paling disukai pembaca

Jika targetmu adalah meraup banyak pembaca, maka kamu perlu tahu jenis cerita cinta yang bagaimana yang banyak disukai orang. Hal ini bisa kamu lakukan dengan beberapa cara. Misal mengamati di toko buku jenis cerita apa yang paling banyak berada di bagian best seller.

Bisa juga kamu cari di internet, apa saja yang sedang banyak diperbincangkan orang berkaitan dengan cinta. Atau kamu bisa tanyakan hal tersebut ke orang tua, saudara atau kawan-kawanmu. Kamu bisa memulainya dengan memikirkan cerita cinta atasan dan bawahan, misalnya.

Baca Juga:

Jangan Sampai Jadi Korban Tinder Swindler: 7 Tips Aman Ketemu...

INI DIA 10 OST DRAMA KOREA YANG BISA NAIKIN MOOD...

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)....
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik yang Terlalu Idealis
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik Yang Terlalu Idealis
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat atau menenangkan, maka Moms harus bersyukur....
More from BDC
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menjalani hidup setelah putus cinta bukan hal yang mudah. Dunia...
Bukan menjadi rahasia lagi jika seorang istri yang sedang ulang...
Dalam hubungan berpacaran, rasa ingin memiliki merupakan persoalan wajar. Tetapi...
Flirting adalah kondisi saat seseorang menggoda orang lain. Hal ini...