Ini 3 Tanda Kamu Memiliki Unhealthy Emotional Attachment Dalam Hubungan

Ini 3 Tanda Kamu Memiliki Unhealthy Emotional Attachment dalam Hubungan

Saat memutuskan untuk menjalani hubungan, tentunya kita ingin menjalaninya dengan orang yang kita kasihi. Adanya hubungan itu membuat kita memiliki ikatan dengan pasangan. Nah, ikatan tersebut yang disebut emotional attachment, atau keterikatan secara emosional.

Selain cinta dan kasih sayang, emotional attachment juga melibatkan kepercayaan dan pengertian kepada satu sama lain. Menurut John Bowlby, attachment adalah sesuatu yang dapat memberikan rasa aman dan kemantapan yang mana berperan penting dalam perkembangan karakter, pengambilan risiko, dan kemampuan bertahan. 

Baca juga: 6 Kebiasaan Baik di Pagi Hari Ini Bisa Bikin Kamu Merasa Bahagia Seharian

Cek apakah kamu memiliki rasa terikat yang berlebihan

Meskipun emotional attachment menjadi salah satu aspek penting demi menjaga keharmonisan hubungan, keterikatan itu bisa menjadi tidak sehat. Ini dia tanda kamu memiliki unhealthy attachment dalam hubunganmu!

  1. Terlalu bergantung pada pasangan dalam segala hal

Sebagai pasangan, tentunya kalian melakukan banyak hal bersama. Sering kali hal itu membuat ikatan batin kalian semakin kuat. Akan tetapi, berhati-hatilah jika kamu mulai sering merasa kesulitan atau enggan melakukan sesuatu yang dulunya biasa kamu lakukan tanpa pasangan. Ini salah satu bentuk ikatan yang tidak sehat lho. Kamu jadi terlalu bergantung dan lama kelamaan bisa merepotkan pasangan.

  1. Perasaan cemas berlebih ketika tidak berkomunikasi

Hubungan yang sehat adalah hubungan dengan komunikasi dua arah yang baik. Suatu hubungan akan berhasil ketika kalian sama-sama terbuka mengenai perasaan, pikiran, maupun hal-hal yang kalian alami. Namun, ada juga beberapa orang yang merasakan cemas berlebih ketika pasangan tidak membalas pesan secara langsung dan tidak melakukan komunikasi secara rutin. 

Hal ini biasanya didasari oleh rasa takut ditinggalkan, dicampakkan, maupun dikhianati. Ikatan seperti ini disebut juga Anxious Attachment. Ikatan semacam itu bisa membuat hubunganmu jadi tidak sehat. Kamu akan jadi mudah merasa frustasi, curiga, dan sedih ketika pasangan kamu tidak bisa menghubungimu. Padahal, semua orang memiliki kesibukannya masing-masing.

  1. Kehilangan diri sendiri

Ketika kamu memiliki ikatan emosional yang tidak sehat, kamu akan mulai kehilangan rasa percaya pada dirimu sendiri. Kamu akan merasa bahwa keputusan yang kamu buat dalam hidupmu belum tepat tanpa persetujuan atau validasi dari pasanganmu. 

Baca juga: Hubungan Terasa Hambar? Bisa Jadi itu Empty Love

Lama kelamaan, aku akan selalu meragukan kemampuan dirimu. Hal ini bisa berdampak sangat buruk, loh, untuk kehidupan pribadimu. Pada dasarnya, kita tetaplah suatu individu yang memiliki tekad, pikiran, dan perasaannya sendiri. Jika kamu terus-terusan mencari validasi dari pasangan, pada akhirnya kamu akan kehilangan diri sendiri.

Belajardaricinta.id bertujuan untuk menjadi tempat untuk curhat, berbagi tulisan dan kisah yang membangun, dan memberikan perspektif baru bagi pembacanya, sehingga diharapkan bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Kami percaya bahwa curhat dapat memberikan rasa tenang, tidak sendirian dan mencegah membuat kondisi menjadi lebih buruk. 

Yuk ikut berbagi ceritamu di sini dengan mendaftar di Writing Therapy.

About the author
cinta cemburu Cemburu

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.