Jaga Hubungan Longlast Meski Hadapi Long Distance

Freya Velope
Jaga-hubungan-longlast-meski-hadapi-long-distance

Menjalin sebuah hubungan jarak jauh (long distance relationship) memang menjadi tantangan bagi sebagian pasangan. Secara status pasangan tersebut masih menjalin hubungan romantis, namun secara fisik, mereka dipisahkan oleh jarak. Setiap pasangan pun memiliki persepsi yang berbeda-beda mengenai hubungan jarak jauh.

Tidak jarang pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh, justru lebih sering mengalami konflik dalam hubungannya. Pada akhirnya hubungan mereka pun kandas. Seperti sebuah pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati, lebih baik mencegah hubungan kandas dengan komitmen diri masing-masing daripada mengobati sakit hati setelah hubungan kandas. Berikut hal yang perlu kamu pahami untuk menjaga hubungan jarak jauh agar tetap langgeng.

Menjaga Komunikasi

Dalam sebuah hubungan, komunikasi menjadi sebuah kunci. Komunikasi perlu dijaga ketika kamu menjalin sebuah hubungan, baik hubungan persahabatan, pacaran, atau bahkan suami istri. Konflik komunikasi ini yang paling sering terjadi selain konflik kecemburuan.

Maka dari itu, jika hubungan kamu sedang mengalami konflik, ada baiknya untuk saling berkomunikasi, karena diam tidak akan menyelesaikan masalah. Berdiskusilah dengan kepala dingin, setelah itu baru ambil sebuah keputusan, sebab mengambil keputusan bukanlah perkara yang mudah.

Menjaga Hati dan Pikiran

Perasaan dan pikiran negatif juga menjadi salah satu timbulnya konflik dalam hubungan jarak jauh. Sering kali konflik tersebut muncul karena perasaan curiga, cemburu, cemah, khawatir dan sebagainya. Memiliki perasaan cemburu atau curiga yang berlebihan dan terus menerus justru dapat membuat hubungan kamu semakin renggang.

Padukan insting perasaanmu dengan komunikasi yang baik, sehingga hal-hal seperti kecemburuan dan kecurigaan dapat berkurang. Bukan berarti kamu tidak boleh cemburu atau curiga dengan pasanganmu, namun jika hal itu terjadi terlalu sering tanpa adanya bukti, hal tersebut dapat berdampak buruk bagi hubungan kamu.

Jangan Menolak Permintaan Maaf

Terima lah permintaan maaf dari pasanganmu jika terjadi konflik atas kesalahan pasanganmu, sebab menerima permintaan maaf dari pasanganmu akan mengurangi dampak negatif dari konflik yang terjadi.

Individu pemaaf cenderung akan memiliki kesadaran diri untuk meningkatkan hubungannya dan menghindari konflik yang berujung menyebabkan kandasnya sebuah hubungan.

Sediakan Waktu Luang untuk Bertemu

Pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh cenderung jarang bertemu karena terpisahkan oleh jarak. Maka dari itu, masing-masing dari kamu perlu menyediakan waktu luang untuk janji bertemu. Tidak perlu terlalu sering, namun kuncinya ketika kamu sedang bertemu, fokuskan kegiatan dan nikmati waktumu hanya dengan pasanganmu. Jadi pertemuanmu tidak akan sia-sia dan hindari konflik-konflik kecil.

Nah, bagi kalian yang sedang menjalani hubungan jarak jauh, apakah sudah melakukan hal-hal seperti yang disebutkan di atas? Intinya hubungan dijalankan oleh dua orang yang saling berhubungan, sehingga perlu adanya komitmen untuk menjalankan hal-hal tersebut dari masing-masing pribadi.

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Freya Velope
Kamu terjebak dalam circle pertemanan lawan jenis? Fakta persahabatan lawan...
Pacaran beda agama dapat menjadi benteng dalam hubungan percintaan kamu,...
Stalking mantannya pasanganmu adalah hal yang tidak sehat, hal itu...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Freya Velope
Bisakah Lawan Jenis Murni Bersahabat?
Bisakah-lawan-jenis-murni-bersahabat
Kamu terjebak dalam circle pertemanan lawan jenis? Fakta persahabatan lawan jenis dari penelitian menyebutkan hal ini lho....
Pacaran Beda Agama, Perlukah Dipertahankan?
Pacaran-beda-agama-perlukah-dipertahankan
Pacaran beda agama dapat menjadi benteng dalam hubungan percintaan kamu, berikut hal yang perlu dipertimbangkan untuk menjaga hubunganmu....
More from BDC
Jatuh cinta memang berjuta rasanya. Hidup serasa penuh bunga dan...
Beberapa tahun terakhir orang-orang sudah mengenal kepribadian ekstrovert dan introvert.
Kamu masih single? Atau sedang dalam hubungan komitmen dengan kekasih...
Terlibat dalam sebuah project tertentu dalam jangka waktu yang tidak...
Berkembangnya media sosial memudahkan penggunanya untuk mengungkapkan isi hati.