Jangan Sampai Jadi Korban Tinder Swindler: 7 Tips Aman Ketemu Gebetan Dari Dating App

Jangan Sampai Jadi Korban Tinder Swindler: 7 Tips Aman Ketemu Gebetan dari Dating App

Dunia telah dikejutkan dengan terungkapnya kasus Simon Leviev dalam film The Tinder Swindler yang tayang di Netflix. Simon Leviev adalah seorang penipu cerdik yang memanfaatkan aplikasi kencan online, Tinder, untuk memeras harta wanita-wanita yang ia temui. 

Baca juga: Tanda Pria Takut Kehilangan Kamu Meski Kelihatannya Cuek

Aplikasi kencan online memang mudahkan para jomblo menemukan cinta sejatinya tapi tak jarang kejahatan sering bermula dari sini. Pssst.. kamu nggak perlu panik dan takut karena semua ada tips aman biar kamu nggak jadi korban Tinder Swindler selanjutnya. Perhatikan 7 tips ini, ya! 

Jangan buru-buru baper, baca ini sebelum ketemu sama gebetan online-mu!

  1. Don’t overshare

Dimulai dari perkenalan awal dari chat di aplikasi, kamu jangan pernah membahas hal-hal yang sangat sensitif seperti data diri termasuk alamat rumah juga latar belakangmu. Nggak ada yang benar-benar tahu sosok dibalik foto profil yang mereka pasang. Mulailah percakapan dengan topik-topik umum seperti hobi, film favorit, atau tren yang sedang marak diperbincangkan. 

  1. Lakukan sedikit riset

Tanpa diberi tahu, kamu pasti akan melakukan hal ini. Kamu secara otomatis akan kepo dan mencari tahu siapa dia. Kamu bisa cari dan stalk dari akun sosial medianya seperti Instagram atau Twitter. Bahkan kamu bisa mengetik namanya di mesin pencari seperti Google untuk menilai seberapa baik dirinya. Apabila kamu melihat tanda-tanda yang kurang baik mungkin dari komentar yang disematkan pada foto yang diunggah, kamu boleh banget untuk mundur secara perlahan dan meninggalkannya juga menolak ajakan pertemuan yang akan dibuat. 

  1. Jangan tergesa-gesa 

Udah keburu terbawa perasaan alias baper dan pengen lekas kopi darat? Tunggu… jangan tergesa-gesa! Perhatikan cara mereka chat kamu serta ‘data-data dari riset kecilmu.’ Jangan percaya begitu saja dari omongan mereka yang kita tidak kenal. Mendapatkan sesuatu yang manis pasti membutuhkan proses. Tidak ada yang instan. 

  1. Bertemu di tempat umum 

Saat kamu sudah yakin dan mantab, kamu boleh menerima ajakannya untuk bertemu secara langsung. Pastikan kalian memilih tempat umum yang lumayan ramai seperti cafe atau restoran. Dengan tempat yang banyak orang, hal ini meminimalisir niatan untuk bertingkah kurang menyenangkan. Selain itu, jika kamu menemui tanda-tanda tidak baik yang membuatmu kurang nyaman, kamu bakal lebih mudah untuk meminta bantuan atau pertolongan baik dari karyawan cafe atau restoran juga para pengunjung. 

  1. Beri tahu orang terdekatmu 

Poin yang sama pentingnya, kamu perlu lho untuk memberi tahu orang terdekatmu seperti keluarga atau sahabat-sahabat ketika kamu hendak pergi bertemu dengannya. Berikan informasi tempat kalian akan bertemu, waktu pertemuan juga sosok yang akan kamu temui. Kalau perlu, share live location bisa kamu gunakan agar mereka bisa melacak keberadaanmu. 

  1. Berangkat sendiri dan pulang sendiri 

Tips untuk kamu yang akan bertemu pertama kali dengan gebetan dari dating apps adalah berangkat dan pulang sendiri. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa bawa kendaraan sendiri atau pakai kendaraan umum. Bisa juga kamu minta tolong diantarkan sahabat atau orang terdekat lainnya menuju tempat ketemuan agar mereka bisa turut memastikan semua aman. 

  1. Segera pergi saat tidak nyaman 

Kamu nggak perlu takut dan nggak enak untuk mengakhiri pertemuan saat kamu melihat gelagat tidak menyenangkan. Percaya hati dan intuisi. Kalau kamu merasa sudah tidak betah dan tidak nyaman, segera akhiri dan pergi. 

Baca juga: Alasan Kenapa Cewek Tidak Mau Putus, Wah Ngeri Yah!

Menggunakan dating app memang seru. Selain bisa bersosialisasi dengan orang baru, kamu bisa memiliki kemungkinan menemukan the one untukmu. 7 hal tersebut bisa kamu jadikan pedoman sebelum bertemu dengan gebetanmu dari dating apps. Kita tidak pernah tahu isi hati dan pikiran seseorang. Selain itu, keselamatanmu itu yang paling penting. Good luck!

Belajardaricinta.id bertujuan untuk menjadi tempat untuk curhat, berbagi tulisan dan kisah yang membangun, dan memberikan perspektif baru bagi pembacanya, sehingga diharapkan bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Kami percaya bahwa curhat dapat memberikan rasa tenang, tidak sendirian dan mencegah membuat kondisi menjadi lebih buruk. 

Yuk ikut berbagi ceritamu di sini dengan mendaftar di Writing Therapy.

About the author
cinta tips cinta

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.