Jatuh Cinta pada Dua Orang Sekaligus, Boleh Nggak?

Ardi

Boleh nggak jatuh cinta pada dua orang sekaligus? Jatuh cinta adalah insting yang didorong oleh bawah sadar manusia. Insting ini adalah warisan sejak zaman purba, yang menilai seks sebagai kebutuhan biologis. 

Itulah sebabnya jatuh cinta ke dua orang sekaligus menjadi hal yang mungkin terjadi. Profesor psikologi UCLA,  bernama Ramani Durvasula mengatakan jatuh cinta pada dua orang sekaligus seperti es krim. Es krim coklat dan stroberi berbeda rasa, namun sama-sama enak. 

Karena itu, ketertarikan kepada orang lain adalah alamiah dan wajar. Durvasula mengatakan jatuh cinta pada dua orang yang berbeda sifat dan karakter bisa terjadi. Perbedaan tersebut dianggap bisa saling melengkapi, dan dibutuhkan oleh dia yang jatuh cinta pada dua orang sekaligus.

Baca juga: Jatuh cinta dengan duda boleh nggak sih?

Bolehkah jatuh cinta pada dua orang sekaligus?

Meski suatu hal yang alamiah dan wajar, tapi kamu tidak bisa melakukan hal ini terus. Sebab, hal ini bisa membuat kamu stres. Selain itu, menggantungkan atau memainkan perasaan orang lain akan berdampak buruk pada kehidupan sosial kamu. 

Karena itu, sebaiknya kamu harus mengetahui karakter mana yang cocok dan kamu butuhkan.  Karakter yang bisa membuat kamu nyaman, bisa berkomunikasi dengan baik, memiliki kompromi dan memiliki visi ke depan bersama. Pilih salah satu, dan berikan pernyataan jelas untuk seseorang yang akan kamu tolak.      

Yang akan terjadi kalau kamu mencintai dua orang sekaligus

Bisa kehilangan keduanya

Mencintai dua orang sekaligus sangat berisiko. Kalau mereka tahu yang kamu lakukan, mereka tidak segan untuk meninggalkan kamu, karena sakit hati, merasa ditipu, dan dikhianiati. 

Cemas

Kamu akan sering merasa cemas dan ketakutan. Takut kalau cinta segitiga yang kamu lakukan terbongkar. Karena hal ini kamu terpaksa terus berbohong, agar tidak ketahuan. 

Berpotensi selingkuh terus

Bahaya lagi kalau kami menikmati hal ini. Kamu berpotensi menjadi pelaku selingkuh setiap kamu menjalin hubungan dengan seseorang. 

Selingkuh adalah sebuah candu atau adiksi. Hal ini membuat pelakunya sulit untuk keluar, dan cenderung untuk terus selingkuh. 

Baca juga: Benarkah alasan pria jatuh cinta hanya karena seks?

Cara mengakhiri cinta segitiga

Berani tinggalkan

Tidak ada kebahagiaan dalam hubunga seperti ini. Yang ada kamu akan terjebak lebih dalam dan sulit keluar, jika tidak segera dihentikan. 

Kamu harus tegas pada diri sendiri. Berani meninggalkan seseorang yang sedang kamu permainkan. 

Cari kegiatan positif

Jika kamu terjebak pada cinta segitiga yang cukup lama, bisa jadi kamu melakukan hal itu karena takut kesepian. Karena itu cobalah untuk mencari kegiatan positif. Seperti bergabung dengan komunitas tertentu yang kamu sukai, atau melakukan hobi baru. 

Bicarakan dengan orang terdekat

Kamu harus membicarakan hal ini dengan orang terdekat, seperti sahabat kamu. Ini penting dilakukan agar kamu mendapatkan opini terkait masalah kamu. 

Baca juga: Yang dilakukan wanita ketika jatuh cinta 

Harus pilih yang mana? 

Profesor Alexandara Solomon dari Northwestern University mengatakan bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memilih salah satu dari dua orang yang kamu cinta. 

Hubungan ternyaman

Di antara dua hubungan, kamu tahu mana hubunga yang paling nyaman dan sungguh-sungguh. Kamu juga tahu hubungan mana yang hanya untuk senang-senang. 

Bikin perbandingan

Kamu juga tahu apa dan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Buatlah perbandingan agar kamu tahu sosok mana yang sesuai dengan kamu. 

Mana yang punya visi ke depan

Kamu juga tahu sosok mana yang memiliki visi ke depan. Misalnya rasa tanggung jawab dan karir yang stabil. Ini penting bila kamu ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih serius. 

Nah itulah yang akan kamu jalani jika jatuh cinta pada dua orang sekaligus. Meski suatu kewajaran, jatuh cinta pada dua orang sekaligus sangat berisiko. Karena itu sebaiknya dihindari saja yah. 

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardi
Cerita selfcare kali ini ingin menceritakan bahwa banyak lho kasus...
Ada 3 macam perilaku toxic relationship yang harus kamu cermati.
Depresi karena patah hati adalah hal yang bahaya. Banyak penderita...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardi
Cerita Selfcare: Gara-gara Sering Dipukulin, Jadi Benci Banget Sama Orangtua Kandung Sendiri
Cerita-selfcare-gara-gara-sering-dipukulin-jadi-benci-banget-sama-orangtua-kandung-sendiri
Cerita selfcare kali ini ingin menceritakan bahwa banyak lho kasus kekerasan dari rumah tangga yang akhirnya membuat mental anak menjadi hancur dan terbawa hingga mereka dewasa....
Jenis Perilaku di Toxic Relationship yang Harus Kamu Tahu
Jenis-perilaku-di-toxic-relationship-yang-harus-kamu-tahu
Ada 3 macam perilaku toxic relationship yang harus kamu cermati....
More from BDC
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menjalani hidup setelah putus cinta bukan hal yang mudah. Dunia...
Bukan menjadi rahasia lagi jika seorang istri yang sedang ulang...
Dalam hubungan berpacaran, rasa ingin memiliki merupakan persoalan wajar. Tetapi...
Flirting adalah kondisi saat seseorang menggoda orang lain. Hal ini...