1

Kapan Waktu yang Tepat Bicara Pernikahan

Fase penting dalam sebuah hubungan cinta adalah menikah. Tapi, banyak pasangan yang masih kesulitan menemukan timing untuk membicarakan pernikahan. 

Sebelum mencapai topik pernikahan, pasangan harus mengetahui ada pada level mana hubungan mereka. Hal ini penting untuk mengetahui adanya kesamaan visi dalam sebuah hubungan. 

Fase Romansa

Pada fase ini, pasangan seperti kecanduan satu sama lain. Segalanya tampak sangat indah, tidak ada kesalahan. 

Fase romansa juga disebut sebagai tahapan euforia. Ini berlangsung sekitar dua bulan hingga satu tahun. Dan kebanyakan pasangan akan mengabaikan topik pernikahan pada fase ini. 

Fase Penyesuian

Pada fase ini, tahapan euforia sudah mulai pudar. Pasangan mulai menyadari kebiasaan (baik dan buruk pasangannya. Komunikasi yang terbuka, kejujuran sangat penting pada fase ini, jika ingin hubungan terus berlanjut. 

Pada fase ini, pasangan mulai membuka diri tentang rencana masa depan. 

Baca Juga: 

Fase Koneksi

Dikenal sebagai fase persahabatan. Pada fase ini sebagian besar pasangan mulai berbicara tentang pernikahan. 

Pada fase ini pasangan telah menemukan ritme satu sama lain. Kepercayaan pun telah dibangun. Fokus pun telah bergeser dari ‘aku’ ke ‘kita’.

Pasangan telah memikirkan masa depan dan ingin membuat rencana bersana. Impian, harapan visi dan tujuan bersama telah terbangun dengan baik. 

Namun, pada fase ini, kerap juga pasangan untuk menolak membicarakan pernikahan. Hal itu diakibatkan ketakutan akan ketidakpastian masa depan.  

Fase perebutan kekuasaan

Fase ini dikenal juga sebagai tahap meragukan atau perbaindingan. Kamu mulai membandingkan hubungan kamu dengan hubungan orang lain. Kamu bisa menganggap pernikahan sebagai hal penting, sementara pasangan menganggap tidak penting. Bisa juga sebaliknya. Perbedaan ini bisa berpotensi menyebabkan perpisahan. 

Fase stabilisasi

Pada fase ini pasangan akan membuat komitmen bersama. Jika sebelumnya masih sebatas diskusi pernikahan, maka pada fase ini pasangan sudah membicarakan tentang kehidupan bersama, memiliki anak bersama, rumah dan hal lain di masa depan. 

Sayangnya, beberapa pasangan tidak mencapai fase ini. Tapi mereka yang berhasil masuk ke fase ini telah memiliki lebih banyak cinta, kepercayaan dan koneksi dengan pasangannya. 

Fase ini sebetulnya waktu ideal untuk membicarakan pernikahan dan masa depan dengan pasangan.

BACA JUGA:

Beberapa hal lain yang penting untuk dipikirkan sebelum mengajak pasangan menikah adalah: 

  1. Apa alasan kamu ingin menikah? 
  2. Mengapa sekarang adalah waktu yang tepat untuk membicarakan pernikahan? 
  3. Apakah ada orang yang menginspirasi kamu untuk segera menikah? 
  4. Apa kamu dan pasangan siap secara emosional, mental dan fisik untuk membahas pernikahan? 
  5. Apakah ada faktor keyakinan seperti (agama, budaya, keluarga, sosial) yang perlu dipertimbangkan?




About the author
Pernikahan menikah pernikahan

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.