Kapan-waktu-yang-tepat-menyatakan-cinta-ke-gebetan

Kapan Waktu yang Tepat Menyatakan Cinta ke Gebetan?

Kalian yang sedang jatuh cinta, kalian harus tahu kapan waktu yang tepat menyatakan cinta. Soalnya, menyatakan cinta itu nggak bisa sembarangan. Perlu timing. Kalau timingnya tidak tepat, kemungkinan besar kalian akan ditolak oleh gebetan. 

Jangan baru beberapa hari, atau baru seminggu dekat dengan gebetan, kalian langsung menyatakan cinta. Kalau itu terjadi, potensi kalian ditolak sangat besar. 

Jadi, kalian harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menyatakan cinta. Survei yang dilakukan YouGov diketahui bahwa 22 persen orang menunggu sampai tiga bulan pendekatan kepada gebetan. 

Baca juga: Alasan kamu harus menyatakan cinta, jangan sampai tidak! 

Sementara 14 persen lainnya menunggu sampai enam bulan pendekatan sampai akhirnya menyatakan cinta. Adapun 6 persen lainnya menunggu sampai 1 tahun untuk menyatakan cinta. 

Dan yang mengenaskan, 3 persen orang mengaku hanya memendam perasaan suka ke gebetan, karena nggak berani menyatakan cinta.  

Dari survei YouGov juga diketahui adanya orang-orang yang secara cepat menyatakan cinta. Yaitu sebanyak 13 persen menyatakan dalam waktu sebulan dan 3 persen menyatakan dalam waktu seminggu.  

Jadi kapan sih waktu ideal menyatakan cinta? 

(Ilustrasi menyatakan cinta, source pexels)

Penelitian YouGov menyebut bahwa waktu terbaik menyatakan cinta adalah setelah tiga bulan sampai empat bulan melakukan pendekatan atau PDKT. Seseorang diyakini telah merasa yakin, siap dan yang terpenting sudah merasakan adanya kedekatan yang spesial. 

Sebab cinta itu tumbuh secara perlahan. Pada waktu tiga bulan diyakini bahwa cinta sedang bersemi dengan indah. Dan di waktu ini, kebanyakan orang merasa sudah tidak bisa menunggu lebih lama lagi untuk mengutarakan perasaannya. 

Dikutip dari eHarmony, pakar hubungan kenamaan, James Preece mengatakan bahwa waktu sekitar tiga bulan sampai 4 bulan adalah waktu yang tepat dan ideal untuk menyatakan cinta kepada gebetan. 

“Di waktu itu kamu dan dia sudah saling mengenal. Kemungkinan besar hubungan bisa terjadi, karena dia (gebetan) akan menerima cinta kamu,” kata Preece. 

Baca juga: Cara menyatakan cinta yang ampuh ke gebetan, dijamin diterima 

Lantas bagaimana dengan orang yang menyatakan cinta di bawah tiga bulan? 

(Ilustrasi, source pexels)

Menyatakan cinta dalam waktu kurang dari tiga bulan memang tidak dilarang. Karena tidak ada aturan pasti untuk menyatakan cinta. 

Menyatakan cinta dalam waktu kurang dari tiga bulan, memang bisa saja untuk diterima. Tapi berdasarkan penelitian, menyatakan waktu kurang dari tiga bulan, kebanyakan hubungannya tidak akan bertahan lama. Karena hubungan semacam ini biasanya berlandaskan nafsu bukan cinta. 

James Preece menjelaskan, kalau kamu menyatakan cinta kurang dari sebulan, maka hal itu tidak terlalu baik. Karena kamu dan dia belum saling mengenal. 

“Kalau terlalu cepat menyatakan cinta bisa membuat orang tersebut (gebetan) takut dan menjauh sebelum dia mengenal kamu,” kata Preece. 

Dia menambahkan, sebetulnya ada satu hal yang perlu dicatat sebelum menyatakan cinta. Pastikan kamu mengatakannya karena alasan yang tepat. 

“Jadi jangan asal mengatakan I love you, karena cuma ingin memberi tahu perasaan kamu kepada dia. Jangan mengatakan hal itu karena ingin mendapatkan balasan cinta saja. 

Baca juga: Yang dilakukan cewek ketika jatuh cinta

Pernyataan Preece juga diperkuat oleh Psikolog Dr Joshua Klapow. Menurutnya, menyatakan cinta adalah definisi dari keseriusan hubungan. Menyatakan cinta terlalu dini belum bisa diartikan sebagai ajakan untuk memulai hubungan yang serius. 

“Kalau kamu menyatakan cinta terlalu dini, kemungkinan pasangan hanya akan membalas dengan senyuman kemudian secara perlahan mulai menarik diri,” katanya. 

“Atau gebetan kamu juga bisa tidak akan mengatakan apapun, sebagai tanda penolakan. Jadi kamu yang menyatakan cinta dalam waktu singkat, harus bersiap menerima kemungkinan itu,” Klapow menambahkan. 

Hal itu terjadi karena mungkin gebetan tidak ingin melukai perasaan kamu, jadi dia tidak mengatakan balasan apapun. “Itu bisa terjadi karena dia kaget dengan ungkapan cinta kamu, atau bisa juga stres.” 

“Bisa juga dia membalas dengan ucapan terima kasih, atau justru mengubah topik pembicaraan. Itu merupakan tanda dia menolak cinta kamu.” 

Dari penjelasan di atas diketahui bahwa waktu yang tepat untuk menyatakan cinta adalah sekitar 3 bulan sampai 4 bulan pendekatan dengan gebetan. Jadi, jangan terlalu buru-buru untuk menyatakan cinta, apalagi jika pendekatan dilakukan kurang dari satu bulan. 

Awas terjebak nafsu!

Menyatakan cinta kurang dari satu bulan bisa diartikan sebagai nafsu, bukan cinta. Btw belajardrcinta pernah juga lho membahas soal beda cinta dan nafsu. 

Buat kalian yang penasaran seperti apa beda cinta dan nafsu kalian bisa baca tautan di bawah ini yah. Jadinya kalian menyadari hubungan yang kalian bina ini berdasarkan cinta atau malah berdasarkan nafsu. 

Baca juga: Beda jatuh cinta dan nafsu, yang mana hubungan kalian?  

About the author
menyatakan cinta

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.