Kenali 5 Jenis Cinta Paling Menyakitkan dan Cara Mengatasinya

Ardy Pratama

Siapa sih yang nggak pernah merasakan jatuh cinta? Dunia mendadak cerah dan penuh bunga. Terlebih ketika kamu sudah mulai menjalin kedekatan dengannya. Orang-orang serasa sedang ngontrak di dunia ini. Pokoknya semua terasa indah!

Baca juga Tanda Pria Takut Kehilangan Kamu Meski Kelihatannya Cuek

Setelah berjalan beberapa waktu, kamu mengetahui bahwa cinta tak selamanya seindah FTV atau drakor yang berakhir manis. Kamu bisa patah hati setelah mengetahui informasi atau tingkah pasangan. Sebelum kamu jauh melangkah, simak 5 jenis cinta paling menyakitkan dan cara mengatasinya. 

Mengatasi galau berdasar jenis masalah cintamu


  1. Cinta beda agama 

Bukan perkara baru dalam dunia percintaan, cinta beda agama selalu menjadi alasan banyak pasangan menyudahi hubungan mereka. Entah karena tidak mendapatkan restu dari keluarga atau peraturan negara yang melarang adanya pernikahan beda agama. 

Untuk kamu yang mau atau sedang menjalin hubungan beda agama, perlu kamu persiapkan bahwa akan ada kemungkinan untuk menyudahi hubungan karena alasan ini. Jika saat itu tiba, kamu mungkin untuk sementara harus berhenti berinteraksi dan berkomunikasi. Kalau sekiranya nanti kalian sudah siap dan sudah berdamai dengan realita, kalian bisa kok membangun komunikasi layaknya seorang teman. 

Tapi, ingat ya. Kamu boleh saja tetap menjalin komunikasi dengan mantan kekasih, tapi jangan pernah mengharapkan dia untuk bersama. Simpan kenangan manis bersamanya. Jadikan momen-momen dalam pacaran sebagai pelajaran berharga saat memulai dengan pasangan yang baru kelak. 

 

  1. Kasih yang tak terbalas

Siapa yang tak sakit hati ketika cinta tak mendapat balasan? Kamu menaruh hati padanya tapi tidak sebaliknya. Hal ini juga terjadi ketika kamu sudah berjuang untuk “kita” tapi kamu seorang saja yang berusaha. Rasa sakit itu sangat bisa dipahami.

Jika kamu sedang mengalami hal serupa, sudah waktunya kamu melepaskan dia.

Hadapi kenyataan kalau nggak semua harus seperti yang kamu harapkan. Segera beranjak dari hal tersebut. Kehidupanmu lebih berharga untuk diteruskan daripada cinta yang tak terbalaskan. 

Nggak cuma kamu kok yang pernah mengalaminya. Saking seringnya terjadi, lagu-lagu sedih soal cinta bertepuk sebelah tangan bisa gampang kamu temui. Sesekali mendengarkan buat menemani tangis sih, boleh. Tapi, jangan sampai berlarut-larut. 


  1. Cinta pada orang yang belum move on

Tidak kalah menyedihkan, jatuh cinta pada orang belum move on rasanya seperti berjuang sendiri dan bisa menjadi sia-sia. Hal-hal yang telah kamu berikan terasa tidak berarti karena di pikirannya masih tergambar jelas sosok mantan kekasihnya. Biasanya, mereka yang belum bisa move on memiliki hal-hal yang belum terselesaikan atau perpisahan mereka dilakukan dengan cara yang tidak baik-baik. 

Kalau kamu terjebak dalam hubungan seperti ini, kamu perlu untuk membicarakan secara terus terang pada pasangan. Jika diketahui bahwa ada yang belum selesai dengan “masa lalunya,” kamu sebaiknya berbesar hati untuk mengizinkan pasangan untuk menjalin komunikasi kembali dengan sang mantan untuk mengutarakan dan menyelesaikan hal yang tertinggal. 

Terkadang, orang-orang yang belum bisa move on ini masih terjebak dengan dirinya dan masa lalunya. Sebagai konsekuensi, kamu perlu melihat kemungkinan baru bahwa mereka akan melepaskanmu karena butuh untuk menata hati. Jika kamu memiliki hati yang lapang, katakan padanya bahwa kamu siap menemainya untuk berjalanan melalui masalah ini. Jika kamu merasa belum siap, kamu bisa menemukan kemungkinan baru dengan orang yang berbeda. 


  1. Jatuh cinta pada orang yang terlalu ramah 

Sikap ramah pada banyak orang memang diperlukan dalam bersosialisasi. Sayangnya, sikap ini berubah menjadi sebuah masalah ketika pasangan merasakan gejolak cemburu karena sikap ramah terhadap semua orang. Agak sakit memang karena kelihatannya nggak ada perbedaan ketika dia nge-treat pacar dan orang lain. 

Masih ingin bertahan? Bisa kok!

Utarakan bahwa kamu merasa tidak sebanding dengan teman-temannya karena tidak ada perhatian khusus darinya. Beri dia pemahaman bahwa kekasih dan teman itu berbeda. Setelah itu, kamu perlu memberikan dia waktu untuk mencoba memperbaiki ini. 

Jika kamu dan dia sudah mulai berkomitmen untuk memperbaiki hubungan, kamu perlu untuk menyibukkan diri agar tidak terpaku dengan dia. Selain itu, dengan menyibukkan diri melakukan hal positif, kamu juga bisa meningkatkan value sebagai seorang individu. 


  1. Jatuh cinta pada pujaan banyak orang 

Seperti bermain tebak-tebak berhadiah, kamu mungkin akan sulit mendapatkannya karena saingannya banyak. Kamu bisa jadi tidak terlihat olehnya karena tentu saja yang mendekatinya juga tak kalah banyak. Eits, tapi kamu masih punya kesempatan loh, meski kamu harus siap juga akan konsekuensinya. 

Misalnya, buat dia sadar akan kehadiranmu dengan cara meningkatkan kemampuan diri. Ketika kamu bisa mencoba hal baru atau meningkatkan talenta yang sudah kamu pupuk, keuntungan itu akan kembali pada dirimu dan bonusnya, kamu bisa dilirik olehnya.

Baca juga Cara Buat Pria Merasa Kehilangan, Pas Banget buat yang Punya Pacar Cuek

Jatuh cinta itu tidak pernah salah. Semua akan selalu indah, sayangnya, memang ada beberapa hal yang membuatnya berantakan. Kamu tidak perlu berlarut-larut dalam kesedihan. Fokuslah pada diri sendiri untuk meningkatkan value yang kamu punya demi dirimu sendiri. 

Belajardaricinta.id bertujuan untuk menjadi tempat untuk curhat, berbagi tulisan dan kisah yang membangun, dan memberikan perspektif baru bagi pembacanya, sehingga diharapkan bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Kami percaya bahwa curhat dapat memberikan rasa tenang, tidak sendirian dan mencegah membuat kondisi menjadi lebih buruk. 

Yuk ikut berbagi ceritamu di sini dengan mendaftar di Writing Therapy.

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Curhat cinta memang bisa menjadi aktivitas yang melegakan hati dan...
Drama Korea tidak hanya bercerita tentang pria kaya yang jatuh...
tidak semua drakor balas dendam dikemas dengan menegangkan. Ada juga...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Tips Curhat Cinta agar Semakin Efektif dan Melegakan
Tips-curhat-cinta-agar-semakin-efektif-dan-melegakan
Curhat cinta memang bisa menjadi aktivitas yang melegakan hati dan membuat hati semakin tenang ketika dilanda permasalahan cinta. Namun, ada beberapa orang yang ragu untuk melakukannya....
Seru! Tonton Drakor Wanita Kaya Jatuh Cinta pada Pria Miskin
Seru-tonton-drakor-wanita-kaya-jatuh-cinta-pada-pria-miskin
Drama Korea tidak hanya bercerita tentang pria kaya yang jatuh cinta pada wanita miskin. Ada juga wanita kaya yang...
More from BDC
Hubungan yang awet adalah impian setiap orang untuk itu diperlukan...
ada banyak cerita sedih tentang cinta yang sangat diminati. Tema...
Mengenal berbagai genre cerita cinta dan tips menulisnya
Galau urusan cinta? Lanjut atau Putus? Berikut alasan yang dapat...
Putus cinta merupakan momen tersulit yang dialami oleh siapa saja,...