Kupas Tuntas Fenomena Friends with Benefit

Ardy Pratama

Siapa sih yang enggak pernah dengar friends with benefit atau singkatnya FWB?

Teman tapi mesra gitu deh, katanya. Berteman kayak pacaran tapi nggak pacaran. Hayo lo gimana tuh? 

Yes, betul. Friends with benefit bisa secara singkat bisa dikatakan bahwa sepasang teman yang memutuskan untuk menjalin pertemanan yang melibatkan kontak fisik secara intim tapi tidak didasari dengan komitmen. Mereka akan menghabiskan waktu bersama layaknya sepasang kekasih tapi tidak ada cinta diantara keduanya. 

Kenapa mereka memutuskan menjalani FWB? 

Baca juga: Alasan Cewek Balikan Sama Mantan Pacar, Ketahuan Deh!

Jawaban sederhananya adalah mereka tidak ingin terlibat dalam drama percintaan. Diantaranya, mereka tidak ingin ada komitmen yang harus dijalani. Dalam suatu hubungan romantis mungkin akan ada tekanan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius, pernikahan misalnya. FWB menghilangkan tekanan itu karena, ya, tidak ada ‘kepemilikan’ antar teman. FWB juga memungkinkan untuk berlangsung selamanya. Tidak ada kata putus dalam menjalaninya, kecuali saat salah satu melanggar peraturannya. Orang-orang yang terlibat dalam hubungan FWB benar-benar mencari kenyamanan saja.

Cek apakah kamu dan dia siap untuk FWB-an

Jika kamu merasa seperti orang-orang yang telah dideskripsikan, mungkin friends with benefit bisa jadi pilihannya. Coba perhatikan poin-poin dibawah ini untuk memastikan apakah kamu dan dia bisa ada dalam FWB.

  1. Pastikan satu pikiran

Poin pertama yang sangat mendasar, pastikan kamu dan dia dalam satu pikiran mengenai friends with benefit ini. Bicaralah terbuka dengannya tentang peraturan yang harus dijalani saat berada dalam hubungan ini. Pastikan mereka mengerti bahwa hubungan seksual dapat terjadi dalam hubungan tanpa komitmen ini. 

  1. Tidak mencari cinta dan komitmen 

Hal dasar lainnya adalah menjalin friends with benefit tidak akan cinta yang menjadi dasar hubungan ini. Tidak ada komitmen juga sehingga tidak ada harapan lebih seperti pernikahan yang bisa dibicarakan dalam hubungan ini. Friends with benefit benar-benar hanya seperti pertemanan biasanya. Dia bukan belahan jiwamu dan sebaliknya juga dia tidak akan memberimu afeksi layaknya seorang kekasih. 

  1. Dia bisa pergi dengan orang lain 

Karena tidak terikat dalam hubungan dengan komitmen, jangan bete jika dia juga pergi dengan orang lain. Sebaliknya, kamu juga bisa menjalin hubungan dengan yang lain. Jadi pastikan jangan ada perasaan berlebihan ketika berada dalam hubungan friends with benefit. 

  1. Enjoy dengan hubungan ini 

Jelas saja, dalam segala poin, everything will work if you enjoy doing it. Ketika kamu dan dia sudah paham dengan konsep dan ‘aturan’ ini, hubungan ini akan berlangsung dan akan menghasilkan keuntungan yang memuaskan bagi kedua belah pihak. 

Friends with benefit sudah banyak dilakukan oleh orang-orang. Mereka menyebutkan bahwa FWB-an lebih mengasyikan daripada menjalin hubungan romantis. Kenapa? Berikut alasan-alasannya: 

  1. Lebih tahan lama 

Karena tidak ada drama-drama percintaan, hubungan ini bisa berlangsung lama. Meski terpisah beberapa waktu, tidak ada keinginan untuk memaksakan bertemu.

  1. Lebih mudah berpisah 

It is easy to say goodbye. Tidak akan ada air mata dan pedih yang dirasakan layaknya pasangan yang telah berpacaran lama. Alasan yang diungkapkan akan lebih jelas dan masuk akal seperti, hubungan seksual yang sudah tidak berjalan semenyengkan seperti dahulu atau kamu ternyata menemukan seseorang yang ingin diajak serius menjalin hubungan berkomitmen. 

  1. Tidak perlu mengenalkan ke orang-orang 

Berbeda dengan hubungan romantis yang memaksamu untuk mengenalkan pasangan ke teman bahkan keluarga, FWB-an tidak membutuhkan itu. Hanya ada pertemanan biasa di mata mereka. Tidak akan ada saran-saran dari mereka sehingga tidak akan ada drama-drama. 

  1. Waktu yang lebih fleksibel

FWB-an tidak memerlukan komitmen sehingga tidak ada kewajiban untuk memberi kabar setiap beberapa waktu setiap harinya. Waktu dihabiskan akan lebih berkualitas dan menjadi sesuatu yang menyegarkan ketika bertemu dengan pasangan FWB-mu. 

Setelah mengetahui beberapa hal dasar tentang friends with benefit, apakah kamu termasuk tipe yang siap FWB? 

Baca juga: Cara Mengetahui Pasangan Selingkuh Lewat Whatsapp

Belajardaricinta.id bertujuan untuk menjadi tempat untuk curhat, berbagi tulisan dan kisah yang membangun, dan memberikan perspektif baru bagi pembacanya, sehingga diharapkan bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Kami percaya bahwa curhat dapat memberikan rasa tenang, tidak sendirian dan mencegah membuat kondisi menjadi lebih buruk. 

Yuk ikut berbagi ceritamu di sini dengan mendaftar di Writing Therapy.

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Curhat cinta memang bisa menjadi aktivitas yang melegakan hati dan...
Drama Korea tidak hanya bercerita tentang pria kaya yang jatuh...
tidak semua drakor balas dendam dikemas dengan menegangkan. Ada juga...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Tips Curhat Cinta agar Semakin Efektif dan Melegakan
Tips-curhat-cinta-agar-semakin-efektif-dan-melegakan
Curhat cinta memang bisa menjadi aktivitas yang melegakan hati dan membuat hati semakin tenang ketika dilanda permasalahan cinta. Namun, ada beberapa orang yang ragu untuk melakukannya....
Seru! Tonton Drakor Wanita Kaya Jatuh Cinta pada Pria Miskin
Seru-tonton-drakor-wanita-kaya-jatuh-cinta-pada-pria-miskin
Drama Korea tidak hanya bercerita tentang pria kaya yang jatuh cinta pada wanita miskin. Ada juga wanita kaya yang...
More from BDC
Hubungan yang awet adalah impian setiap orang untuk itu diperlukan...
ada banyak cerita sedih tentang cinta yang sangat diminati. Tema...
Mengenal berbagai genre cerita cinta dan tips menulisnya
Galau urusan cinta? Lanjut atau Putus? Berikut alasan yang dapat...
Putus cinta merupakan momen tersulit yang dialami oleh siapa saja,...