Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik yang Terlalu Idealis

Ardy Pratama

Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat atau menenangkan, maka Moms harus bersyukur. Mereka adalah golongan protagonis yang memiliki kepribadian ENFJ atau extrovert, intuitive, feeling, dan judging.

Mereka cenderung senang berterus terang dalam membantu orang lain dan memiliki ide dan nilai yang kuat. Mereka mendukung perspektif mereka dengan energi kreatif untuk mencapai tujuan mereka.

Baca juga:

Tipe Pacar yang Cocok dengan si INFJ

Tanda Cowok Ekstrovert Naksir Kita Dilihat dari Tipe Kepribadian MBTI

Protagonis ENFJ merasa terpanggil untuk melayani tujuan hidup yang lebih besar. Bijaksana dan idealis, tipe kepribadian ini berusaha untuk memiliki dampak positif pada orang lain dan dunia di sekitar mereka.

Protagonis ENFJ tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk melakukan hal yang benar, bahkan ketika semua itu jauh dari mudah. Begitulah ENFJ sang organisator idealis.

Orang dengan kepribadian ENFJ kerap didorong untuk mengimplementasikan visi mereka tentang apa yang terbaik bagi umat manusia.

Mereka sering bertindak sebagai katalis untuk pertumbuhan manusia karena kemampuan mereka untuk melihat potensi orang lain dan karisma mereka dalam membujuk orang lain atas ide-ide mereka.

Para ENFJ selalu menyesuaikan diri dengan kebutuhan orang lain dan sangat sadar akan penderitaan manusia. Namun, mereka juga cenderung optimis dan berpikiran maju, secara intuitif untuk melihat peluang untuk perbaikan.

Singkatnya, ENFJ merupakan golongan yang ambisius. Akan tetapi, ambisi mereka tidak mementingkan diri sendiri. Sebaliknya, mereka merasa bertanggung jawab secara pribadi untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Karakteristik Kepribadian ENFJ

Dari semua tipe kepribadian, ENFJ sering dianggap sebagai "orang yang paling kuat". Mereka mampu menjalin persahabatan dengan semua tipe kepribadian, bahkan dengan individu yang lebih tertutup atau pendiam.

Karena kemampuan mereka untuk merasakan apa yang orang lain rasakan dan mempengaruhi bagaimana orang berperilaku, mereka memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan bahkan memanipulasi orang lain.

Ini diimbangi oleh sistem nilai mereka yang kuat dan keinginan untuk membantu orang lain menjadi yang terbaik yang mereka bisa. ENFJ adalah kebalikan dari tipe kepribadian ISTP.

Dikutip dari Very Well Mind, karakter ini hanya mendominasi sebagian kecil orang-orang di dunia atau hanya sekitar 2%-5%. Lantas, bagaimana karakter kepribadian ENFJ sebenarnya?

1. Extrovert

Bagaimanapun, sifat extrovert yang dimiliki oleh ENFJ membuat mereka suka menjadi pusat perhatian. Mereka sangat terbuka dan tidak takut untuk mendekati orang lain secara terbuka.

Sifatnta yang hangat, penyayang, dan suportif, membuat ENFJ memperoleh kepuasan pribadi dari membantu orang lain. Namun, hal itu terkadang membuat ENFJ dapat mengabaikan kebutuhan mereka sendiri.

2. Intuitive

Orang yang intuitif termasuk orang dengan karakter ENFJ memiliki kepekaan yang kuat terhadap hal-hal yang tidak terucapkan. Mereka suka membuat keputusan berdasarkan naluri mereka. Biasanya tidak ada alasan rasional mengapa suatu keputusan terasa benar.

3. Feeling

Sebagai orang yang sangat berperasaan, orang dengan karakter ENFJ kerap saling menjaga sesama manusia. Perilaku dan keputusan mereka sangat dipengaruhi oleh emosi mereka.

ENFJ pandai membawa konsensus di antara orang-orang yang beragam. Untuk itu, mereka dapat menjadi pemimpin yang luar biasa dan membawa semangat pada kelompok yang dapat memotivasi dan menginspirasi.

4. Judging

Untuk menghasilkan keputusan yang tepat, karakter ENFJ menyukai informasi faktual. Mereka juga menghargai ketertiban dan kontrol dalam hidup mereka. Namun anehnya, mereka tidak menyukai kejutan.

Kelebihan Karakter Kepribadian ENFJ

Mengubah pikiran orang bukanlah tugas yang mudah, tetapi jika ada yang bisa melakukannya, itu adalah orang-orang dengan kepribadian ENFJ. Ini menjadi salah satu keunggulan kepribadian ENFJ.

Senjata rahasia mereka adalah kemurnian niat. Secara umum, orang dengan kepribadian ENFJ dimotivasi oleh keinginan yang tulus untuk melakukan hal yang benar daripada keinginan untuk memanipulasi atau memiliki kekuasaan atas orang lain.

Bahkan ketika mereka tidak setuju dengan seseorang, orang dengan kepribadian ENFJ akan berusaha mencari kesamaan.

Hasilnya adalah orang-orang dengan tipe kepribadian ini dapat berkomunikasi dengan kefasihan dan kepekaan yang hampir mustahil untuk diabaikan, terutama ketika mereka berbicara tentang hal-hal yang dekat dengan hati mereka.

Itu adalah beberapa kelebihan karakter ENFJ dan berikut ini adalah kelebihan lainnya yang berhasil dirangkum oleh Orami, yaitu:

1. Reseptif

Karakter ENFJ memiliki pendapat yang kuat, tetapi mereka jauh dari kepribadian yang tertutup. Mereka menyadari pentingnya membiarkan orang lain mengekspresikan diri mereka sepenuhnya.

Bahkan ketika karakter ENFJ tidak setuju dengan seseorang, mereka mengakui hak orang tersebut untuk menyuarakan kebenaran mereka.

2. Dapat Diandalkan

Orang dengan tipe kepribadian ENFJ sebenarnya dapat diandalkan untuk memenuhi janji dan tanggung jawab mereka, bahkan ketika hal tersebut sulit untuk dilakukannya.

3. Bergairah

Orang dengan kepribadian ENFJ jauh dari orang yang membosankan. Tipe ini penuh dengan minat, dan mereka sangat senang mengejar hobi mereka – apakah itu hiking, memasak, menari, menanam tanaman hias, atau yang lainnya. Akibatnya, mereka jarang menemukan diri mereka kehilangan sesuatu yang menarik untuk dilakukan.

4. Altruistik

Kepribadian ini dikenal karena menyimpan keinginan yang mendalam untuk menjadi kekuatan untuk perubahan positif. Kepribadian ENFJ benar-benar percaya bahwa jika mereka menyatukan orang, mereka dapat melakukan kebaikan.

5. Karismatik

Bertekad dan menginspirasi, kepribadian ENFJ sering menemukan jalan mereka ke peran kepemimpinan. Apakah mereka kapten tim softball atau pemimpin di panggung dunia, mereka jarang melupakan tujuan utama mereka: untuk melayani orang lain.

Baca juga:

Si dia ternyata INFJ? Coba yuk kenali kepribadian INFJ biar...

Ketahui 5 Sisi Lain Cowok Berkepribadian INTJ buat Rebut Hatinya

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
Menjalani hidup setelah putus cinta bukan hal yang mudah. Dunia...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)....
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik yang Terlalu Idealis
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik Yang Terlalu Idealis
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat atau menenangkan, maka Moms harus bersyukur....
More from BDC
Menjalani hidup setelah putus cinta bukan hal yang mudah. Dunia...
Bukan menjadi rahasia lagi jika seorang istri yang sedang ulang...
Dalam hubungan berpacaran, rasa ingin memiliki merupakan persoalan wajar. Tetapi...
Flirting adalah kondisi saat seseorang menggoda orang lain. Hal ini...
Cara berkenalan kepada wanita supaya terkesan harus diketahui semua laki-laki....