Merayakan Bulan Kasih Sayang Dengan 5 Novel Romantis. Wajib Baca!

Merayakan Bulan Kasih Sayang dengan 5 Novel Romantis. Wajib Baca!

Berkat Valentine yang jatuh di tanggal 14, Februari jadi identik menjadi bulan kasih sayang. Walaupun sudah lewat, kita masih bisa melihat ornamen-ornamen hati dan bunga khas Valentine mempercantik toko. Buat kamu yang suka menghabiskan waktu dengan buku, banyak novel romantis yang bisa kamu baca, nih. 

Baca lagi: Bosan dengan Film Romantis? Berikut Rekomendasi Film Bergenre Anti-Romantis yang bisa kamu tonton di Netflix

Kategori Novel Romantis

Sebelum menyelam lebih jauh dalam kisah-kisah romantis yang bikin hati menggelitik, kamu harus kenalan dengan beberapa kategori novel roman yang ada di pasaran:

  1. Teenlit atau gabungan dari teenager dan literature merupakan novel dengan kisah asmara, persahabatan dan mungkin terselip cerita pencarian jati diri khas para remaja. 

  2. Sedikit lebih dewasa, metropop berisikan cerita tentang masyarakat urban. Topik-topik yang diangkat seputar asmara, gaya hidup, dan karir. 

  3. Novel romantis merupakan novel yang secara umum menceritakan kisah roman yang tidak terkotak-kotak dalam suatu usia atau gender.  

Nah, 5 rekomendasi novel romantis kali ini akan mencakup semua kategori novel romantis tadi. 

  1. The Fault in Our Stars 

Novel remaja yang ditulis John Green ini mengisahkan tentang seorang remaja perempuan pengidap kanker yang jatuh cinta pada teman di support group-nya. Detail-detail kisa khas remaja yang manis banyak ditunjukkan John Green dalam novel ini. Penyakit kanker yang diderita Hazel dan Augustus tak menghalangi mereka untuk berkelana ke Belanda untuk menemui tokoh yang mereka anggap sangat luar biasa. Sayangnya, setelah kembali ke Amerika, kesehatan Augustus menurun hingga harus berada di ICU. Hal ini membuat Hazel khawatir dan tak pernah absen menunggu Augustus di rumah sakit. Ending-nya? Siap-siap tissue pas bacanya, ya!

  1. Call Me by Your Name 

Call Me by Your Name yang diterbitkan pada tahun 2007 ini merupakan novel coming-of-age yang ditulis oleh André Aciman. Call me by Your Name, kemudian, diangkat menjadi sebuah film yang diperankan oleh Timothée Chalamet pada tahun 2017 lalu. 

Berlatar belakang tahun 1980-an, Call Me by Your Name menceritakan seorang lelaki berusia 17 tahun bernama Elio yang tinggal di Italia bersama kedua orang tuanya. Suatu hari, keluarga Elio kedatangan tamu seorang murid ayahnya bernama Oliver yang berusia 24 tahun. Oliver datang untuk mengeksplor dirinya selama enam minggu di suatu musim panas. Mereka berkelana di Italia untuk beberapa waktu hingga membuat mereka jatuh cinta. Sayang, waktu harus memisahkan mereka dan juga sederet peristiwa yang memaksa mereka berhenti berkomunikasi. Banyak percakapan yang menggemaskan dan pada saat yang sama memancing emosi para pembacanya. Tapi inilah daya tarik yang membuatnya naik daun dan diburu para pecinta novel. 

  1. Sunshine Becomes You 

Novel yang ditulis Ilana Tan ini menjadi perbincangan hangat di tengah penikmat novel Indonesia sejak dirilis pada tahun 2012. Ilana Tan menjadikan New York sebagai latar cerita bagi Mia Clark, tokoh utama perempuannya yang menjadi penari kontemporer. Ray Hirano, salah satu penari di tempat tersebut, menaruh hati pada Mia Clark. Namun, ia harus bertanding dengan kakaknya sendiri, Alex Hirano, seorang pianis terkenal. Kisah cinta segitiga yang melibatkan kakak-adik keluarga Hirano ini tidak berjalan mulus hingga akhirnya banyak membuat pembaca menangis tersedu. Saking larisnya di pasaran, novel ini pun diangkat menjadi film. 

  1. Northanger Abbey - Jane Austen 

Northanger Abbey ditulis oleh Jane Austen pada tahun 1803 dan dipublikasikan pada tahun 1817. Selayaknya novel klasik, pembaca tidak hanya disuguhi dengan penggambaran menggemaskan antar tokoh tapi juga latar budaya pada saat itu. Kisah cinta antara Catherine Morland dan Henry Tilney ini juga menjadi medium bagi Jane Austen untuk mengkritik situasi sosial pada saat itu. 

  1. Tenggelamnya Kapal van der Wijk 

Haji Abdul Malik Karim Amrullah menulis novel ini pada tahun 1938 sebagai kumpulan cerita bersambung dalam sebuah majalah. Topik kawin paksa dengan penggambaran dan detail yang diungkapkan membuat pembaca terenyuh dan dapat merasakan chemistry para tokohnya. Tenggelamnya Kapal van der Wijk hingga saat ini menjadi salah satu karya sastra penting di Indonesia. 

Baca lagi: Tips Agar Pernikahan Tetap Romantis Saat Puasa

Novel yang juga sudah pernah diangkat ke layar lebar ini menceritakan kisah cinta Zainuddin dan Hayati yang tidak direstui oleh keluarga. Mereka jatuh cinta dan berjanji akan menikah ketika Zainuddin kembali ke Batipuh. Walaupun premis cerita perjodohan ini terasa sudah usang, novel ini hingga sekarang masih menarik dibaca. 

Mumpung masih di awal tahun, merayakan bulan kasih sayang dengan membaca juga bisa jadi momen buat kembali meresapi nikmatnya aktivitas membaca. Di tengah gempuran konten-konten bite sized sosial media, nggak ada salahnya kita merehatkan mata dari layar untuk menyelam ke fantasi yang dirangkai oleh kata oleh penulis favorit.

Biar makin khidmat, kamu bisa agendakan membaca buku bersama pasanganmu. Diiringi musik yang mendayu dan secangkir minuman hangat, dijamin kamu bakal ketagihan buat ngerencanain book date lagi dengan orang favoritmu.

Belajardaricinta.id bertujuan untuk menjadi tempat untuk curhat, berbagi tulisan dan kisah yang membangun, dan memberikan perspektif baru bagi pembacanya, sehingga diharapkan bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Kami percaya bahwa curhat dapat memberikan rasa tenang, tidak sendirian dan mencegah membuat kondisi menjadi lebih buruk. 

Yuk ikut berbagi ceritamu di sini dengan mendaftar di Writing Therapy.

About the author
Putus CInta percintaan Putus Cinta putus cinta novel romantis valentine

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.