Pacaran Beda Agama, Perlukah Dipertahankan?

Freya Velope

Rasanya senang ya kalau kamu sudah menemukan seseorang yang tepat untuk diajak menjalin hubungan percintaan. Namun ternyata ada saja hal yang membuatmu tidak dapat menjaga hubungan tersebut, salah satunya perbedaan keyakinan antara kamu dengan pasanganmu.


Pacaran beda agama menjadi hal yang sering dijumpai di Indonesia, sebab Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki berbagai suku, ras, kebudayaan, dan agama. 


Baca juga: Tips Memilih Calon Suami


Jika sudah tahu bahwa kamu dengan pasanganmu memiliki perbedaan kepercayaan lalu bagaimana ya kamu harus menyikapinya? Pertama kamu harus tau apa saja pertimbangan memiliki hubungan dengan perbedaan kepercayaan. Simak ya hal berikut ini.


Tekanan dari Kerabat atau Keluarga Terdekat

Tekanan bisa datang dari mana saja apabila kabar hubungan beda agama kamu sudah tersebar. Mungkin ada orang tua kamu atau pasanganmu yang kurang setuju dengan hubungan ini. Mereka sebagai orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, termasuk pasangan hidup.


Selain orang tua, saudara atau teman terdekatmu juga bisa saja memberikan tekanan negatif terhadap hubungan kamu. Namun, kembali lagi bahwa yang menjalani hubungan ini adalah kamu dan pasanganmu. Kamu dapat memberikan pengertian secara baik-baik kepada mereka, kamu perlu ingat bahwa komunikasi adalah kunci.


Keputusan untuk Berpindah Agama

Biasanya keputusan ini akan muncul ketika kamu dan pasanganmu ingin melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius. Sebelum mengambil keputusan ini sebaiknya kamu berpikir secara matang apakah kamu benar-benar ingin mempelajari dan mendalami agama tersebut atau hanya ingin mengikuti agama yang dianut oleh pasanganmu. Karena pada dasarnya agamamu akan menjadi penuntun jalan hidupmu.


Kehidupan Rumah Tangga

Umumnya sebuah kehidupan rumah tangga memiliki satu kepercayaan yang dianut. Namun, sekarang ini sudah banyak pasangan yang menikah dengan kepercayaan yang berbeda. Hal yang perlu kamu ingat adalah bahwa kehidupan rumah tangga tidak hanya tentang kamu dan pasanganmu, mungkin saja kamu akan dikaruniai sang buah hati. Nah, setiap kepercayaan memiliki pola asuh yang cenderung berbeda, meski tidak signifikan, maka dari itu hal ini juga perlu menjadi perhatian bagi kamu dan pasanganmu.


Itulah hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam hubungan beda agama ini. Jika kamu tidak cukup yakin dengan hal-hal di atas, lebih baik mengakhiri sedari awal. Karena jika kamu menunda-nunda untuk mencari solusi atau menyelesaikan masalah ini, maka akan terasa seperti bom waktu.


Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Freya Velope
Kamu terjebak dalam circle pertemanan lawan jenis? Fakta persahabatan lawan...
Stalking mantannya pasanganmu adalah hal yang tidak sehat, hal itu...
Jangan terjebak dengan ajakan hubungan seksual hanya untuk mempertahankan hubunganmu....
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Freya Velope
Bisakah Lawan Jenis Murni Bersahabat?
Bisakah-lawan-jenis-murni-bersahabat
Kamu terjebak dalam circle pertemanan lawan jenis? Fakta persahabatan lawan jenis dari penelitian menyebutkan hal ini lho....
Pacaran Beda Agama, Perlukah Dipertahankan?
Pacaran-beda-agama-perlukah-dipertahankan
Pacaran beda agama dapat menjadi benteng dalam hubungan percintaan kamu, berikut hal yang perlu dipertimbangkan untuk menjaga hubunganmu....
More from BDC
Hubungan yang awet adalah impian setiap orang untuk itu diperlukan...
ada banyak cerita sedih tentang cinta yang sangat diminati. Tema...
Mengenal berbagai genre cerita cinta dan tips menulisnya
Galau urusan cinta? Lanjut atau Putus? Berikut alasan yang dapat...
Putus cinta merupakan momen tersulit yang dialami oleh siapa saja,...