Punya Pacar Posesif Ternyata Nggak Selamanya Bikin Hubungan Jadi Renggang, Lho!

Punya Pacar Posesif Ternyata Nggak Selamanya Bikin Hubungan Jadi Renggang, Lho!

“Kamu udah makan belum?” 

“Kamu lagi di mana?” 

“Kamu lagi pergi sama siapa?”

“Habis kerja, enggak usah pergi sama temen-temen kantor. Langsung aku jemput.”

“Kita mau pergi nih, kamu jangan pakai baju warna pink ya! Mencolok banget.” 

Baca juga: Punya Pacar Posesif? Coba 6 Langkah Ini untuk Menghadapinya

Kalimat-kalimat tersebut yang dilontarkan pasangan mungkin terlihat manis dan membuat kita nyaman karena sangat diperhatikan. Tapi akan menjadi red flag jika si dia selalu mengirimkan dan memaksakan kehendaknya tanpa memberikan kelonggaran untuk pendapatmu. Ini adalah suatu tanda kalau pacar kamu adalah seorang yang posesif. 

Posesif disebutkan sebagai sifat ingin memiliki yang terlalu kuat. Akibatnya pasangan yang memiliki sifat posesif akan melakukan tindakan seperti contoh-contoh di bawah ini.

  1. Kepo berlebihan 

Mereka bakal kepo tentang kamu. Akhirnya kalimat-kalimat seperti yang telah dituliskan di awal bakalan keluar. Lebih dari sesuatu yang manis, kepo ini membuat si pasangan jadi eneg karena dibombardir dengan pertanyaan-pertanyaan secara terus menerus. 

  1. Mengatur 

Setelah dia kepo, dia akan cenderung mengatur. Dia memiliki aturan yang harus kamu ikuti. Dia juga bisa mengekangmu dengan aturan-aturan yang dia buat tanpa kesepakatan kalian berdua. Hasilnya jika kamu tidak nurut, kekerasan mungkin bisa terjadi. 

  1. Cemburu berlebihan 

Terbakar api cemburu dikatakan bisa mempererat hubungan. Cemburu karena dasar yang jelas masih dapat diterima dan dibicarakan, tapi kalau dilakukan berlebihan malah bukannya mempererat tapi membuat kalian renggang. Pacar posesif akan cemburu pada siapa saja yang ada di hidupmu karena menurut mereka, kamu tidak bisa dimilikinya secara penuh. 

Dengan perilaku seperti ini, para pasangan merasa tenggelam dalam emosi dan merasa terkekang. Hidup mereka seperti dikontrol oleh orang lain. Pasangan tak jarang akan merasa tertekan dengan sikap posesif ini. Akibatnya, pertengkaran hebat akan terjadi pada dua pasangan ini dan berakhir merusak hubungan yang sudah terjalin. Pada akhirnya, sifat posesif memiliki konotasi negatif. 

Posesif atau sekadar perhatian?

Namun disisi lain, pertanyaan-pertanyaan sederhana yang terlihat seperti dia terlalu mengekangmu bisa jadi sebuah penguat hubungan antara kamu dan dia. Tapi dengan catatan, dia tidak melebih batas personal, ya. 

Di samping itu memiliki pacar posesif bisa memberikan keuntungan untukmu. Ada beberapa poin menarik yang jika dilihat dari sisi lain, sebetulnya memiliki dampak yang cukup oke. 

  1. Membuatmu aman 

Dengan tidak membiarkanmu pergi sendirian atau memintamu untuk tidak melakukan hal-hal tertentu yang dirasa tidak baik, si dia sebenarnya menjagamu dan tidak ingin kamu berada pada keadaan bahaya. Tentu saja, ketika di dekatnya kamu akan merasa aman. 

  1. Mudah mendapatkan perhatiannya 

Tak perlu melakukan effort yang berlebih, kamu yang memiliki pacar posesif akan lebih mudah mendapatkan perhatian dari pacar. Tanpa disadari, ia akan memperhatikanmu dari sikap hingga penampilan bahkan dia bisa hafal dengan segala rutinitasmu. Sikap ini adalah bentuk perhatiannya juga cara dia menunjukkan kasih sayangnya. 

  1. Setia 

Karena dia sibuk memperhatikanmu, ia tidak punya waktu untuk melirik wanita atau pria lain. Mereka akan lebih setia pada pasangannya karena dunia mereka tertuju pada dirimu seorang. 

Sebenarnya, cuma kalian yang bisa mengukur apakah perhatian yang diberikan sudah menjurus ke arah posesif atau nggak. Intinya, jika dia sudah mengusik batasan personal dan membuatmu tak nyaman, kamu harus mengkomunikasikannya agar perhatiannya yang berlebih tak menjurus  jadi posesif. 

Tapi ingat ya, sifat posesif yang buruk adalah jika terdapat kekerasan di dalamnya. Jika dia bermain tangan bahkan mengancammu, sebuah bendera merah berkibar. Hubunganmu sudah diambang tidak sehat.

Baca juga: Ikuti 6 Langkah ini Biar Nggak Jadi Pacar Posesif

Belajardaricinta.id bertujuan untuk menjadi tempat untuk curhat, berbagi tulisan dan kisah yang membangun, dan memberikan perspektif baru bagi pembacanya, sehingga diharapkan bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Kami percaya bahwa curhat dapat memberikan rasa tenang, tidak sendirian dan mencegah membuat kondisi menjadi lebih buruk. 

Yuk ikut berbagi ceritamu di sini dengan mendaftar di Writing Therapy.

About the author
Posesif hubungan cinta

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.