Si Dia Ternyata INFJ? Coba Yuk Kenali Kepribadian INFJ Biar Makin Lengket Sama Doi!

Si dia ternyata INFJ? Coba yuk kenali kepribadian INFJ biar makin lengket sama doi!

Terdapat 16 tipe kepribadian yang digolongkan dalam MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator. Salah satu jenis kepribadian dari 16 jenis kepribadian yang digolongkan adalah INFJ. INFJ merupakan singkatan dari Introversion, Intuition, Feeling dan Judgment. Introversion dapat diartikan bahwa seseorang cenderung suka menghabiskan waktu sendiri untuk mengembalikan energinya. Intuition melambangkan bahwa seseorang dapat berpikir secara abstrak dan lebih mengandalkan intuisi. Senada dengan intuition, feeling  menunjukkan bahwa individu tersebut sering mengambil keputusan berdasarkan perasaan yang ia rasakan. Kata Judging berarti individu tersebut memiliki sikap yang tegas dan teguh pendirian. 

Baca lagi: Bisakah Antara Karir dan Cinta Seimbang?

Keunikan dari INFJ

Seseorang dengan tipe kepribadian INFJ sering dilabeli Idealis dan hanya ditemukan 1-3% dari populasi. Punya kepribadian langka gini emang kadang jadi bikin orang merasa spesial, ya. Tapi, di sisi lain, bagi orang di sekitar mungkin memahami si INFJ ini jadi lumayan sulit. Nah, kalau kamu punya pasangan INFJ dan merasa challenging buat memahami si dia, pembahasan di bawah bisa banget ngebantu kamu buat lebih paham keunikannya.


  1. Karakteristik INFJ 

INFJ digambarkan sebagai seseorang yang kreatif, berwawasan luas, berpendirian teguh, bergairah, dan analitis. Seseorang dengan kepribadian INFJ juga sensitif dan emosional. Memiliki rasa sensitif dan emosional yang tinggi mendorong INFJ menjadi pribadi yang tidak segan untuk membantu orang lain. 

Jadi, kalau pasangan menawarkan bantuan, jangan sungkan untuk menerimanya. Inilah cara mereka memberikan perhatian kepadamu. 

Eits, jangan keburu terbawa emosi jika pasangan kamu ngomel-ngomel karena kamu tidak rapi dan terlihat cuek. Mereka bertindak demikian karena mereka memiliki jiwa jiwa perfeksionis yang tinggi yang membuat mereka menjadi sosok yang idealis. Mereka mempunyai keinginan yang besar yang harus dicapai. Hal ini didukung dengan adanya keteguhan pendirian yang kuat. Mereka menginginkan sesuatu yang jelas dalam hidupnya. Sesederhana jadi tidaknya nonton di akhir pekan misalnya, bahkan masalah yang lebih serius seperti kelanjutan hubungan kalian. Sayangnya, kedua karakteristik yang sangat dominan ini membuat mereka cepat burn out jika kemauan mereka sedikit meleset. Pastikan komunikasi kalian berjalan lancar agar kalian tidak terjebak pada pertengkaran. 


  1. Memiliki sifat yang berlawanan 

Dilihat dari kombinasi Intuition dan feeling menunjukkan bahwa mereka memiliki sifat yang berlawanan. Mereka bisa cuek dan santai tapi dalam waktu bersamaan mereka sangat perfeksionis. Hal ini membuat orang-orang INFJ dapat terlihat berantakan tapi sangat suka kerapian. Unik dan rumit, bukan? Yang tak kalah menarik adalah individu INFJ senang berkumpul dengan banyak orang dan akan menghabiskan waktu sendiri untuk recharge energi mereka. Walau terlihat “hidup” di tengah kelompok, INFJ cenderung tertutup mengenai hal-hal pribadi mereka. 

Jangan sungkan ajak dia sesekali untuk bertemu teman-temanmu karena dia pasti bisa membawa diri dengan baik. Tak hanya itu, mereka juga bisa membuat suasana lebih menarik ketika topik yang dibahas sesuai dengan diri mereka. Namun, ketika mereka meminta space untuk mengembalikan energi, berikan waktu mereka untuk menikmati kesendiriannya. Pastikan tetap keep in touch tapi jangan berlebih, ya!


  1. Layaknya seorang peramal 

Mengandalkan intuisi mereka yang kuat, INFJ sering dilabeli sebagai peramal hebat. Tidak hanya berdasarkan intuisi, INFJ merupakan seorang dengan jiwa analitik yang tinggi. Akibatnya mereka bisa mengobservasi sesuatu dengan cermat lalu dianalisis dengan baik yang membuat mereka bisa hadir layaknya seorang peramal. 

Kalau sudah begini, jangan coba-coba menyembunyikan sesuatu darinya. Intuisinya bisa membongkar semuanya. Bukan tanpa sebab, mereka bisa menganalisis dari tingkah laku juga ucapan kalian. 


  1. Miliki jiwa visioner 

Individu INFJ terkenal dengan karakteristik yang rapi dan terorganisir. 

Langkah-langkah ini membuatnya menjadi individu yang visioner. Dengan merapikan rencana dan membuatnya terorganisir, mereka memiliki pandangan yang jauh ke depan. Jangan terkejut jika mereka tiba-tiba mengajakmu diskusi mengenai hubungan kalian. Mereka tidak menuntutmu, tapi mereka hanya mempersiapkan rencana mereka. Sayangnya, ketika mereka sedang memikirkan masa depan, mereka lupa untuk hadir di dunia saat ini yang mereka sedang jalani. Di sini, peranmu sangat diperlukan. Menjadi support system mereka untuk menikmati hari ini. 

Baca lagi: Riset: Cinta Ditolak atau Diterima, Ditentukan dalam Tiga Detik

Individu yang memiliki jenis kepribadian INFJ bisa jadi memang sedikit populasinya di dunia ini. Namun, ketika mereka berhasil muncul di tengah masyarakat, kiprahnya sangat luar biasa. Sebut saja, Nelson Mandela, Mother Teresa, dan Martin Luther King, adalah contoh individu yang memiliki kepribadian INFJ. Jadi, beruntung banget tuh yang bisa dapat pasangan INFJ! Dijaga baik-baik, ya

About the author
cinta infj

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.