Terjebak Dalam Hubungan Beda Agama: Apa Yang Harus Dilakukan?

Terjebak dalam Hubungan Beda Agama: Apa yang Harus Dilakukan?

Khususnya di Indonesia, pasangan yang menjalin hubungan beda agama mendapati kesulitan untuk mempertahankan hubungan mereka. Bukan karena masalah antar pasangan, tapi justru kesulitan muncul dari pihak-pihak luar. Sebut saja ada orang tua yang menentang, keluarga yang tidak mendukung hingga undang-undang yang tidak memperbolehkan pasangan menikah dengan agama yang berbeda. 

Baca lagi: Pacaran Beda Agama, Perlukah Dipertahankan?

Hal yang bisa dilakukan ketika memutuskan tetap bersama walaupun berbeda agama

Keadaan ini membuat banyak pasangan menyerah dan memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka yang sebenarnya masih baik-baik saja. Namun, jika kalian adalah pasangan dengan kemauan yang kuat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempertahankan cinta kalian. 

  1. Komitmen 

Komitmen menjadi dasar untuk seluruh perjuangan kalian. Tanpa adanya komitmen yang kuat, mudah saja bagi pasangan untuk menyerah dan mengakhiri hubungan. Komitmen menjadi penyemangat bagi masing-masing untuk menemukan cara mempertahankan hubungan. 

  1. Menyadari perbedaan 

Setelah memiliki komitmen yang cukup kuat, menyadari perbedaan merupakan poin kedua yang cukup krusial. Yakini diri bahwa akan ada risiko yang mungkin terjadi. Diskusikan perbedaan ini dengan pasangan untuk mencari jalan tengah. Tak hanya itu, menyadari perbedaan akan membuat kalian berlatih menahan keegoisan dalam diri masing-masing. 

  1. Memahami dan menghormati 

Menjalin sebuah hubungan romantis, sepasang kekasih memang dituntut untuk saling memahami. Memahami jalan pikir dan perilaku diperlukan untuk menyatukan dua kepala dalam satu jalan yang sama. Kemampuan untuk memahami semakin sulit ketika terdapat perbedaan prinsip yang mendasar yaitu agama. Agama membawa dasari-dasar perilaku dan cara pandang seseorang. 

Pasangan yang berada dalam hubungan beda agama diharapkan untuk memahami dan menghormati prinsip yang mereka anut. Tidak hanya itu, masing-masing pasangan diharapkan mengerti segala bentuk rutinitas keagamaan. Hal ini dilakukan untuk memahami dan menghormati pasangan juga untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman antar pasangan. 

  1. Bersikap terbuka 

Sepasang kekasih memang diharapkan saling terbuka dengan segala hal yang berkaitan dengan hubungan yang mereka jalani. Hal ini juga berkaitan dengan agama yang dianut. Menanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan pandangan agama pasangan, sesekali perlu dilakukan. Sama halnya dengan mencoba ikut ritual keagamaan atau sekadar ikut dalam perayaan hari raya dengan keluarga pasangan. Hal ini tentu saja dilakukan untuk menumbuhkan rasa toleransi terhadap keyakinan pasangan. 

  1. Memikirkan masa depan 

Ketika sudah cukup yakin dengan pasangan, masa depan perlu dirancang demi hubungan yang lancar. Mengenai cara pernikahan, cara mendidik anak, hingga perbedaan kultur dan prinsip yang akan dianut ketika akan membangun rumah tangga, perlu untuk dibicarakan. 

Baca lagi: 4 Halangan yang Bakal Kamu Hadapi dalam Cinta Beda Agama

Melakukan langkah-langkah tersebut membuat kalian yakin dengan pilihan yang akan kalian buat dikemudian hari. Langkah-langkah tersebut juga menunjukkan keseriusan dalam menjalin hubungan. Tak hanya menguatkan kalian berdua, perilaku tersebut juga menjadi poin plus yang bisa terlihat di masing-masing keluarga. Setidaknya mereka dapat melihat kemauan kuat kalian untuk bersama. 

Belajardaricinta.id bertujuan untuk menjadi tempat untuk curhat, berbagi tulisan dan kisah yang membangun, dan memberikan perspektif baru bagi pembacanya, sehingga diharapkan bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Kami percaya bahwa curhat dapat memberikan rasa tenang, tidak sendirian dan mencegah membuat kondisi menjadi lebih buruk. 

Yuk ikut berbagi ceritamu di sini dengan mendaftar di Writing Therapy.

About the author
Beda Agama Hubungan cinta beda agama

Related

Login for comment

There are no comments yet.

Be the first to comment here.