Tips Curhat Cinta agar Semakin Efektif dan Melegakan

Ardy Pratama

Curhat cinta memang bisa menjadi aktivitas yang melegakan hati dan membuat hati semakin tenang ketika dilanda permasalahan cinta. Namun, ada beberapa orang yang ragu untuk melakukannya. Mungkin karena merasa malu untuk menceritakan masalah cintanya. 

Mungkin ada yang menganggap curhat bukanlah cara yang efektif untuk melegakan hatinya. Memang benar ada kemungkinan curhat menjadi cara yang kurang efektif untuk melegakan hati. 

Atau seseorang mungkin belum menemukan tempat curhat terbaik. Mungkin karena kekhawatiran kita sendiri, maupun ketakutan akan respon orang yang menjadi tempat curhat kita. 

Baca Juga:

Pengen Curhat Cinta Sedih? Atau Putus Cinta? Ini Dia Cara...

Kenali Permasalahan yang Sering Terjadi Melalui Curhat Cinta Jarak Jauh...

Tips Untuk Curhat Cinta agar Efektif 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, aktivitas curhat mungkin saja tidak efektif untuk masalah cinta. Namun, ada beberapa cara yang bisa membuat kegiatan curhat ini efektif. Apalagi, jika Anda sudah tidak kuat lagi menanggung beban hati dan ingin mengeluarkannya. 

Tips di bawah ini mungkin sederhana, namun jika melakukannya. Bisa menjadikan kegiatan curhat Anda lebih bermanfaat dan efektif. Jadi, Anda tidak sia-sia sudah mencoba membuka hati dan menceritakan masalah Anda. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan. 

1. Curhat Kepada Allah SWT 

Tips yang pertama untuk curhat permasalahan cinta adalah curhatlah pada Allah SWT. Jika Anda merasa manusia terlalu sulit untuk dipercaya. Pastilah Anda bisa mengandalkan Allah SWT yang senantiasi memperhatikan dan mendengarkan Allah SWT. 

Mendekatkan diri kepada Allah SWT juga membuat perasaan menjadi lebih tenang, menambah pahala, dan meningkatkan kebiasaan baik dalam beribadah. Jadi, tidak hanya berkeluh kesah. Anda juga bisa meningkatkan keimanan yang Anda miliki. 

2. Curhat Melalui Aplikasi Chat 

Jika Anda merasa lalu jika harus curhat secara langsung pada seseorang. Mungkin Anda bisa mencoba untuk curhat melalui aplikasi chat seperti WhatsApp.  Curhat online Whatsapp mungkin saja membuat Anda lebih nyaman karena tidak perlu berhadapan langsung.

Anda bisa memilih salah satu kontak Anda yang terpercaya sebagai teman curhat Whatsapp Anda. Dengan curhat melalui chat, Anda juga lebih leluasa dalam menceritakan apa yang Anda mau. Karena Anda bisa mengetik dengan bebas. Tanpa perlu memikirkan lebih dulu respon dari teman curhat Anda selanjutnya. 

3. Curhat Pada Seorang Psikolog 

Jika Anda membutuhkan saran medis ketika curhat, Anda bisa memilih untuk curhat kepada seorang psikolog. Seorang psikolog pastinya mampu memberikan Anda solusi dan saran yang efektif untuk membantu dan melegakan isi hati Anda. 

Banyak orang yang ragu untuk pergi curhat ke psikolog, salah satu alasannya adalah khawatir dengan harganya yang mungkin sangat mahal atau mungkin pandangan negatif dari orang lain karena melakukan konsultasi. 

Padahal melakukan konsultasi pada psikolog merupakan hal yang sangat wajar. Orang yang melakukan konsultasi dengan seorang psikolog tidak selalu berarti sedang gila atau tidak waras. Bisa saja, hanya karena meamng sedang membutuhkan saran yang bersifat medis. 

Untuk biaya, Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada banyak layanan curhat psikologis offline maupun curhat psikologi online gratis. Jadi, Anda benar-benar tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk melakukan sesi konsultasi dengan seorang psikolog.

Bahkan dengan layanan curhat online gratis ini, Anda tidak perlu meninggalkan rumah. Karena konsultasi bisa dilakukan secara online saja. Ada banyak sekali jasa curhat online berbasis psikologis yang bisa Anda coba di internet. 

4. Curhat Melalui Aplikasi Anonim 

Jika Anda ingin mencurahkan isi hati dan butuh teman curhat. Namun, Anda tidak ingin siapapun tahu kalau ternyata Andalah yang sedang curhat. Anda bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi curhat anomin yang bertebaran di internet. 

Dengan aplikasi curhat anonim ini, Anda bisa menceritakan kisah Anda yang mungkin tidak ingin Anda orang mengetahui, jika Anda sedang mengalaminya. Ada banyak sekali curhatan sejenis itu, pada berbagai aplikasi curhat anonim. 

Misalnya saja, curhat mengenai perceraian, curhat mengenai KDRT, curhat hubungan suami istri dan sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi sejenis ini, Anda bisa lebih bebas membagikan kisah Anda. Karena Anda tahu tidak ada orang yang mengetahui identitas Anda yang sebenarnya. 

Cara Untuk Menanggapi Orang yang Sedang Curhat 

Tidak hanya mengetahui bagaimana cara agar aktivitas curhat menjadi efektif saja, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara menanggapi orang yang curhat. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa melakukan aktivitas curhat yang melegakan hati saja. 

Namun, bisa menjadi orang yang tepat untuk orang lain curhat dan meluapkan seluruh isi hatinya. Berikut ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mendengarkan seseorang yang sedang curhat. 

1. Dengarkan Curhatnya Dengan Seksama 

Pada dasarnya orang yang sedang curhat apalagi mengenai cinta hanya ingin didengarkan saja. Karena itu, jika seseorang sedang curhat kepada Anda curahkanlah perhatian Anda kepada orang yang sedang curhat. Dengarlah dengan seksama masalah yang sedang dilaluinya. 

2. Jangan Memberikan Saran Jika Tidak Diminta 

Tidak semua orang curhat untuk mendapatkan saran atau pendapat orang lain. Karena itu, jangan terburu-buru memberikan saran atau pendapat. Apalagi, jika orang yang sedang curhat memang tidak sedang menanyakan pendapat atau saran dari Anda. 

3. Tetap Objektif dalam Memberikan Penilaian 

Jika Anda memang diminta untuk memberikan suatu saran atau pendapat, ada baiknya Anda selalu memberikan saran dan pendapat yang selalu objektif. Tidak perlu terlalu membenarkan pihak yang sedang curhat pada Anda dan membuat orang lain menjadi seorang yang antagonis. 

Anda harus memiliki penilaian yang berimbang. Dengan begitu teman yang sedang curhat kepada Anda bisa mengambil keputusan yang lebih baik dan tepat. Jangan lupa untuk selalu jujur dengan pendapat dan pikiran Anda sendiri. 

4. Selalu Hadir Ketika Dibutuhkan 

Pada dasarnya seseorang yang sedang menghadapi masalah di hidupnya, tidak ingin sendirian. Ia membutuhkan seseorang yang setia berada di sampingnya dan menemaninya. Walaupun, tidak bisa membantu banyak. Hal yang penting ada seseorang yang menemaninya dan mendengarkan keluh kesahnya. 

Jadi, dalam mendengarkan orang curhat jangan hanya datang sekali kemudian pergi. Pastikan Anda bisa menjadi seseorang yang selalu hadir ketika sedang dibutuhkan oleh orang yang tengah menghadapi permasalahannya. 

5. Tidak Membocorkan Curhatan yang Didengar Kepada Orang Lain 

Curhat adalah aktivitas intim yang dilakukan dari hati ke hati. Tidak semua orang bisa meluapkan dan menceritakan masalahnya pada orang lain. Karena itu untuk menghargainya, lebih baik Anda merahasiakan semua curhatannya sendiri dan tidak membocorkannya kepada orang lain. 

Lagi pula, belum tentu orang lain akan merasa nyaman. Jika ada banyak orang yang mengetahui kisah hidupnya. Karena itu, jangan menceritakan curhatan teman Anda pada orang lain tanpa izin darinya terlebih dahulu. 

Itulah tips agar kegiatan curhat menjadi lebih efektif dan melegakan hati. Berikut juga, cara mendengarkan orang curhat cinta. Jadi, Anda tidak hanya bisa mencurahkan isi hati Anda saja. Namun mendengarkan curahan hati orang lain juga.

Comment (0)
Comment is under moderation
 
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian...
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menonton drama romantis menjadi hiburan kesenangan tersendiri terutama bagi kaum...
 
Gelisah karena persoalan cinta, Join terapi menulis
More from Ardy Pratama
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi
Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)....
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik yang Terlalu Idealis
Mengenal Kepribadian ENFJ, Si Karismatik Yang Terlalu Idealis
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat atau menenangkan, maka Moms harus bersyukur....
More from BDC
Jika Moms memiliki kawan yang hangat dan suka memberi nasihat...
Menjalani hidup setelah putus cinta bukan hal yang mudah. Dunia...
Bukan menjadi rahasia lagi jika seorang istri yang sedang ulang...
Dalam hubungan berpacaran, rasa ingin memiliki merupakan persoalan wajar. Tetapi...
Flirting adalah kondisi saat seseorang menggoda orang lain. Hal ini...